HomeManajemen BisnisKeuanganKetahui Strategi Investasi Ini Untuk Pemula

Ketahui Strategi Investasi Ini Untuk Pemula

Strategi Investasi – Bagi sebagian orang, berinvestasi merupakan tantangan baru yang sulit dilakukan. Bagaimana tidak? Investasi sering membuat ragu untuk dimulai lantaran banyaknya hal yang menjadi pertimbangan. Tentu saja sebagai pemula tidak mau mengambil resiko terlalu jauh dalam melakukannya. Namun, kenyataannya tidak sesulit itu jika mau mengetahui lebih dalam tentang investasi. Investasi sendiri ada bermacam-macam tipenya, mulai dari yang berjangka pendek, panjang hingga beresiko rendah maupun tinggi. Itu sebabnya strateginya pun berbeda-beda, semua tergantung kepada tipe investasi apa yang diambil dan juga jenisnya.

Bagi pemula, tentu saja disarankan untuk mencoba investasi yang minim rendah. Tujuannya jika memang harus terjadi apa-apa kerugian yang didapatkan masih bisa ditangani. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui bagaimana strategi investasi yang baik untuk dilakukan supaya saat menjalankannya sebagai pemula dapat lebih yakin lagi dalam mengambil keputusan. Jika kamu tertarik untuk memperdalmnya, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa tipsnya untuk kamu coba, simak bersama ya!


Strategi Investasi yang Perlu Diketahui

Tentukan Target Keuangan

Strategi investasi pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan target keuangan. Dalam hal ini, penting bagimu untuk tahu apa yang akan kamu capai nantinya dengan sejumlah uang yang akan diinvestasikan. Apakah merupakan sesuatu dengan tingkat urgensi atau tidak dan apakah kebutuhan sehari-harimu dapat tetap terpenuhi.

Dari situ kamu bisa melakukan perencanaan keuangan untuk memastikan jumlah uang yang akan kamu investasikan tidak mengganggu kehidupanmu. Selain itu, dengan menentukan target keuangan kamu juga dapat lebih mudah mencari tipe investasi seperti apa yang akan kamu ambil nantinya.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Perusahaan untuk Pemula

Cari Informasi Mengenai Investasi                         

Selanjutnya dalam melakukan strategi investasi kamu perlu mencari informasi mengenai seluk-beluknya. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mengedukasi dirimu supaya nantinya ketika sudah menyetujui untuk berinvestasi kamu dapat memastikan semuanya tetap berjalan baik-baik saja.

Lakukan riset terlebih dahulu mengenai program investasi yang akan kamu jalankan. Ketahui seberapa tinggi resikonya dan apakah berprospek baik kedepannya. Kamu juga bisa melakukan backgorund checking terlebih dahulu untuk mengetahui apakah investasi yang kamu lakukan di tangan terpercaya.

Sesuaikan Investasi Dengan Kemampuanmu

Setelah sudah cukup mengumpulkan informasi mengenai investasi, ini saatnya kamu untuk memilihnya sesuai dengan kemampuanmu. Dalam hal ini, kamu perlu melihat lagi profilmu sebagai investor. Sebagai contoh, apakah kamu memiliki tekad untuk berinvestasi resiko tinggi? Atau masih ingin bermain aman dengan investasi resiko rendah.

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan nominal yang ingin diinvestasikan dengan jumlah keuanganmu. Jangan sampai semuanya dialokasikan untuk investasi jangka panjang dan kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan utama seperti sandang, pangan dan papan.

Baca juga: Tips dan Strategi Mengelola Operasional Bisnis Secara Efisien

Lakukan Dengan Sadar Dan Emosi Terkontrol

Hal yang tidak kalah penting dalam strategi investasi adalah bagaimana kita sebagai individu melakukannya. Menurut Warren Buffet, bersikap tenang dan bertindak bijak saat berinvestasi dapat membuahkan untung besar. Hal ini disebabkan oleh kontrol diri yang baik dan juga emosi terjaga yang dapat membantunya membuat pilihan rasional dan tepat.

Pastikan kamu tidak terburu-buru untuk membuat keputusan saat berinvestasi. Bila perlu, luangkan waktu untuk mempertimbangkan pilihanmu sambil melakukan riset supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Review Investasi Secara Berkala

Sebagai pemula, pastinya perlu pengalaman untuk dijadikan pembelajaran. Begitu juga saat sedang berinvestasi, itu sebabnya melakukan review secara berkala merupakan strategi investasi yang tepat.

Periksa kembali semua riwayat investasimu, mulai dari saat kamu baru memulainya hingga ke akhir periode. Pastikan semuanya sudah berjalan sesuai dengan rencana, jika ada hal yang kurang sesuai kamu bisa melakukan evaluasi agar tidak terjadi kembali di kemudian hari.

Baca juga: Bisnis Online Yang Menguntungkan, Apa dan Bagaimana?


Itulah beberapa strategi investasi yang bisa kamu lakukan sebagai pemula. Jika baru menjadi pemula juga dalam berbisnis, KoinWorks punya solusi finansialnya. Melalui KoinBisnis, kamu bisa memastikan pertumbuhan bisnismu tetap terjaga dengan pinjaman modal usaha online hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan rendah, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan.

Jangan khawatir, karena KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, jangan tunda untuk mengembangkan bisnis impianmu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!