Solusi Jika Anda Sering Merasa Kurang Produktif Bekerja – Ada banyak hal yang bisa membuat Anda menjadi tidak begitu produktif ketika bekerja.

Kejenuhan, masalah pribadi, tubuh yang sedang sakit, bahkan cuaca yang dingin dapat membuat Anda menjadi malas atau tidak bersemangat untuk melakukan apapun.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

Namun, produktivitas itu harus terus dijaga. Apalagi Anda adalah seorang bos yang harus menunjukkan keteladanan kepada bawahan.

Maka dari itu, jika Anda sedang merasa tidak produktif, cobalah lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga: 4 Tanda Anda Sudah Kehilangan Passion dalam Berbisnis


4 Solusi untuk Anda yang Kurang Produktif

1Bangun Lebih Awal

Aktivitas yang Anda lakukan dalam memulai hari akan menentukan produktivitas Anda sepanjang hari. Untuk itu, perhatikan kebiasaan Anda di pagi hari.

Usahakan untuk selalu bangun lebih awal. Jangan tidur terlalu malam agar tubuh Anda tetap fit saat Anda bangun pagi.

Setelah bangun, sempatkan diri untuk berolahraga sebentar. Ini akan membuat pikiran Anda menjadi lebih segar dan kesehatan jasmani pun lebih terjaga.

Baca Juga: Ayo Berolahraga! Ini 4 Manfaat Olahraga Bagi Pebisnis

2Membuat Daftar Prioritas

Kurang produktif bisa terjadi karena Anda tidak membuat daftar prioritas. Anda perlu membuatnya agar Anda selalu tahu apa yang harus Anda kerjakan duluan dan apa yang bisa dikerjakan belakangan.

Tulis semua tugas dan tanggung jawab Anda agar Anda mengingatnya. Lalu tentukan skala prioritas berdasarkan tingkat kepentingannya dan juga tenggat waktu untuk penyelesaiannya.

Dengan begitu, Anda akan lebih fokus mengerjakan pekerjaan Anda satu per satu. Sehingga Anda tidak akan kelimpungan dengan menyelesaikan beberapa hal sekaligus.

Baca Juga: 6 Kebiasaan di Malam Hari yang Sebaiknya Dilakukan Pebisnis

3Jangan Lupa Istirahat

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Pikiran dan tubuh Anda butuh istirahat. Jangan paksakan diri dengan terus-menerus bekerja tanpa jeda karena akan membuat Anda mumet.

Saat jam makan siang, gunakan waktu tersebut untuk mengisi perut dan beristirahat sejenak. Anda perlu mengumpulkan energi karena bekerja keras akan banyak menguras tenaga dan otak.

Jangan lupa juga untuk menjaga pola tidur. Ingat, jangan sampai tidur Anda kurang, karena akan membuat fisik Anda cepat lelah dan akhirnya produktivitas pun terganggu.

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Work Life Balance Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

4Evaluasi Kinerja Tiap Minggu

Lakukan evaluasi pekerjaan setiap minggunya. Anda perlu mengukur seberapa baik kinerja Anda pada minggu ini dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui perkembangan kinerja Anda sendiri. Anda juga bisa mencegah penurunan produktivitas pada minggu berikutnya.

Misalnya, jika kinerja pada minggu ini menurun, Anda akan diingatkan untuk memperbaikinya. Sedangkan jika meningkat, Anda akan terdorong untuk terus mempertahankannya.

Baca Juga: 5 Pepatah Bijak Tionghoa yang Bikin Anda Bangkit dari Kegagalan Bisnis


Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar produktivitas dalam bekerja bisa tetap terjaga setiap hari.

Jadi, bagi Anda yang merasa kurang produktif saat ini, cobalah solusi di atas untuk mengembalikan semangat kerja Anda yang mulai kendur. Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.