Kurang Tidur? Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Memengaruhi Bisnis Anda – Akuilah, jika Anda tidur hanya tiga sampai lima jam sehari, pasti rasanya menyebalkan sekali.

Anda bangun dengan tubuh yang tidak segar, pikiran Anda seolah belum siap bekerja, suasana hati tidak mendukung, rasa malas pun sangat mungkin menyergap.

Hati-hati, kurang tidur bisa mengganggu bisnis Anda, lho! Kurang tidur juga bisa membunuh produktivitas Anda. Rasanya, Anda ingin menekan tombol reset, lalu bangun tidur dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar.

Baca juga: Beban Kerja yang Berat Akan Terasa Ringan Jika Anda Melakukan Ini

Coba deh, pikirkan lagi, apa yang membuat diri Anda tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Anda tidak ingin kan, bisnis jadi terganggu hanya gara-gara tidak punya waktu tidur yang cukup?

Kurang Tidur? Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Memengaruhi Bisnis Anda

1Masalah kesehatan bisa menghantui Anda

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Banyak yang bilang, bergadang bisa bikin tubuh kurus. Faktanya, tidak tidur cukup malahan bisa menambah berat badan, lho. Mengapa? Sebab Anda akan merasa lapar dan akan sangat Anda mengisi perut yang keroncongan bukan hanya dengan camilan saja.

Baca juga: 5 Tips Agar Anda Selalu Datang Tepat Waktu dan Tidak Terlambat

Selain berat badan bertambah, tekanan darah dan kolestrol juga bisa ikut-ikutan naik. Risikonya, Anda bisa terserang stroke atau penyakit jantung.

Memang, menjalankan bisnis bisa membuat Anda tertekan, tetapi Anda harus berkompromi dengan diri sendiri supaya Anda tetap mengkedepankan kesehatan. Kalau Anda sehat, mengembangkan bisnis pun tentu akan membuat Anda lebih bersemangat.


2Anda bisa membuat keputusan yang buruk

Siapa sangka, kurang tidur bisa memengaruhi setiap keputusan yang dibuat. Kurang tidur bisa membuat Anda tidak mampu menganalisis situasi secara akurat, apalagi membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

Tampaknya, Anda bukan hanya mengorbankan kesehatan Anda, melainkan profesionalitas Anda juga.

Tidur dan bisnis adalah dua hal yang sejalan. Ketika menjalankan bisnis, Anda perlu tetap waspada atau Anda akan membuat kesalahan yang berimbas pada kehilangan pelanggan, partner bisnis, atau Anda gagal mengatur operasi bisnis sehari-hari.


3Anda tidak bisa berpikir dengan jernih

foto: linkedin.com

Faktanya, ketika kurang tidur, Anda tidak akan bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda. Anda juga tidak bisa berpikir dengan jernih, fokus dalam meeting, atau tidak bisa menyelesaikan suatu masalah dengan baik.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Tidur dengan cukup tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih segar, tetapi juga bisa membantu Anda meningkatkan memori terkait apa saja yang sudah Anda alami selama seharian.


4Mengakibatkan depresi

Kurang tidur menjadi salah satu tanda Anda depresi. Sebuah studi menunjukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi atau kecemasan, sering tidur kurang dari 6 jam dalam sehari.

Coba deh, untuk mengatur jadwal tidur dengan lebih teratur sehingga Anda juga bisa mengurangi rasa depresi Anda.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja

Jika merasa waktu tidur Anda masuk belum cukup, mungkin poin-poin di bawah ini bisa membantu Anda untuk berkegiatan dengan lebih baik.

a. Minumlah kopi di pagi hari dan di siang hari. Studi menunjukan bahwa pukul 2 siang merupakan waktu yang baik untuk mengurangi asupan kafein supaya tidak mengganggu tidur Anda di malam hari.

b. Beristirahat sebentar saat jam makan siang. Hal ini berguna untuk mengembalikan energi Anda kembali, sebelum kembali bekerja.

Baca juga: 3 Hal Ini Membuktikan bahwa Memulai Bisnis Sama Seperti Kencan Pertama

c. Di malam hari, matikanlah telepon genggam Anda sebelum tidur. Pastikan Anda tidak terhubung dengan teknologi sebelum jam tidur supaya waktu tidur menjadi lebih baik.


5Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.