Mana yang Lebih Baik, Membeli Franchise atau Membuka Usaha Sendiri? – Ada banyak cara yang bisa Anda pilih ketika ingin menjalankan bisnis. Bisa dengan membeli waralaba atau dengan membuat usaha sendiri.

Kedua jenis bisnis ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terserah Anda mau memilih yang mana, karena Anda sendiri yang paling tahu apa yang Anda inginkan.

Baca Juga: Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Waralaba

Namun, jika Anda masih bingung untuk mengambil keputusan, coba simak pembahasan ini. Berikut perbandingan antara menjalankan bisnis waralaba dan memulai bisnis sendiri.


Membeli Franchise vs Membuka Usaha Sendiri

Membeli Franchise

memilih usaha franchise
gambar: franchiseindia.com

Anda akan menggunakan brand atau merek dagang orang lain. Namun, mereknya sudah dikenal, sehingga mempermudah Anda untuk menarik pelanggan.

Produk yang dijual sudah banyak yang suka, tapi Anda hanya dapat menjual produk dari franchisor atau pemilik waralaba. Anda tidak bisa memasarkan produk sendiri.

Menariknya, sistem dan manajemen bisnis sudah teruji karena franchisor telah membangunnya selama sekian tahun. Anda tidak perlu pusing bagaimana cara mengelola bisnis, karena semuanya sudah diatur dan Anda tinggal mempelajarinya.

Sementara lokasi usaha tidak sepenuhnya bebas dan harus sesuai kriteria dari franchisor. Jika Anda belum mendapatkan tempat yang tepat, franchisor akan membantu Anda dalam memilih lokasi yang strategis dan bagus.

Baca Juga: Mana yang Lebih Penting, Beli Mobil atau Buka Usaha Dulu?

Lalu, sebelum Anda memulai, franchisor akan memberikan mentor dan training. Pelatihan akan dilakukan sampai Anda menguasainya, sehingga Anda bisa lancar saat mengoperasionalkan bisnis.

Mengenai supplier, sudah disiapkan. Semua bahan baku dan keperluan usaha bisa dibeli dengan supplier yang sudah ditentukan oleh franchisor. Anda tidak bisa bekerja sama dengan supplier lainnya.

Jadi, semua hal benar-benar sudah disiapkan oleh franchisor. Termasuk promosi pun akan dibantu, sehingga Anda bisa langsung fokus menjalankan bisnis sesuai SOP yang berlaku.

Namun, bagaimana jika Anda ingin berhenti? Masalahnya, franchisor biasanya tidak mengizinkan Anda untuk menjual franchise kepada pihak lain sebelum habis masa kontrak. Kalau pun kepemilikan bisa dialihkan, prosedurnya terbilang rumit.

Sebagai franchisee atau pihak yang membeli franchise, Anda tidak bebas untuk melakukan apapun. Anda harus menjalankan waralabanya sesuai perjanjian yang sudah disepakati.

Baca Juga: Tips Memilih Usaha Franchise yang Tepat dan Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Membuka Usaha Sendiri

persiapan sebelum memulai usaha baru yang harus diperhatikan

Jika Anda memiliki ide bisnis yang potensial, sayang sekali jika tidak dikembangkan. Anda tinggal membuat konsep bisnis yang tepat, maka ide bisnis itu bisa berpeluang untuk berhasil.

Dengan membuka usaha sendiri, Anda bisa punya kendali atas usaha Anda. Anda bisa menerapkan segala ide yang Anda mau, karena Anda yang menjadi bos dan Anda bebas untuk mengambil keputusan.

Namun, butuh proses untuk mengembangkan ide bisnis menjadi sebuah bisnis yang sukses. Memakan waktu yang tidak sebentar untuk membuat merek dan produk Anda terkenal di pasaran.

Terutama jika Anda belum punya pengalaman bisnis, Anda akan mengalami tantangan yang besar untuk mengatasi masalah-masalah saat berbisnis. Anda harus menyelesaikannya sendiri dan paling-paling hanya tim Anda yang akan membantu Anda.

Maka sangat penting untuk membentuk tim yang profesional. Anda harus mempekerjakan orang-orang yang tepat agar Anda bisa membangun usaha sendiri dari nol hingga sukses.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mewaralabakan Bisnis

Tentu saja, memulai bisnis dari awal adalah hal yang sangat susah. Banyak hal yang mesti Anda persiapkan dan kerjakan. Berbeda ketika Anda membeli franchise, Anda bisa berbisnis dengan lebih cepat dan mudah, karena semua hal akan dibantu oleh franchisor.

Akan tetapi, membuka usaha sendiri akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Jika nantinya bisnis Anda berhasil, maka usaha Anda pun bisa saja diwaralabakan jika Anda mau.

Anda bisa mencapai lebih banyak hal, karena Anda lebih bebas untuk melakukan apapun pada bisnis Anda. Hanya saja, upaya Anda tidak akan mudah, tapi jika Anda ingin menjadi pengusaha yang hebat, maka berjuanglah membangun bisnis Anda sendiri dari awal.

Baca Juga: Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Bisa Dicoba


Nah, itulah perbandingan antara membeli franchise dengan membuka usaha sendiri. Silakan ambil keputusan mana yang lebih baik berdasarkan kata hati Anda. Pikirkan baik-baik agar Anda lebih yakin dan bersemangat saat menjalankan bisnis yang Anda pilih.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.