8 Tempat yang Tepat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis – Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja. Anda hanya perlu membuka mata agar dapat menemukannya.

Jika Anda masih bingung dalam mencari ide bisnis, cobalah perhatikan lingkungan Anda. Ada banyak inspirasi bisnis yang dapat Anda temukan dengan memperhatikan tempat-tempat yang Anda kunjungi.

Baca Juga: 9 Bisnis Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya

Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha, berikut sejumlah tempat inspiratif untuk Anda mendapatkan ide yang menarik untuk bisnis Anda.

8 Tempat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis

1Dalam Rumah Anda

Masalah yang Anda alami di rumah, kemungkinan juga dialami oleh orang lain. Perhatikan sekeliling rumah atau apartemen Anda dengan saksama. Lihatlah barang-barang yang ada dan bagaimana kondisi tempat tinggal Anda.

Misalnya, dengan memperhatikan interior rumah Anda, Anda bisa mendapatkan ide untuk berbisnis barang-barang dekorasi. Mungkin toko perlengkapan dekorasi di kota Anda masih sedikit, sehingga bisnis ini akan potensial untuk dikembangkan.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

2Lingkungan di Sekitar Rumah

gambar: rumahdijual.com

Seberapa sering Anda mengamati aktivitas bisnis di sekitar tempat tinggal Anda? Berapa banyak toko di dekat rumah Anda dan mereka menjual produk apa saja? Cobalah perhatikan dengan mengunjunginya satu per satu.

Mungkin ada produk yang belum dipasarkan oleh toko-toko tersebut. Bisa juga Anda membuka bisnis serupa, tapi dengan menawarkan beberapa hal yang berbeda dari penjual lain.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

3Perkantoran

Jika saat ini Anda masih bekerja sebagai karyawan, perhatikanlah lingkungan kerja Anda. Lihatlah kebiasaan karyawan di kantor. Cari tahu kebutuhan orang-orang dengan mengobrol sama mereka.

Melalui obrolan ringan dengan rekan kerja, Anda bisa menemukan beberapa inspirasi yang berguna untuk mengembangkan ide bisnis Anda. Anda juga akan mengetahui suatu masalah yang bisa Anda perbaiki dalam bisnis Anda nantinya.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Nama Brand yang Bagus untuk Usaha Baru Anda

4Pusat Perbelanjaan

Pergilah ke beberapa pusat perbelanjaan untuk melihat aktivitas orang-orang saat belanja dan barang-barang yang dijual di sana. Anda pasti akan menemukan banyak inspirasi bisnis.

Jika Anda menyukai dunia kuliner, lihatlah kafe dan restoran yang ada, serta toko yang menjual bahan baku makanan. Jika Anda menyukai dunia fashion, lihatlah toko-toko pakaian di sana. Anda pasti akan menemukan hal baru yang menarik untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha

5Lingkungan Sekolah

gambar: globalsevilla.org

Segala hal yang penting untuk anak-anak pasti bernilai uang. Jika Anda adalah orang tua, Anda pasti akan berusaha memenuhi kebutuhannya. Begitu juga dengan orang tua lainnya.

Jika Anda belum menemukan ide bisnis yang menarik, cobalah perhatikan aktivitas anak-anak di lingkungan sekolah. Ini bisa jadi kesempatan untuk Anda yang ingin memasarkan layanan atau produk untuk anak-anak.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Merintis Bisnis Pribadi dari Nol Hingga Sukses

6Tempat Wisata

Cobalah jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di kota Anda. Bersantailah sejenak sambil melihat-lihat aktivitas orang-orang yang sedang berlibur di sana.

Saat Anda sedang rileks, pikiran Anda akan lebih terbuka. Ide yang belum terpikirkan sebelumnya, bisa muncul tiba-tiba. Seringkali, inspirasi bisa mengalir begitu saja saat otak tidak terlalu aktif berpikir keras.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 5 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Pilih

7Komunitas Bisnis

Cobalah bergabung dengan komunitas bisnis yang ada di kota Anda. Berada bersama dengan orang-orang yang menyukai dan menjalani dunia bisnis akan membawa dampak positif bagi Anda.

Wawasan Anda mengenai dunia bisnis semakin luas. Anda bisa bertukar pikiran dan mendapatkan ide-ide baru dari sesama anggota komunitas. Mungkin saja Anda juga menemukan mitra untuk bisnis Anda. Anda pasti akan semakin bersemangat untuk berbisnis.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Reseller Online yang Sukses Bagi Pebisnis Pemula

8Dunia Maya

Sekarang zamannya teknologi. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis. Anda bisa membuka media sosial, mengunjungi berbagai media bisnis dan website e-commerce untuk mempelajari dunia usaha saat ini.

Jelajahi internet untuk mempelajari berbagai produk dan layanan yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Cari tahu sebanyak mungkin agar pikiran Anda semakin terbuka dan Anda bisa memikirkan ide yang tepat untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah dari Pria, Ini 5 Alasan Kenapa Wanita Harus Berbisnis


Nah, itulah tempat-tempat yang tepat untuk mencari dan menemukan ide bisnis. Inspirasi bisnis ada di mana-mana. Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda kembangkan. Anda hanya perlu cermat dalam mengamati masalah yang ada di sekitar Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here