Sedang mencari ide usaha bulan Ramadhan? Kamu berada di artikel yang tepat.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim. Tak hanya menjadi momen yang tepat untuk beribadah, usaha di bulan Ramadhan juga berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Banyak sekali kebutuhan bulan Ramadhan yang menciptakan peluang bisnis, mulai dari bisnis kuliner hingga fashion. Kamu harus jeli membidik peluang usaha di bulan puasa dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Kalau ingin jualan di bulan puasa, beberapa ide usaha bulan ramadhan ini bisa menjadi referensi yang tepat untukmu:


Ide Usaha Bulan Ramadhan, Aneka Jenis Bisnis Kuliner

Salah satu ide usaha bulan Ramadhan yang selalu ramai peminat setiap tahun adalah kuliner.

Pandemi tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap bisnis kuliner di bulan Ramadhan. Jenis bisnis kuliner yang bisa kamu coba sangat beragam, antara lain:

  • Bisnis aneka takjil: ada banyak pilihan takjil yang bisa menjadi menu andalanmu, misalnya kolak, sop buah, asinan sayur, puding, dan aneka kue basah.
  • Bisnis catering makanan buka puasa dan sahur: orang-orang yang sibuk dan tidak sempat memasak biasanya mengandalkan catering agar tetap bisa menyantap menu sehat selama berpuasa.
  • Bisnis kurma: buah yang satu ini memang paling diburu saat bulan Ramadhan karena kaya gizi, lezat, dan cocok dijadikan buah tangan atau menu berbuka puasa.
  • Bisnis kue lebaran: selain tak sempat memasak menu sehari-hari, banyak orang tak sempat atau tidak mahir membuat kue lebaran sehingga hal ini patut dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Varian kue lebaran kini sangat beragam, mulai dari cake, kue kering, hingga kue basah.
  • Bisnis ketupat: beberapa tahun belakangan ini, bisnis ketupat dan aneka menu lebaran lain juga semakin laris manis karena orang tak ingin repot memasak menjelang Idul Fitri.

Bisnis Parcel

Membahas tentang bisnis bulan Ramadhan tentu tak lengkap tanpa menyebut bisnis parcel. Maklum saja, berkirim parcel di hari Idul Fitri memang merupakan tradisi khas yang dilakukan sebagian besar masyarakat tanah air.

Bila kamu ingin menekuni bisnis parcel, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Menyiapkan berbagai pilihan parcel yang bisa disesuaikan dengan bujet pelanggan.
  • Membuat berbagai variasi parcel dengan tema tertentu, mulai dari camilan, menu sarapan, perlengkapan ibadah, hingga parcel bertema pandemi (biasanya terdiri dari masker, hand sanitizer, desinfektan, dan berbagai produk kebersihan tubuh lainnya).
  • Membeli isi parcel secara grosir di tempat yang harganya terjangkau sehingga harga parcel lebih terjangkau tanpa mengurangi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Tips Membeli Hampers Lebaran Agar Hemat Dan Berkesan


Bisnis Fashion Muslim

Usaha bulan puasa yang juga selalu jadi primadona adalah bisnis fashion muslim.

Tampil menarik saat merayakan Idul Fitri memang penting untuk menunjang rasa percaya diri. Jadi, kamu harus memanfaatkan peluang bisnis ini secara jeli.

Jangan lupa melakukan beberapa hal ini agar bisnis busana muslim di bulan Ramadhan makin laris manis:

  • Mengamati tren fashion sebelum berbelanja karena perubahan tren turut mempengaruhi selera pelanggan.
  • Menyediakan banyak pilihan produk yang harganya terjangkau untuk menarik minat calon pelanggan.
  • Membeli busana muslim secara grosir agar harganya lebih murah tanpa mengabaikan kualitasnya.
  • Memanfaatkan media sosial, online marketplace, dan aplikasi chat (misalnya status WhatsApp) untuk memasarkan produk.

Ide Usaha Bulan Ramadhan, Bisnis Rental Mobil

Kebiasaan mudik yang sering dilakukan masyarakat tanah air turut membawa berkah tersendiri bagi bisnis rental mobil.

Jualan laris di bulan puasa bukan hanya berkisar pada barang kebutuhan sehari-hari.

Bisnis rental mobil juga bisa mendulang keuntungan karena banyak pelanggan yang ingin menyewa untuk kebutuhan mudik.

Jenis mobil yang cocok disewakan biasanya Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dapat membuat tujuh penumpang serta banyak barang bawaan.

Pastikan kalau kondisi mobil benar-benar prima agar tidak merepotkan pelanggan yang menyewa mobil tersebut ketika mudik.

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis Setelah Lebaran, Banyak Untungnya


Bisnis Laundry Kiloan

Tak banyak orang yang menyadari kalau bisnis Ramadhan yang satu ini juga sangat menguntungkan.

Kehadiran laundry kiloan sangat membantu masyarakat modern yang tak sempat mencuci pakaian sendiri.

Di bulan Ramadhan, banyak orang tak sempat mencuci pakaian karena harus membereskan rumah dan melakukan persiapan lain untuk menyambut Idul Fitri.

Itulah sebabnya bisnis laundry kiloan menjadi sangat dibutuhkan pada bulan puasa, terutama bagi orang-orang yang ditinggal mudik asisten rumah tangga.

Di samping itu, orang-orang juga membutuhkan bisnis jasa yang satu ini untuk membereskan masalah pakaian kotor pasca mudik.


Bisnis Perlengkapan Ibadah

Satu usaha bulan puasa lagi yang patut dimanfaatkan untuk mendulang rupiah adalah bisnis perlengkapan ibadah.

Beberapa perlengkapan ibadah yang diburu umat muslim menjelang Idul Fitri antara lain baju koko, sajadah, mukena, peci, sarung, dan al-quran.

Selain untuk kebutuhan pribadi, banyak orang berburu perlengkapan ibadah sebagai buah tangan untuk keluarga besar, sahabat, rekan bisnis, dan kerabat lainnya.

Kamu bisa meningkatkan nilai jual perlengkapan ibadah agar semakin eksklusif dengan mengemasnya menjadi bingkisan yang menarik.

Sehingga para pelanggan tidak perlu repot-repot mengemas perlengkapan ibadah yang ingin dihadiahkan untuk orang lain.


Jika kamu berhasil jualan laris di bulan puasa, pasti kamu tergugah untuk melanjutkan bisnis secara serius.

Kamu mesti mengembangkan bisnis potensial supaya bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda secara berkesinambungan (tidak bersifat seasonal seperti bisnis bulan puasa).

Kamu tak perlu resah soal urusan tambahan modal bisnis. Sekarang, kamu bisa mendapatkan pinjaman tambahan modal melalui KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan persembahan KoinWorks yang bertujuan menyediakan pinjaman modal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Selain menyiapkan pinjaman untuk perusahaan, KoinBisnis juga bisa meminjamkan dana untuk perseorangan dengan syarat yang praktis.

Jumlah pembiayaan bisnis yang dapat kamu peroleh bisa mencapai 2 miliar rupiah dengan bunga cicilan rendah, yaitu berkisar antara 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Proses persetujuan kelayakan kredit berlangsung instan sehingga kamu bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat.

Sistem penagihan pinjaman akan dilakukan secara ramah dan sesuai prosedur karena KoinBisnis telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, jangan biarkan kendala modal menjadi penghalang bagimu untuk meraih kesuksesan bisnis di masa kini dan masa depan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.