3 Cara Mengucapkan Terima Kasih Kepada Karyawan – Mengucapkan terima kasih lewat telepon atau menyampaikannya kepada orang lain secara sekilas saja tidakah cukup.

Nyatanya, ucapan syukur akan jauh lebih berharga jika diungkapkan di tempat dan waktu yang semestinya.

Mengucapkan terima kasih pada dasarnya bukan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

Tujuan sebenarnya ialah untuk membangun hubungan yang positif dan produktif di tempat kerja. Bukan hanya antar sesama karyawan, tapi juga antara atasan dan bawahan.

Ada 5 cara konkret yang bisa Anda lakukan untuk menunjukan apresiasi Anda terhadap karyawan, yakni dengan mengucapkan terima kasih.

Sudahkah Anda Mengucapkan Terima Kasih? 3 Cara Mengucapkan Terima Kasih Kepada Karyawan

1Katakan dengan tulus

Kapan terakhir kali Anda berterima kasih kepada karyawan yang menjawab telepon konsumen dengan nada positif, yang memesan restoran untuk business meeting, atau yang rela bekerja hingga larut malam demi mengatasi bug?

Baca juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

Mungkin Anda berpikir, ÔÇťTapi itu kan pekerjaan mereka. Mengapa saya harus berterima kasih?ÔÇŁ

Ingat, karyawan memang menukar waktu dan kemampuan mereka dengan gaji yang didapat setiap bulannya. Namun, uang bukanlah satu-satunya alasan seseorang bekerja atau satu-satunya yang diharapkan dari perusahaan.

Baca juga: Stop Menunda Pekerjaan! Atasi Segera dengan 5 Solusi Jitu Berikut Ini

Terima kasih yang tulus, sederhana, dengan kontak mata dan juga senyum, nyatanya mampu meningkatkan kesetiaan dan performa karyawan. Karenanya, luangkanlah waktu Anda setiap hari untuk berterima kasih. Alangkah lebih baiknya jika hal tersebut bisa menjadi budaya di perusahaan Anda.

2Kirimkan ucapan terima kasih tertulis

Douglas Conant, CEO of Campbell Soup Company selalu merayakan kesuksesan anak-anak buahnya dengan mengundang mereka keluar makan siang, sambil berbincang guna mendapatkan umpan balik.

Baca Juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

Tak hanya itu, ia juga mengirimkan ucapan terima kasih untuk semua stafnya. Ia tidak pernah menganggap seberapa besar atau seberapa penting kontribusi yang diberikan oleh karyawannnya.

Oleh karena itu, para stafnya pun termotivasi untuk meningkatkan kinerja mereka lebih baik lagi.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Jenius yang Wajib Wajib Ditiru Agar Bisa Lebih Sukses

Anda pun juga bisa menirunya. Cobalah untuk memilih satu atau dua karyawan setiap bulannya, lalu tulislah ucapan terima kasih Anda atas kontribusi yang sudah diberikan. Sebutkan pula secara spesifik, acara, proyek, insight, atau kontribusi yang sudah diberikan.

3Berikan mereka hadiah

Ada cara lain untuk mengungkapkan terima kasih, yakni dengan memberikan hadiah. Contoh, misalkan Anda adalah seorang desainer perhiasan, Anda bisa memberikan gelang atau cincin dengan ukiran nama karyawan.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan bioskop atau tempat gym untuk memberikan diskon khusus kepada karyawan.

Saat ada karyawan yang berulang tahun, berikan ia bunga, tanaman, atau adakan syukuran kecil untuk merayakan pertambahan tahunnya. Anda juga bisa menyelipkan ungkapan terima kasih yang Anda tulis sendiri dengan tangan.

Baca juga: 7 Cara Memperkuat Branding Bisnis Anda pada Tahun 2018

Pada dasarnya, kekuatan dari ungkapan syukur tak bisa terelakkan. Budaya positif ini bila dilakukan terus-menerus, mampu membuang jauh segala hal-hal tidak menyenangkan di kantor.

Dengan begitu, Anda akan semakin menyadari bahwa bukan hanya senyum dan rasa bahagia saja yang bisa dengan begitu mudahnya menular, melainkan pula ucapan terima kasih.


4Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.