9 Hal Penting untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership dalam Bisnis – Leadership atau kepemimpinan adalah tentang bagaimana mempengaruhi orang lain dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan oleh leader atau pemimpin.

Dalam bisnis, seorang pemimpin harus bisa memimpin bawahan untuk melakukan pekerjaan demi tercapainya tujuan bisnis. Pemimpin diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi orang-orang di lingkungan kerjanya.

Baca Juga: 5 Gaya Kepemimpinan Para Leader Sukses yang Bisa Anda Terapkan

Nah, bagaimana dengan Anda? Sebagai pemimpin bisnis Anda harus terus mengembangkan diri dengan banyak membaca, belajar, dan latihan kepemimpinan.

Berikut sejumlah hal penting yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.


9 Hal untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership

1Komunikasi

keterampilan komunikasi yang harus dikuasai pebisnis

Berkomunikasi adalah aktivitas manusia sehari-hari. Anda akan berkomunikasi dengan karyawan, pelanggan, klien, dan orang-orang lainnya, baik itu secara lisan maupun tertulis.

Dalam bisnis, keterampilan komunikasi dibutuhkan untuk membangun hubungan profesional atau bekerja sama dengan siapa saja. Tanpa komunikasi yang baik, maka proses pertukaran informasi akan terganggu dan mempengaruhi efektivitas kerja.

Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pebisnis

2Perencanaan

menjalankan usaha tanpa perencanaan - rencana bisnis
gambar: legalservicesincorporated.com

Berbisnis memerlukan perencanaan agar bisnis dapat berjalan secara terarah dan bisa tepat sasaran saat mencapai tujuan. Dengan adanya perencanaan, Anda jadi tahu apa saja hal penting yang harus dilakukan.

Perencanaan bisnis harus selalu dibuat sebagai dasar dari segala hal yang dikerjakan. Komunikasikan setiap rencana dengan tim Anda agar semuanya bisa kompak menjalankan strategi-strategi ke depan.

Baca Juga: 10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis

3Motivasi

cara tak biasa untuk memotivasi karyawan

Jika Anda terlihat lesu, bagaimana Anda bisa membuat tim Anda bersemangat? Optimisme Anda sangat penting dalam mempengaruhi kinerja orang-orang di sekitar Anda.

Maka dari itu, motivasikan diri setiap hari dan bagikan semangat kerja kepada tim Anda. Jangan mudah putus asa dalam keadaan yang buruk sekalipun, karena segala masalah pasti akan ada solusinya.

Baca Juga: 6 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Perlu Diwaspadai

4Delegasi

kiat membentuk tim impian untuk startup anda

Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Mustahil untuk mengerjakannya semuanya seorang diri dan mendapatkan hasil yang maksimal, karena Anda bukan seorang superhero.

Itulah sebabnya Anda perlu tim kerja. Delegasikan tugas-tugas secara efektif dan pastikan Anda mengawasi mereka dalam bekerja. Pimpinlah tim Anda untuk dapat bekerja sama dalam melaksanakan setiap tanggung jawab yang ada.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses yang Wajib Dimiliki

5Keberanian

hal yang tidak pernah dilakukan pengusaha yang cerdas

Tanggung jawab terbesar berada di atas pundak seorang pemimpin. Anda harus berani menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi.

Dengan keberanian, bisnis akan terus maju ke depan dan bukan diam di tempat. Sikap yang berani akan membuat Anda tidak ragu untuk keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Bos 5 di Kantor

6Pengetahuan

belajar hal baru - presentasi - ide

Dalam meningkatkan kemampuan leadership, tentunya sangat dibutuhkan wawasan yang luas. Anda perlu banyak belajar supaya pikiran Anda terbuka dalam melihat berbagai hal.

Maka dari itu, teruslah menambah pengetahuan Anda mengenai bisnis dan hal apa saja yang penting untuk dipelajari, sehingga Anda bisa menjadi pemimpin yang cerdas dalam berbisnis.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Konflik Antara Pemimpin dengan Karyawan

7Empati

contoh pemimpin yang memiliki sikap empati di lingkungan kerja

Hampir setiap hari Anda akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang di tempat kerja. Ada kalanya, karyawan Anda membutuhkan perhatian secara personal.

Dengan adanya empati dari pemimpin, Anda akan menyentuh sisi emosional karyawan. Kedekatan akan dibangun karena kepedulian Anda membuat mereka merasa diperlakukan secara manusiawi, bukan hanya dianggap sebagai alat untuk bekerja.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Menimbulkan Masalah dalam Bisnis

8Integritas

kesalahan dalam kepemimpinan bisnis

Secara individu, Anda pasti memegang teguh nilai-nilai personal tentang kebaikan dan kebenaran. Apalagi dalam bisnis, Anda juga harus memiliki prinsip yang baik dan benar dalam menjalankan bisnis.

Itulah yang dinamakan integritas, sikap yang memancarkan kewibawaan. Integritas adalah kejujuran, yakni tentang apa yang Anda lakukan sama dengan apa yang Anda katakan.

Baca Juga: 7 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pelanggan yang Sulit

9Ketegasan

hal yang perlu pemimpin lakukan setiap hari

Anda tidak bisa mengontrol karyawan Anda sepenuhnya. Ada kalanya, ada yang melakukan kesalahan dan pelanggaran, sehingga perlu sikap yang tegas dari Anda.

Pastikan ketegasan Anda ditunjukkan secara bijaksana. Sikapi apa yang terjadi dalam tim Anda yang lalai sesuai dengan aturan kerja yang berlaku.

Baca Juga: 7 Penyebab Komunikasi dalam Bisnis Tidak Efektif


Nah, itulah hal-hal penting untuk meningkatkan kemampuan leadership. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk dapat mengembangkan kepemimpinan di lingkungan bisnis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.