Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda – Salah satu tugas Anda sebagai seorang pemimpin adalah membangun kepercayaan diri karyawan. Rasa percaya diri itu penting agar karyawan dapat meningkatkan kinerjanya.

Ketidakpercayaan diri biasanya muncul pada karyawan yang merasa kurang berpengalaman, karyawan yang baru bekerja, dan karyawan yang minder dengan kemampuan rekan kerjanya.

Baca Juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi di Depan Banyak Orang

Guna mendorong performa karyawan, Anda harus menumbuhkan rasa percaya diri pada karyawan. Anda harus dapat mengeluarkan potensi yang dimiliki karyawan di kantor dan mendukungnya untuk berkembang.

Jika karyawan sudah percaya diri, barulah Anda bisa memberdayakannya dengan baik. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut ini agar karyawan Anda bisa semakin percaya diri dalam bekerja.

Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Orang Jenius Ini Agar Anda Lebih Sukses

10 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

1Bangun Kedekatan dengan Karyawan

Anda perlu mengenal karyawan Anda untuk mengetahui penyebab dirinya merasa minder. Bangun kedekatan yang masih dalam batas profesionalisme. Jika karyawan mulai merasa dekat dan nyaman, dia akan mulai terbuka karena merasa dihargai secara personal. Hal ini bisa memunculkan kepercayaan dirinya yang selama ini terbenam.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sikap Karyawan yang Tertutup

2Berikan Tugas Sesuai Kompetensi

Rasa tidak percaya diri bisa terjadi karena karyawan melakukan tugas yang tidak sesuai kompetensinya. Jika karyawan masih belum berpengalaman, Anda jangan memaksanya untuk mengerjakan tugas tersebut. Bangun dulu kepercayaan dirinya, baru Anda bisa memberikan tugas lain yang lebih rumit.

3Tugas Harus Detail dan Lengkap

Berikan tugas yang detail dan lengkap agar karyawan tidak kebingungan saat mengerjakannya. Terkadang, karyawan menjadi ragu-ragu karena tidak memahami tugasnya. Jangan cuma memerintah tanpa arahan yang jelas. Namun, Anda perlu memberikan penugasan yang berurutan dengan target yang jelas.

Baca Juga: 7 Tips Agar Karyawan Betah Bekerja dengan Anda

4Ajarkan Karyawan untuk Belajar dari Kesalahan

Ada karyawan yang tidak percaya diri karena takut membuat kesalahan dan mengalami kegagalan. Anda perlu mengingatkannya bahwa kesalahan bukan akhir segalanya. Ajarkan dia untuk berani menghadapi risiko dan belajar dari kesalahan. Pengalaman adalah guru terbaik untuk memperbaiki diri.

5Berikan Pelatihan atau Training

Berikan karyawan Anda berbagai pelatihan secara bertahap. Anda banyak training untuk melatih soft skill maupun hard skill. Dengan mengikuti sejumlah pelatihan yang sesuai dengan pekerjaannya, karyawan dapat mengembangkan kemampuan dalam bekerja dan menumbuhkan kepercayaan dirinya.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

6Siapkan Mentor yang Bisa Membimbingnya

Selain diberikan pelatihan, siapkan juga seorang mentor untuk membimbing karyawan. Sebagai pimpinan, Anda tentu tidak hanya mengurus satu orang karyawan saja, sehingga Anda membutuhkan mentor yang nantinya akan mendampingi dan mengajarkan karyawan tersebut dalam bekerja.

7Fokus pada Potensi Karyawan

Rasa tidak percaya diri adalah suatu kekurangan. Namun, cara yang jitu untuk meningkatkan kepercayaan diri karyawan ialah dengan fokus mengembangkan potensinya. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus mengetahui potensi karyawan agar dapat memberdayakan potensinya dengan tepat.

Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Sebuah Perusahaan

8Terus Memberikan Kepercayaan Baru

Tentu saja, Anda tidak boleh selalu memberikan tugas yang biasa-biasa saja. Saat rasa percaya dirinya mulai muncul, Anda bisa memberikan tugas yang lain. Terus berikan berbagai kepercayaan baru yang dapat meningkatkan potensinya. Semakin banyak hal yang bisa dikerjakannya, rasa percaya diri otomatis akan ikut meningkat.

9Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Berikan feedback secara jujur secara berkala. Tanpa evaluasi, tidak akan ada perbaikan yang berarti. Amati perkembangan karyawan dan beritahukan apa yang sudah dilakukannya selama ini. Jelaskan pencapaiannya dan ingatkan hal-hal yang masih harus diperbaiki.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin dalam Bekerja

10Berikan Pujian atas Hasil yang Dicapai

Anda perlu mengapresiasi pencapaian karyawan. Sekecil apapun perkembangan positif yang ditunjukkannya, Anda harus menghargai itu. Berikan pujian yang tulus atas hasil yang sudah dicapainya, karena hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri karyawan dan membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.