Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen – Konsumen adalah raja. Konsumen selalu ingin mendapatkan hal yang terbaik. Jika bisnis Anda berhasil memuaskan konsumen, niscaya bisnis Anda akan bertahan lama. Bahkan sekalipun Anda menetapkan harga yang lebih mahal dibandingkan yang lain, bisnis Anda akan tetap jadi pilihan utama konsumen.

Namun, butuh upaya yang nyata agar bisnis Anda menjadi spesial di mata konsumen. Memang tipe konsumen berbeda-beda. Akan tetapi, cara mereka menilai kualitas sebuah bisnis hampir sama. Anda bisa memenangkan hati mereka dengan memperhatikan tujuh hal berikut ini.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

7 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Merebut Hati Konsumen

1Kemudahan Akses

Berikan kemudahan bagi konsumen untuk berhubungan dengan bisnis Anda. Konsumen ingin punya akses yang mudah saat ingin menghubungi Anda dalam hal apa saja. Sehingga konsumen tidak harus bersusah payah agar bisa terhubung. Misalnya, memberi akses layanan call centre 24 jam, menjawab pertanyaan lewat media sosial atau WhatsApp, memiliki website yang nyaman digunakan, cara pembayaran yang bisa dengan kartu kredit, dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

2Kompetensi Karyawan

Konsumen sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia di bisnis Anda. Kompetensi karyawan dalam melayani konsumen sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Kemampuan kerja dan pengetahuan karyawan harus memadai. Untuk itu, berikan karyawan Anda pembelajaran tentang produk atau jasa dalam bisnis Anda, motivasi karyawan Anda untuk semangat dalam melayani konsumen, dan pastikan mereka bisa beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan Anda.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

3Pelayanan yang Ramah

Konsumen adalah manusia yang sama seperti Anda, yakni sama-sama memiliki perasaan. Mereka juga terkadang menentukan pilihan berdasarkan perasaan. Jika pelayanan dalam bisnis Anda buruk, maka mereka akan merasa jengkel dan meninggalkan Anda. Untuk itu, berikan pelayanan yang ramah terhadap setiap konsumen tanpa terkecuali. Sekalipun Anda menghadapi konsumen yang cerewet, tetaplah bersikap ramah dan profesional.

Baca Juga: 10 Cara yang Baik Saat Menghadapi Keluhan Konsumen

4Bisa Diandalkan

Harapan konsumen harus bisa terpenuhi. Mereka mencari yang paling diandalkan, sehingga wajar saja mereka suka membandingkan antara bisnis yang satu dengan yang lain. Untuk itu, upayakan untuk menjadi bisnis yang bisa diandalkan dalam segala hal. Seperti produk yang berkualitas, produk yang selalu tersedia, karyawan yang bekerja dengan baik, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin Dalam Bekerja

5Proses yang Cepat

Kecepatan adalah hal penting bagi konsumen. Dalam hal apa saja, mereka ingin mendapatkan pelayanan yang prima dari Anda. Mereka ingin segala hal diproses dengan cepat. Seperti responsif dalam membalas pesan konsumen, cepat mengatasi masalah konsumen, sistem pembayaran yang ringkas, proses kerja yang tidak bertele-tele, pengiriman barang yang cepat, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari dari Apple

6Keamanan

Keamanan tidak hanya soal penggunaan produk, tetapi juga keamanan soal data dan informasi konsumen yang Anda miliki. Seperti pada bisnis e-commerce, Anda pasti menyimpan data pelanggan berupa nama lengkap, alamat rumah, alamat email, nomor telepon, dan lain-lain. Pastikan semua data tersebut terjaga dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

7Tampilan

Konsumen juga sangat memperhatikan hal-hal yang terlihat dan dapat disentuh. Mereka memperhatikan tampilan visual yang berkaitan dengan bisnis Anda. Seperti gaya busana karyawan yang rapi, tampilan interior ruangan kantor Anda yang kreatif, packaging atau kemasan produk yang menarik, desain media promosi yang bagus, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

Nah, dengan memperhatikan semua hal tersebut, niscaya bisnis Anda bisa merebut hati siapa pun. Bisnis Anda jadi lebih siap menghadapi persaingan bisnis, karena mampu memenangkan banyak hati konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here