Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda – Kekurangan modal usaha menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pebisnis pemula. Saat akan memulai sebuah bisnis, modal usaha adalah kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Ide bisnis tidak dapat direalisasikan dengan maksimal jika modalnya terbatas.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, minimnya modal usaha bukan berarti Anda harus menunda atau menghentikan impian Anda untuk berbisnis. Ada banyak cara untuk mengumpulkan modal usaha sebanyak yang Anda butuhkan. Asal Anda punya tekad yang kuat untuk berbisnis, pasti ada solusinya.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Bisnis Kecil

Nah, jika uang Anda saat ini tidak cukup banyak untuk modal usaha, berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan dana tambahan untuk bisnis Anda.

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pebisnis Pemula

1Mendatangi Orang Terdekat

Cara sederhana dan termudah adalah dengan mendatangi orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Kerabat atau teman dekat adalah orang-orang yang telah mengenal baik diri Anda, sehingga kemungkinan besar mereka akan mempercayai Anda dalam urusan uang. Coba saja Anda mendatangi mereka secara baik-baik untuk meminjam uang. Atau bisa juga tawarkan mereka untuk menjadi mitra bisnis dan bergabung dalam kegiatan usaha Anda. Dengan begitu, mereka akan turut menyumbang dana untuk keperluan usaha Anda.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

2Pinjam Uang ke Bank

Banyak orang kesulitan mendapatkan pinjaman uang dari bank. Namun, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba meminjam uang ke sejumlah bank, terutama bank pemerintah yang memberikan biaya administrasi yang lebih terjangkau dan suku bunga yang kompetitif. Anda lengkapi semua persyaratan yang diminta, seperti kartu identitas, slip gaji, buku tabungan, dan lain-lain. Jika semua sudah lengkap, pengajuan Anda bisa segera diproses dan kemungkinan besar bank mau mengambulkan permohonan Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

3Kampanye di Situs Crowdfunding

gambar: meltwater.com

Anda punya ide bisnis yang menarik? Segera buat proposal dan rencana bisnisnya. Lalu Anda bisa mendaftar ke situs crowdfunding untuk mendapatkan pendanaan dari orang-orang yang tertarik dengan konsep bisnis Anda. Pada saat mendaftar, Anda uraikan konsep bisnis Anda, berapa modal yang diperlukan, tenggang waktu untuk pengumpulan dana, dan apa bentuk reward yang Anda janjikan bagi para donatur. Dengan bermodal konsep bisnis yang keren, pasti Anda bisa mendapatkan pendanaan tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

4Ikut Kompetisi Startup

Saat ini pemerintah dan berbagai perusahaan investasi dan teknologi sering mengadakan kompetisi startup untuk usaha rintisan setiap tahun. Coba ikuti kompetisi startup yang ada di Indonesia. Jika Anda terpilih menjadi peserta terbaik, Anda bisa mendapatkan bimbingan dari para pengusaha yang sudah berpengalaman dan juga diberikan hadiah uang yang cukup besar untuk memodali bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Pekerja Kantoran

5Cari Pekerjaan Sampingan

Jika saat ini Anda bekerja secara full-time di suatu perusahaan, jangan bergantung dari gaji bulanan Anda. Coba cari pekerjaan sampingan untuk menambah modal usaha. Seperti pekerjaan freelance yang bisa Anda kerjakan di malam hari setelah pulang dari kantor, atau di akhir pekan saat tidak masuk kerja. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bekerja lebih keras. Anda mungkin harus mengorbankan waktu, namun modal usaha Anda akan terkumpul lebih cepat. Anda juga jadi belajar mandiri dengan modal usaha yang Anda kumpulkan sendiri.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here