10 Perilaku Seorang Bos Sejati yang Patut Anda Miliki – Ketika Anda menjalankan bisnis atau perusahaan, Anda akan berperan menjadi atasan atau bos yang memimpin karyawan-karyawan Anda.

Namun, menjadi bos adalah tantangan. Jika Anda tidak bisa menjadi bos yang hebat, maka karyawan Anda akan sulit menaruh respek terhadap Anda.

Setiap entrepreneur atau pengusaha tentu ingin menjadi seorang bos yang dihormati. Tapi bagaimana caranya agar Anda disegani dan disukai oleh semua karyawan Anda?

Tentunya Anda harus terlebih dahulu menunjukkan perilaku-perilaku positif seorang bos yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi mereka.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani

Sebaliknya, jika Anda dianggap sebagai bos yang menyebalkan, maka karyawan Anda tidak akan maksimal dalam bekerja. Mereka akan berbuat baik di depan Anda, namun berbicara buruk tentang Anda di belakang Anda. Karyawan tidak betah bekerja dan Anda malah jadi repot mengurus masalah karyawan yang sering mengundurkan diri.

Oleh sebab itu, berikut coba Anda renungkan 10 contoh perilaku seorang bos sejati yang patut Anda miliki dan tunjukkan pada karyawan Anda.

10 Contoh Perilaku Seorang Bos yang Patut Anda Tunjukkan Pada Karyawan

1Kepemimpinan Visioner

Seorang bos harus dapat menggerakkan karyawannya untuk bertindak. Dengan memiliki visi yang jelas, Anda dapat memimpin karyawan Anda untuk bergerak mengejar target bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Visi membuat orang bersemangat dan tahu apa yang harus dilakukan. Untuk itu, ketahui visi bisnis Anda secara pasti dan terus berusaha mewujudkannya bersama karyawan Anda.

2Membimbing Karyawannya

Anda harus membimbing karyawan agar mereka bisa menguasai dan menyelesaikan pekerjaannya. Ini berarti Anda harus aktif memberikan pengarahan tentang tanggung jawab karyawan-karyawan Anda.

Anda memastikan bahwa pekerjaan berjalan dengan baik dan Anda menghargai prosesnya. Dengan membimbing mereka, Anda akan mengenal baik karyawan Anda dan kemudian mengembangkan potensi karyawan mereka.

3Menantang Diri Sendiri

Bos sejati tidak akan puas dengan pencapaian hari ini. Tapi bukan berarti Anda tidak mensyukuri segala pencapaian yang Anda miliki, melainkan Anda lebih suka menantang diri Anda untuk mencapai sesuatu hal yang baru dan lebih besar ke depannya.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

Anda optimis untuk meraih keberhasilan bisnis dan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

4Tidak Jadi Follower

Gambar: the-star.co.ke

Anda bisa saja belajar dari pengalaman orang lain dan memiliki mentor yang mengajarkan Anda perihal dunia bisnis. Namun itu tidak berarti Anda menjadi follower yang hanya mengikuti cara orang lain bekerja.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Justru dengan Anda belajar, Anda punya pengetahuan yang luas untuk menjalankan bisnis dengan ide yang berbeda dari orang lain. Anda membuka jalan Anda sendiri dan memiliki keinginan yang tidak sama dengan orang lain.

5Mau Mendengarkan

Pemimpin itu mau mendengarkan setiap kritik dan saran. Anda memang seorang atasan, namun izinkan bawahan Anda untuk menyampaikan pendapat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sikap Karyawan yang Tertutup

Anda sebaiknya bersikap terbuka dengan segala masukan dari orang-orang yang membantu Anda. Sekalipun Anda tidak setuju, namun berikan waktu untuk mendengarkan.

6Tidak Suka Mengeluh

Dalam berbisnis pasti Anda akan menghadapi banyak masalah. Sebagai bos, Anda adalah orang pertama yang harus sadar bahwa mengeluh tidak akan membuat masalah Anda beres.

Lebih baik Anda fokus mencari solusi atas setiap masalah yang ada daripada Anda terus mengeluh sepanjang hari.

7Memecahkan Masalah

Sebagai bos, Anda harus bisa mengelola pekerjaan dan juga masalah. Anda harus siap menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Merekrut Karyawan

Entah itu masalah internal perusahaan, masalah klien, masalah pelanggan, hingga masalah pribadi. Anda akan terus naik level jika bisa menghadapi semuanya dengan baik.

8Rendah Hati

Orang yang rendah hati terlihat lebih berwibawa daripada orang yang sombong. Dengan bersikap rendah hati, Anda menjadi bos yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama.

Anda tidak merasa paling baik, namun orang lain yang akan dengan senang hati mengapresiasi diri Anda.

9Fokus Pada Hal yang Penting

Banyak hal yang harus Anda kerjakan untuk mencapai target bisnis. Sebagai bos, Anda harus paling memahami prioritas kerja, sehingga Anda bisa lebih fokus mengerjakan hal-hal yang penting saja.

Baca Juga: 10 Tips Mengembangkan eCommerce Dari Pakar eCommerce Dunia

Anda tahu apa yang harus Anda kerjakan sekarang dan apa yang bisa Anda kerjakan nanti. Anda pandai mengelola pekerjaan dengan baik.

10Bekerja Secara Efektif

Anda harus mementingkan kinerja yang efektif dan bukan sekadar efisien. Jangan terjebak pada efisiensi dengan menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Karena bisnis Anda bisa saja menjadi efisien namun gagal mencapai tujuan. Oleh sebab itu, perhatikan cara bekerja yang efektif dengan melakukan hal-hal yang sesuai namun dapat menunjukkan hasil yang nyata.


 



Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here