Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan –┬áAmbisi untuk membangun bisnis yang sukses membuat Anda bekerja setiap hari dari pagi hingga sore bahkan malam hari.

Semangat kerja Anda begitu luar biasa. Anda adalah seorang pekerja keras yang patut diacungi jempol. Tak heran jika bisnis Anda bisa berhasil.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Anda Menjadi Pebisnis Multitasking yang Hebat

Namun, saat Anda tenggelam dalam kesibukan, seringkali Anda hanya berfokus pada bisnis saja. Sehingga ada hal-hal lainnya, terutama di luar bisnis yang Anda lupakan.

Padahal, hal-hal berikut ini juga penting untuk diperhatikan oleh Anda sebagai pebisnis.

Baca Juga: 6 Cara untuk Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor


Jangan Lupakan 4 Hal Ini Walau Anda Sibuk Kerja

1Melakukan Mentoring di Tempat Kerja

Sebagai pemimpin, Anda perlu menginvestasikan waktu Anda untuk memberikan perhatian pada karyawan Anda. Sebab mereka adalah aset yang sangat berharga bagi bisnis Anda.

Anda bisa melakukan mentoring dengan membagikan pengalaman dan pengetahuan Anda. Buka wawasan mereka, tuntun mereka dalam bekerja, berikan motivasi agar mereka menemukan passion dan tujuan hidupnya.

Lakukan mentoring ini secara berkala. Hal ini penting untuk membuat karyawan merasa dipedulikan dan untuk mengembangkan potensi mereka.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Jika Anda Berbisnis Sesuai Minat dan Bakat

2Menjaga Hubungan dengan Relasi Bisnis

Membangun relasi bisnis tidak bisa hanya dengan bertukar kartu nama pada saat pertemuan pertama. Sebab hubungan pertemanan perlu dibangun dari waktu ke waktu.

Maka dari itu, sempatkan untuk kembali bertemu dengan relasi bisnis Anda. Namun, jangan menunggu untuk dihubungi. Andalah yang sebaiknya menghubungi mereka.

Ajaklah bertemu untuk sekadar hang out, lalu membicarkan apa saja yang dapat mencairkan suasana hingga saling membahas mengenai bisnis. Lakukan pertemuan ini secara rutin agar hubungan terjaga.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Relasi Bisnis

3Melepas Stres Setelah Bekerja

Rutinitas dan tekanan pekerjaan yang berat dapat menimbulkan stres. Stres tidak hanya membuat tubuh Anda merasa lelah, tapi terutama mental Anda menjadi lemah.

Untuk itu, penting sekali untuk menjaga kondisi Anda sendiri agar semangat kerja Anda tetap stabil. Jangan terlalu sibuk kerja dan memforsir diri setiap hari.

Namun, luangkan waktu untuk kegiatan positif lainnya untuk melepas stres setelah bekerja. Misalnya, dengan jalan-jalan, berolahraga, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Baca Juga: Berlibur Itu Penting, Ini 7 Manfaat Liburan Bagi Pebisnis

4Memperhatikan Kehidupan Personal

Banyak pebisnis yang sukses, tapi memiliki kehidupan personal yang berantakan. Rumah tangga bermasalah, keluarga kurang mendapatkan perhatian, dan sebagainya.

Penyebabnya karena kesibukan yang padat membuatnya hanya fokus dengan urusan bisnis dan mengesampingan urusan personal yang sama pentingnya. Padahal, jika Anda memiliki masalah pribadi, apakah hidup Anda akan bahagia? Tentu tidak.

Maka dari itu, aturlah waktu Anda dengan bijaksana. Sehingga sesibuk apapun diri Anda, Anda tetap memiliki waktu untuk diri sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi.

Baca Juga: Rintis Bisnis Bikin Pusing? Ini Caranya Agar Anda Tetap Bahagia


Nah, apakah Anda termasuk pebisnis yang sangat sibuk kerja? Ingat, walaupun kesibukan Anda begitu banyak, jangan hanya terpaku pada bisnis saja.

Namun, perhatikan juga diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Sebab semuanya akan berdampak pada kebahagiaan dan kesuksesan Anda secara langsung maupun tidak langsung.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.