7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja – Kepemimpinan tidak hanya soal kekuasaan, tapi kemampuan dalam memberdayakan orang lain untuk mencapai tujuan.

Salah satu cara memberdayakan orang lain ialah dengan memahami pikiran dan apa yang dirasakan oleh orang lain. Ini yang disebut dengan empati.

Baca Juga: Agar Lebih Dihargai Orang Lain di Kantor, Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

Sebagai pemimpin, Anda harus memiliki rasa empati kepada bawahan Anda. Karyawan Anda adalah manusia biasa yang membutuhkan kepedulian dari atasannya.

Dengan adanya empati, Anda dapat memahami, menenangkan, dan membangun komunikasi yang lebih baik. Hubungan profesional akan bertahan lama dan dapat diandalkan.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Nah, berikut beberapa contoh empati di lingkungan kerja yang sebaiknya Anda tunjukkan di hadapan karyawan.


7 Sikap Empati yang Harus Dimiliki Pemimpin Bisnis

1Mengerti Perasaan Karyawan

gambar: moneycrashers.com

Pemimpin yang memiliki empati dapat mengidentifikasi dan mengenali emosi pada diri sendiri dan orang lain. Anda akan merasakan belas kasihan pada orang-orang yang bekerja pada Anda.

Sisi kemanusiaan tak dilupakan. Sehingga Anda akan belajar memahami perasaan karyawan Anda yang sedang sedih atau senang. Anda pun akan berusaha untuk mendukung mereka agar tetap semangat dalam kondisi sesulit apapun.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

2Menjaga Sikap yang Baik

Anda akan berusaha menjaga sikap yang baik di hadapan karyawan. Anda tahu bahwa tindakan Anda sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja dan perasaan orang-orang di sekitar Anda.

Sehingga Anda akan belajar toleransi, respek, dan melakukan kebaikan lainnya. Anda ingin sikap positif Anda dapat membuat orang lain terpengaruh dan menjadi inspirasi bagi mereka.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Memperhatikan Kebutuhan Karyawan

Pemimpin yang berempati akan bersikap dinamis dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan, karena Anda memperhatikan kebutuhan orang-orang di dalam tim Anda.

Anda akan mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhan mereka, dan berusaha memenuhinya. Anda tidak ingin merusak koneksi yang sudah terjalin dengan cara yang tidak baik.

Baca Juga: 5 Hal Tak Biasa yang Dapat Memotivasi Karyawan dalam Bekerja

4Tenang dalam Menghadapi Masalah

Empati membuat Anda tetap tenang dan rasional saat sedang tertekan. Jika bisnis Anda mengalami masalah, Anda akan bersikap dewasa dalam menyikapinya dan menenangkan karyawan yang juga stres menghadapinya.

Anda pun yakin bahwa solusi pasti bisa ditemukan dan menghindari kekhawatiran yang tidak perlu, karena rasa khawatir tersebut tidak akan membuat solusi datang lebih cepat.

Baca Juga: Pebisnis Harus Memiliki 8 Ciri-ciri Pekerja Keras Berikut Ini

5Tidak Menyalahkan Orang Lain

gambar: bizjournals.com

Anda akan berlapang dada dalam menerima kesalahan Anda yang merugikan orang lain. Anda tidak akan defensif dan menyerang atau menyalahkan siapapun.

Bahkan dengan sikap yang terbuka, Anda mau menerima masukan dari karyawan Anda. Anda pun akan berupaya melakukan apa yang Anda bisa untuk memperbaiki kesalahan.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

6Berani Menanggung Risiko dalam Tim

Pemimimpin yang memiliki sikap empati tidak akan egois. Anda harus berani menanggung risiko yang terjadi di dalam tim Anda.

Setiap masalah diselesaikan bersama. Tidak ada yang menanggungnya sendiri. Malahan Anda berani mengambil risiko untuk mempertahankan tim Anda.

Baca Juga: 7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Kerja Sama Tim yang Solid

7Kesuksesan adalah Milik Bersama

gambar: clickhowto.com

Pemimpin yang berempati tidak cuma mementingkan kesuksesan pribadi. Orientasinya adalah tim, sehingga kesuksesan yang diraih harus dapat dirasakan semua orang.

Anda sadar bahwa keegoisan tidak bisa berdampingan dengan kesuksesan. Sehingga Anda ingin setiap karyawan juga dapat menikmati hasil pencapaian bersama-sama.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak


Nah, itulah contoh sikap empati yang harus ada di lingkungan kerja. Sebagai pemimpin bisnis, Anda harus belajar berempati terhadap karyawan, karena mereka adalah orang-orang yang berjasa dalam mengembangkan usaha Anda.

Kepemimpinan yang empatik itu sangat penting. Jadi, percayalah bahwa kebaikan Anda akan membawa dampak yang besar terhadap kehidupan pribadi dan bisnis Anda ke depannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.