6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan – Menjadi seorang pemimpin sebuah perusahaan adalah tanggung jawab yang berat. Pemimpin pasti membutuhkan karyawan untuk membantu meringankan tugasnya dan tentunya untuk memajukan bisnis perusahaan.

Hubungan antara pemimpin dengan karyawan seharusnya bisa saling melengkapi dan menguntungkan. Namun, saat ini banyak karyawan yang bermasalah dengan pimpinan di perusahaan. Akhirnya, mereka memilih untuk resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan. Salah satu penyebabnya ialah sikap pemimpin yang dianggap buruk.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

Jika itu masalahnya, tentu saja orang yang harus memperbaiki diri adalah si pemimpin. Setiap karyawan wajib diperlakukan dengan baik. Jika tidak, karyawan akan kehilangan semangat kerja dan tidak akan betah.

Untuk itu, bagi Anda yang mau sukses dalam menjalankan perusahaan, perhatikan sikap Anda di kantor. Tingkatkan kualitas kepemimpinan Anda, karena itu akan berdampak positif terhadap kemajuan bisnis Anda. Nah, berikut sikap-sikap yang harus Anda miliki terhadap karyawan Anda.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Disukai Karyawan

1Memberikan Kepercayaan

Karyawan ingin mendapatkan kepercayaan yang lebih. Karyawan akan bekerja dengan maksimal jika merasa dipercaya dan diberdayakan. Jangan sia-siakan kemampuan kerja karyawan dengan membatasi ruang geraknya dalam bekerja.

Ketika Anda telah mendelegasikan tugas, berikan kepercayaan pada karyawan untuk melakukannya sampai selesai. Ini adalah sebuah tantangan dan cara yang baik untuk memberdayakan karyawan.

Kemudian, jika Anda merasa karyawan pantas untuk mendapatkan kepercayaan yang lebih, berikanlah itu padanya lewat promosi jabatan. Naikkan level jabatannya dan berikan kesempatan untuk karyawan berkembang. Jangan biarkan karyawan terbaik Anda memiliki karier yang ‘stuck’.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin Dalam Bekerja

2Menguasai Pekerjaan

Anda akan mendapatkan respek jika Anda menunjukkan kemampuan Anda dalam berbisnis. Karyawan pasti akan memperhatikan cara Anda memimpin dan menguasai pekerjaan. Tunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dalam bisnis Anda. Buktikan bahwa Anda mengerti apa yang Anda perintahkan.

Untuk itu, dampingi karyawan Anda. Namun, Anda tidak harus terlibat dalam setiap detail pekerjaan yang ada. Namun, bekerjalah secara berdampingan. Bimbing dan juga awasi karyawan Anda dalam bekerja.

Baca Juga: Cara Menjadi Pemimpin yang Selalu Percaya Diri

3Memberikan Masukan

Karyawan membutuhkan pemimpin yang bisa memberikan solusi. Terkadang, karyawan memerlukan kritik dan saran dari Anda. Jangan merasa tidak enak hati untuk berkata jujur tentang kinerja karyawan yang tidak baik.

Anda boleh saja marah, tapi jangan memarahi tanpa masukan yang berarti. Karyawan butuh motivasi dari pemimpinnya. Karyawan akan menghargai masukan yang Anda berikan, karena itu demi kebaikannya sendiri.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

4Mau Mendengarkan

Anda harus bersedia mendengarkan perkataan dari karyawan. Sikap seorang pemimpin perusahaan harus terbuka dalam mendengarkan kritik dan saran. Karyawan juga berhak memberikan masukan, selama itu membangun dan membawa ke arah yang positif.

Untuk itu, jangan menutup diri terhadap pendapat orang lain. Tidak semua pendapat harus Anda setuju, tapi tunjukkan sikap yang ramah saat ada orang lain yang berbeda pandangan dan ingin menyampaikan masukan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sikap Karyawan yang Tertutup

5Mau Mengakui Kesalahan

gambar: melmagazine.com

Meski Anda adalah seorang atasan dan karyawan adalah bawahan, derajat Anda itu sama sebagai manusia. Anda akan melakukan kesalahan dalam membuat keputusan atau dalam memperlakukan orang lain.

Namun, terkadang karyawan tidak akan meminta Anda mengakui kesalahan. Karyawan akan merasa segan, tapi menyimpan kesalahan tersebut. Untuk itu, coba bersikap rendah hati dengan meminta maaf jika ada kesalahan yang harus Anda perbaiki. Tidak ada yang salah untuk mengakui kesalahan. Karyawan Anda malah akan menghargainya.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin yang Sukses

6Mau Memberikan Apresiasi

Karyawan mungkin tidak akan terang-terangan menuntut penghargaan dari Anda, meski sebenarnya karyawan membutuhkan apresiasi yang nyata atas segala pencapaian mereka. Sebagai pemimpin, sudah seharusnya Anda belajar memberi dan tidak hanya bisa menuntut saja.

Tunjukkan rasa terima kasih Anda atas pencapaian karyawan yang berprestasi. Anda bisa mengapreasi karyawan dengan kata-kata pujian, bonus, maupun hadiah berupa barang. Ini akan mendorong semangat karyawan dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka

Nah, itulah enam sikap seorang pemimpin perusahaan yang patut Anda miliki. Tunjukkan pada semua karyawan Anda bahwa Anda menganggap mereka berharga, baik itu lewat perkataan maupun perbuatan. Jadilah sosok pemimpin yang diharapkan dan disukai karyawan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.