5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat – Tuntutan pekerjaan yang berlebihan dapat membuat Anda tertekan. Sekalipun Anda mencintai bisnis Anda, sebagai manusia biasa Anda juga bisa dilanda stres.

Stres adalah hal yang biasa asalkan Anda mampu mengendalikannya. Stres bisa menjadi hal yang positif jika Anda menganggap tuntutan pekerjaan sebagai tantangan dan bukan tekanan.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

Tantangan akan mendorong Anda untuk melangkah maju, sedangkan tekanan akan membuat Anda merasa terdesak dan mengasihani diri. Makanya, penting menyikapi tuntutan pekerjaan dengan pikiran positif.

Namun, ada kalanya Anda tidak berdaya dan mengalami stress kerja yang berkepanjangan. Banyaknya tugas yang harus dikerjakan dapat membuat Anda tertekan, apalagi jika ada masalah personal yang menambah beban hidup Anda.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Memang ini adalah konsekuensi Anda sebagai pebisnis, tapi Anda jangan memaksakan diri jika merasa sudah tidak mampu. Lebih baik Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan untuk memulihkan kondisi.

Ingat, Anda sendiri yang paling tahu keadaan fisik dan psikis Anda. Untuk itu, kenali tanda-tanda yang menunjukkan gejala stres dalam bekerja.

Waspada, Ini 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja

1Sulit Menyelesaikan Pekerjaan

Biasanya, Anda tidak punya masalah dalam menyelesaikan tugas di kantor. Namun, produktivitas Anda mulai menurun dari hari ke hari. Hingga akhirnya Anda berada pada titik di mana Anda sama sekali sulit menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika dipaksakan, hasilnya juga tidak maksimal.

Lebih baik Anda beristirahat sejenak di rumah beberapa hari. Anda dapat mendelagasikan sebagian tugas pada karyawan yang Anda percaya. Jangan paksakan diri untuk mengerjakannya sendiri.

Baca Juga: Beban Kerja yang Berat Akan Terasa Ringan Jika Anda Melakukan Ini

2Emosi Tidak Stabil

gambar: affirmx.com

Kondisi emosional Anda semakin hari semakin tidak stabil. Anda sulit mengontrol emosi karena psikis Anda sedang mengalami kelelahan. Akibatnya, Anda sering mengalami konflik dengan orang di kantor. Bahkan saat berada di rumah pun, Anda jadi sering berselisih dengan keluarga.

Jika Anda mengalaminya, tenangkan diri Anda dulu. Tidak ada salahnya Anda berlibur sejenak ke suatu tempat yang nyaman. Jernihkan pikiran, baru setelah itu Anda kembali bekerja seperti biasa.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Orang Iri Hati di Lingkungan Bisnis

3Jenuh dengan Pekerjaan

Orang lain pasti heran melihat perilaku Anda. Biasanya, Anda orang yang paling bersemangat dalam bekerja. Namun, belakangan ini Anda mulai jenuh dengan pekerjaan. Anda bahkan tidak lagi menyukai hal-hal yang Anda lakukan.

Anda tidak lagi fokus bekerja, karena pikiran Anda melayang entah ke mana. Hal ini menjadi tanda bahwa Anda perlu istirahat dari rutinitas. Sisihkan waktu untuk melakukan hal lain yang bisa membuat kondisi Anda lebih baik.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja

4Susah Tidur Karena Insomnia

Beban pikiran yang menumpuk membuat Anda jadi susah tidur. Padahal, Anda tidak ingin begadang dan sudah berada di atas tempat tidur. Hanya saja, Anda tidak juga tertidur meskipun kondisi sudah mengantuk dan lelah.

Insomnia di beberapa malam saja, mungkin tidak menjadi masalah yang besar. Namun, jika insomnia terjadi setiap malam, kinerja Anda juga akan menurun. Lebih baik Anda beristirahat sejenak di rumah untuk menenangkan pikiran yang menumpuk.

Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Orang Jenius Ini Agar Anda Lebih Sukses

5Mengalami Gangguan Kesehatan

Orang yang mengalami stres kerja juga akan mengalami masalah kesehatan. Seperti sering sakit kepala, gangguan pencernaan, dan tekanan darah tinggi. Jika kesehatan Anda terus menurun, sebaiknya Anda rehat sejenak dan fokus memulihkan diri terlebih dahulu. Pergilah ke dokter jika Anda merasa membutuhkan pertolongan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.