5 Pemikiran yang Membuat Anda Takut Jadi Pemimpin Perusahaan – Tidak semua orang terlahir menjadi pemimpin begitu saja.

Memang, ada yang berbakat jadi pemimpin sejak lahir sehingga mereka tampak begitu berani ketika diminta memimpin perusahaan atau organisasi.

Sebaliknya, ada juga tipe orang yang harus mengasah sifat kepemimpinannya. Untungnya, sifat ini memang bisa dilatih terus-menerus sampai orang tersebut merasa lebih berani dan percaya diri. Nah, dari dua tipe di atas, manakah yang lebih pas untuk mendeskripsikan diri Anda?

Baca juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

Kalau Anda merasa diri Anda adalah tipe orang yang tidak berbakat menjadi pemimpin, hati-hati, 5 pikiran berikut ini malah akan membuat Anda jadi takut ketika harus memimpin perusahaan.

Padahal, Anda memiliki bisnis sendiri dan Andalah yang seharusnya memimpin rekan-rekan bekerja, maupun anak buah Anda.

5 Pemikiran yang Membuat Anda Takut Jadi Pemimpin Perusahaan

1Anda takut akan hal-hal yang tidak diketahui

Karena tidak pernah memimpin sebelumnya, Anda jadi takut pada hal-hal yang tidak Anda ketahui.

Sebagai contoh, bagaimana caranya menghadapi tim yang baru, bagaimana jika penjualan tiba-tiba menurun, bagaimana mengatur anggota tim yang memiliki management style berbeda-beda, bagaimana jika ada karyawan kunci yang ingin resign, dan sebagainya.

Baca juga: 24 Jam Sehari Tidak Cukup? Coba Lakukan 7 Tips Manajemen Waktu Ini

Yang harus Anda lakukan adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Setiap harinya, Anda pasti akan menemukan hal-hal baru untuk dipelajari. Entah dari rekan kerja, anak buah, pihak eksternal, ataupun krisis yang dihadapi perusahaan.

Setiap harinya pula, Anda akan belajar bagaimana mengambil keputusan dengan baik dan itu artinya Anda juga tak berhenti untuk mengasah diri jadi seorang pemimpin yang lebih baik.


2Ada banyak pemberitaan soal kegagalan para pemimpin perusahaan

Pagi ini Anda membaca di koran bahwa pemimpin perusahaan A terlibat penyogokan dan kasus korupsi. Kemarin Anda membaca di portal berita online bahwa perusahaan B terpaksa menutup 20 gerainya di Indonesia lantaran penjualannya anjlok hingga 50%.

Baca juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

Ya, berita-berita seperti ini mungkin tidak jarang Anda temui. Namun, berita-berita baik soal adanya perusahaan yang mendapat suntikan modal dari investor asing, hingga ada perusahaan yang mendapatkan penghargaan karena inovasinya untuk masyarakat, juga tidak jarang Anda temui.

Menanggapi ketakutan pada poin ini, Anda bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan para pemimpin untuk Anda jadikan pembelajaran di kemudian hari. Jika perusahaan Anda menemukan masalah serupa, anda akan tahu bagaimana harus bertindak.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

Belajarlah juga dari kesuksesan para pemimpin perusahaan lainnya. Jadikan hal tersebut motivasi baik supaya bisnis bisa lebih berkembang.


3Terbebani oleh tanggung jawab yang besar

Sadarilah, dalam perusahaan, bukan hanya Anda yang memiliki tanggung jawab besar. Karyawan lainnya pun demikian.

Ketika Anda merasa beban di pundak Anda terlalu berat, cobalah untuk berkolaborasi dengan tim dan jangan takut untuk mendelegasikan tugas kepada rekan kerja Anda.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Pastikan Anda memiliki kepercayaan penuh pada mereka sehingga mereka juga bisa lebih percaya diri ketika menyelesaikan tanggung jawab yang Anda berikan.


4Tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan

Masalah yang satu ini juga sering dialami. Sebagai contoh, selama ini Anda merasa bahwa bisnis Anda baik-baik saja. Karyawan Anda sangat loyal dan berdedikasi, penjualan meningkat setiap bulannya, tapi ternyata arus kas Anda tidaklah sehat.

Rekan kerja menyarankan agar Anda mencari modal usaha demi mengembangkan bisnis. Awalnya Anda ragu karena merasa selama ini bisnis Anda bisa berkembang tanpa adanya bisnis tambahan.

Baca Juga: 6 Tanda Bahwa Anda Punya Bakat Menjadi Entrepreneur Sukses

Sampai suatu ketika Anda menyadari bahwa keuangan perusahaan sedang macet dan bisnis Anda kalah saing dengan kompetitor-kompetitor lainnya.

Nah, yang bisa dipelajari dari hal ini adalah tidak ada salahnya meminta saran dari orang lain yang sudah lebih berpengalaman dalam bisnis.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

Jika masih belum percaya diri dalam membuat keputusan, carilah mentor yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih terarah sehingga sebagai pemimpin, Anda tahu dengan detail apa yang harus dihadapi di kemudian hari.


5Bagaimana jika saya membuat kesalahan?

Pemikiran ini juga menjadi faktor lain seseorang takut jadi pemimpin perusahaan. Bagaimana jika di kemudian hari membuat kesalahan? Apa yang harus dilakukan?

Perlu dipahami, membuat kesalahan adalah hal yang lumrah terjadi. Jika Anda melakukan kesalahan, carilah solusi terbaik. Jangan lupa libatkan orang-orang di sekitar untuk membantu Anda menemukan jalan keluar terbaik.

Baca Juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan di Kantor

Meski Anda adalah pembuat keputusan mutlak di dalam perusahaan, Anda juga bisa menerapkan prinsip demokrasi di mana Anda mengelaborasikan berbagai solusi hingga masalah bisa teratasi.

Yang paling penting, petiklah berbagai pelajaran berharga dari kesalahan tersebut dan jadikan hal tersebut sebagai pengalaman di kemudian hari.

 


6Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here