Rintis Bisnis Bikin Pusing? Ini Caranya Agar Anda Tetap Bahagia –┬áSebagai pebisnis pemula, Anda pasti membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang baru.

Pada awalnya pasti akan terasa sangat susah, karena Anda belum punya pengalaman sama sekali. Apalagi saat ada masalah, Anda pasti akan pusing tujuh keliling.

Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? Pahami Dulu Hal-hal yang Tak Menyenangkan Ini

Itulah kenapa banyak orang yang baru terjun ke dunia bisnis merasa kewalahan saat merintis usahanya. Sebab memang tidak mudah menghadapi proses berbisnis yang rumit.

Maka dari itu, bagi Anda yang akan memulai usaha, perhatikan tips berikut ini supaya Anda tetap merasa bahagia saat membangun bisnis Anda.

Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis


5 Cara Agar Tetap Bahagia Saat Merintis Bisnis

1Mulai dengan yang Simpel

Memulai bisnis kini semakin simpel berkat kemajuan internet. Dengan kehadiran media sosial, Anda akan lebih mudah dalam memasarkan produk dan menjangkau konsumen.

Intinya, jika ada bisnis yang mudah dikerjakan, kenapa harus memilih yang sulit? Namun, sebaiknya ambillah peluang usaha yang berpotensi, tapi tidak memberatkan Anda dan membuat hidup Anda susah.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

2Pilih Bisnis yang Anda Suka

Memilih bisnis yang disukai akan membuat Anda lebih cepat menyesuaikan diri. Anda pun akan lebih nyaman dalam menjalani proses karena Anda mencintai apa yang Anda kerjakan.

Maka dari itu, mulailah bisnis dengan hal paling cocok dengan diri Anda. Seperti merintis usaha berbasis hobi dan passion, bisa jadi pilihan yang tepat untuk pemula seperti Anda.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Jika Berbisnis Sesuai Minat dan Bakat Anda

3Bangun Relasi Bisnis

Jika Anda hanya bergantung pada diri sendiri, sampai kapan Anda akan bertahan? Pastinya, Anda butuh relasi yang dapat memberikan dukungan moril atau materiil.

Makanya, mulailah bangun relasi, khususnya dengan orang-orang yang positif di lingkungan bisnis. Kehadiran mereka akan memotivasi Anda untuk menjadi pebisnis yang lebih baik dan sukses.

Baca Juga: Orang-orang Penting yang Harus Didekati Agar Hidup Anda Sukses

4Jangan Lupa Bersenang-senang

Kesibukan Anda akan bertambah saat terjun ke dunia bisnis. Waktu untuk diri sendiri semakin berkurang. Namun, jangan lupa menyediakan waktu untuk bersenang-senang.

Sebab Anda harus menikmati hidup Anda agar bisa tetap bahagia. Bagilah waktu dengan bijaksana antara kehidupan bisnis dan pribadi di tengah aktivitas Anda yang padat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Pekerjaan yang Berat

5Tetap Berpikir Positif

Menjaga pikiran yang positif sangat penting agar Anda terhindar dari kesalahan dalam mengambil keputusan dan melakukan suatu tindakan yang bisa menyusahkan Anda.

Maka dari itu, tetaplah berpikir positif dalam segala situasi yang Anda hadapi. Sehingga Anda terhindar dari pikiran dan tindakan negatif yang akan merugikan Anda.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja


Nah, itulah cara supaya Anda tetap bahagia saat merintis usaha. Semoga tips tersebut dapat membuat Anda lebih berani dan dapat mengambil langkah yang tepat dalam memulai bisnis pertama Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.