Perhatikan Inilah 8 Tipe Karyawan yang Anda Butuhkan di Perusahaan – Anda pasti memiliki pertimbangan tertentu dalam mempekerjakan karyawan atau pegawai di kantor. Anda pasti memiliki kriteria karyawan yang disukai dan tidak disukai.

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan mencari karyawan yang dapat berkontribusi bagi kemajuan perusahaan. Anda tidak ingin merekrut orang yang tidak menguasai dan menyukai pekerjaan yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Perusahaan dan Dicintai Karyawan

Supaya Anda bisa menemukan karyawan yang tepat, berikut ada sejumlah kriteria yang bisa jadi panduan Anda dalam mencari karyawan.

8 Tipe Karyawan yang Dicari Perusahaan

1Karyawan yang Pintar

Karyawan yang pintar dapat cepat menguasai pekerjaan. Kepintaran karyawan dapat dilihat dari latar belakang pendidikan. Anda bisa memperhatikan IPK-nya, skripsi, pengalaman organisasi, seminar yang pernah diikuti, sertifikat yang dimiliki, dan sejumlah prestasi saat sekolah atau kuliah.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

2Karyawan yang Memiliki Pengalaman Kerja

Karyawan yang berpengalaman dalam bekerja pasti akan lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan kantor dan pekerjaan barunya. Perhatikan latar belakang pekerjaannya sebelumnya. Sebaiknya, pilih yang relevan dengan posisi jabatan yang Anda sediakan untuknya.

Baca Juga: 6 Mental Entrepreneur Sukses yang Harus Anda Miliki

3Karyawan yang Memiliki Kecerdasan Emosional

Karyawan ini pasti lebih mudah untuk diajak bekerja sama dalam tim. Karyawan tidak cukup hanya cerdas secara akademik, sehingga Anda juga perlu menguji kecerdasan emosionalnya. Untuk itu, lakukan sejumlah tes psikologi untuk mengetahui kondisi emosi setiap calon karyawan Anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Hilang Semangat Kerja di Kantor

4Karyawan yang Penuh Semangat

Tipe karyawan yang penuh semangat berkaitan dengan produktivitas kerja. Karyawan yang bersemangat akan selalu antusias saat bekerja dan dapat memotivasi karyawan lainnya. Karyawan ini juga lebih tangguh dan tidak mudah menyerah saat berhadapan dengan masalah.

Baca Juga: Waspada, Kenali 7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja

5Karyawan yang Profesional

Karyawan yang menjunjung profesionalitas dalam bekerja pasti menjadi karyawan favorit setiap pebisnis. Sikap profesional ditunjukkan lewat banyak hal, seperti selalu disiplin saat bekerja, menunaikan tanggung jawab dengan baik, bisa mengesampingkan masalah dan kepentingan pribadi, serta berintegritas.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

6Karyawan yang Percaya Diri

Karyawan yang memiliki kepercayaan diri akan berpengaruh pada caranya mengerjakan tugas-tugasnya. Karyawan ini percaya akan kemampuannya, sehingga dapat diandalkan untuk melakukan berbagai hal. Karyawan ini juga pasti bisa lebih mampu berhubungan baik dengan klien maupun pelanggan karena kemampuannya dalam meyakinkan orang lain.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

7Karyawan yang Penuh Rasa Ingin Tahu

Karyawan yang memiliki rasa penasaran biasanya lebih dapat mengeksplor pekerjaannya dengan baik. Rasa ingin tahu yang tinggi membuatnya selalu ingin belajar dan memperluas wawasan. Karyawan ini cepat beradaptasi dengan perubahan dan dapat Anda andalkan untuk menemukan ide-ide brilian dan inovasi baru bagi perusahaan.

Baca Juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

8Karyawan yang Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

Setiap pekerjaan pasti ada tekanan. Beban kerja terkadang menjadi sangat berat disaat-saat tertentu. Anda butuh karyawan yang mampu dan bersedia untuk bekerja ekstra keras dengan berbagai tuntutan. Karyawan yang tidak cepat stres saat banyak tumpukan pekerjaan dan deadline yang harus dikejar.

Baca Juga: 4 Hal yang Diajarkan Jeff Bezos Sang Pendiri Amazon Kepada Para Pebisnis


Nah, itulah tipe-tipe karyawan yang layak untuk Anda rekrut. Karyawan Anda tidak harus memenuhi semua tipe tersebut. Namun, setidaknya karyawan tersebut memiliki beberapa tipe yang dibutuhkan perusahaan untuk mengisi posisi yang Anda tawarkan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.