Tips Mengurus Keluarga Sambil Menjalankan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga – Sebagai wanita yang sudah menikah dan memiliki anak, Anda akan menjalankan tugas ganda sebagai istri maupun ibu.

Belum lagi jika Anda berbisnis, tugas Anda akan semakin bertambah. Sehingga Anda harus pandai-pandai dalam mengelola rumah tangga sekaligus usaha, supaya keduanya bisa berjalan dengan seimbang.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Walaupun tidak mudah, Anda bisa kok sukses menjalankan bisnis seraya menjalani tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga. Bagaimana caranya? Coba simak dulu tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha

Tips Sukses dalam Keluarga dan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

1Minta Izin Suami untuk Berbisnis

Berbisnis tidak hanya soal mencari nafkah. Masalah bisnis dan keuangan keluarga biasanya memang menjadi tanggung jawab suami. Namun, Anda pun boleh memiliki bisnis sendiri.

Cobalah bicara dengan suami. Bilang kepadanya bahwa Anda berbisnis karena keinginan atau impian Anda. Yakinkan dia bahwa Anda bisa mengelola bisnis sekaligus rumah tangga.

Pastikan Anda mendapatkan restu dari sang suami agar Anda lebih nyaman saat menjalankan usaha. Jika suami Anda pengertian dan percaya pada Anda, pasti Anda akan diizinkan dan didukung sepenuhnya.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah dari Pria, Ini 5 Alasan Kenapa Wanita Harus Berbisnis

2Pilih Bisnis yang Fleksibel

Keuntungan saat menjalankan bisnis yang sifatnya fleksibel adalah Anda bisa lebih leluasa untuk mengelolanya. Anda bisa bebas mengerjakannya dari manapun dan kapanpun. Anda gampang menentukan berapa jam yang diperlukan dalam sehari untuk fokus mengurus bisnis tersebut.

Bisnis yang fleksibel bisa Anda kerjakan dari rumah. Seperti bisnis online, Anda bisa mengerjakannya di waktu luang dan baru sibuk saat ada pesanan. Contohnya, jual barang online melalui media sosial dan situs marketplace.

Anda bisa juga menjalankan bisnis rumahan yang tidak berbasis online. Contohnya, usaha katering, jualan makanan atau minuman di depan rumah, membuka laundry kiloan, dan lain-lain.

Dengan memilih bisnis yang fleksibel, Anda tidak terlalu terbeban untuk sering keluar rumah. Anda pun bisa mengerjakannya bersamaan saat menghabiskan waktu di rumah bersama anak.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga

3Cintai Apa yang Anda Lakukan

Mencintai apa yang dilakukan akan membuat beban kerja terasa lebih ringan. Dari semua peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang Anda temukan, pilihlah usaha yang paling membuat Anda bersemangat untuk menjalaninya.

Jika Anda antusias terhadap bisnisnya, Anda pasti akan lebih kuat mental dalam mengerjakannya. Anda akan terus menekuninya dan tidak akan malas. Hidup Anda pun jadi produktif setiap hari.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

4Pisahkan Masalah Bisnis dan Rumah Tangga

foto: linkedin.com

Anda akan memiliki masalah dalam rumah tangga. Anda juga akan memiliki masalah dalam bisnis. Sewaktu-waktu, Anda akan punya banyak masalah yang membuat Anda stres.

Jangan sampai Anda jadi marah-marah sama anak atau suami karena sedang stres dengan masalah bisnis. Ataupun jangan sampai Anda jadi menelantarkan bisnis Anda karena sedang ada masalah rumah tangga.

Namun, kontrollah perasaan Anda. Jangan membawa masalah bisnis ke dalam keluarga dan membawa masalah keluarga saat Anda bekerja. Bersikaplah profesional dalam berbisnis dan singkirkan masalah bisnis saat Anda bersama keluarga.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

5Keluarga Tetap Nomor Satu

Semakin berkembang usaha Anda, semakin sibuk diri Anda. Bisa-bisa waktu Anda untuk keluarga jadi semakin berkurang, karena Anda terlalu sibuk dengan urusan bisnis.

Solusinya, Anda perlu cerdas dalam mengatur waktu. Anda harus menentukan kapan Anda mengerjakan bisnis Anda dan kapan waktu untuk keluarga. Anda harus disiplin, supaya ada keseimbangan antara rumah tangga dan bisnis.

Namun, terkadang Anda harus memilih salah satu. Ada kalanya Anda akan bingung, apakah mementingkan urusan keluarga lebih dulu ataukah bisnis.

Jika itu terjadi, Anda harus menentukan prioritas dengan bijaksana. Pastikan Anda tidak menduakan keluarga. Jangan mengabaikan tanggung jawab di rumah demi kepentingan bisnis. Keharmonisan keluarga harus jadi perhatian nomor satu di hidup Anda.

Baca Juga: 5 Masalah Wanita dalam Berbisnis yang Kerap Jadi Penghambat untuk Sukses


Nah, itulah tips sukses menjalankan usaha untuk ibu rumah tangga. Ingat bahwa bisnis Anda memang penting, tapi suami dan anak-anak adalah harta Anda yang terindah. Oleh sebab itu, semoga Anda bisa bisa menjalankan kehidupan pribadi maupun bisnis dengan seimbang.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here