9 Tips Menjaga Work Life Balance Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia – Work-life balance adalah keseimbangan kehidupan-kerja, di mana Anda mampu membagi waktu antara kehidupan di pekerjaan, pribadi, dan sosial.

Setiap orang memiliki banyak sisi dalam hidupnya. Tidak melulu tentang pekerjaan, karena dikejar ambisi untuk menjadi orang kaya dan sukses.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan diri sendiri, keluarga, pasangan, teman-teman, dan lingkungan sekitar, karena itu semua merupakan bagian penting dari hidup Anda.

Baca Juga: 7 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari Sehingga Tetap Produktif Bekerja

Ingat, tanggung jawab Anda tidak hanya di tempat kerja. Anda harus membagi waktu dengan bijaksana untuk melakukan hal-hal penting lainnya di kehidupan Anda.

Terutama bagi pebisnis yang super sibuk, kebahagiaan yang seutuhnya tidak hanya saat bisnis Anda berhasil, tapi juga saat Anda memiliki kehidupan personal yang bahagia.

Baca Juga: 10 Kegiatan Berguna untuk Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja

Itulah sebabnya Anda perlu menjaga keseimbangan kehidupan-kerja. Bagaimana caranya? Setiap orang punya cara masing-masing. Namun, setidaknya Anda perlu memperhatikan hal-hal penting berikut ini.


9 Tips Menjaga Work Life Balance Sebagai Pebisnis

1Waktu Berkualitas Bersama Orang-orang Tersayang

Miliki quality time atau waktu berkualitas bersama keluarga, pasangan, dan sahabat. Mereka adalah orang-orang yang paling layak mendapatkan perhatian Anda. Anda membutuhkan mereka, begitu pula mereka.

Berikan perhatian personal, berkumpul bersama di rumah, melakukan aktivitas menyenangkan di luar rumah, bisa Anda lakukan untuk mereka. Buatlah setiap momen bersama mereka berarti agar hubungan tetap harmonis.

Baca Juga: Tips Mengurus Keluarga Sambil Menjalankan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

2Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap orang memerlukan waktu untuk diri sendiri. Setelah bekerja sepanjang hari, Anda perlu rehat sejenak dari rutinitas dan tekanan kerja.

Saat me time, lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia agar stres berkurang. Anda bisa bersantai atau melakukan hobi Anda, untuk menikmati waktu luang pribadi tersebut.

Baca Juga: Penting untuk Pebisnis, Ini 5 Manfaat Me Time Setelah Bekerja Seharian

3Kurangi Sikap Terlalu Perfeksionis Saat Bekerja

Saat Anda terlalu perfeksionis, Anda menuntut kesempurnaan yang berlebihan. Sering kali, Anda malah jadi lambat dalam bekerja karena takut ada yang kurang. Jika hasil tidak sempurna, Anda pun tidak merasa puas.

Akibatnya, waktu pribadi berkurang karena Anda cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bisnis Anda. Anda berusaha melakukan apapun agar hasil pekerjaan menjadi perfect menurut standar Anda.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

4Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Menunda pekerjaan akan menghambat produktivitas dan juga mengganggu waktu Anda untuk urusan lainnya. Pekerjaan yang harusnya selesai hari ini, malah belum beres.

Akibatnya, Anda jadi butuh waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sehingga waktu Anda untuk urusan lain di luar bisnis jadi ikut tertunda, karena Anda harus segera mengutamakan pekerjaan yang dikejar deadline.

Baca Juga: Stop Menunda Pekerjaan! Atasi Segera dengan 5 Solusi Jitu Berikut Ini

5Rayakan Momen Penting di Hidup Anda

Jangan terlalu sibuk sampai Anda melewatkan momen penting di hidup Anda. Seperti merayakan ulang tahun Anda sendiri, undangan pernikahan saudara, menghadiri acara wisuda anak Anda, berkumpul di hari raya bersama keluarga, dan sebagainya.

Rayakanlah momen penting dan spesial yang mungkin hanya akan terjadi sekali. Jangan sampai Anda menyesal, karena telah melewatkan hal yang berharga di kehidupan pribadi Anda.

Baca Juga: 7 Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Pasangan Secara Profesional

6Tidur Teratur dan Secukupnya

gambar: usnews.com

Hindari bekerja hingga larut malam. Meski terkadang, itulah risiko dalam berbisnis, sehingga Anda terpaksa begadang karena begitu banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Namun, Anda perlu menjaga pola tidur yang teratur dan punya waktu yang cukup untuk istirahat. Untuk itu, usahakanlah mengatur waktu kerja dengan lebih baik agar tidak sering lembur.

Baca Juga: 24 Jam Sehari Tidak Cukup? Coba Lakukan 7 Tips Manajemen Waktu Ini

7Pergilah Jalan-jalan atau Berlibur

Orang yang memiliki work life balance, dapat menikmati jerih lelahnya. Hidupnya tidak hanya untuk mencari uang, tapi juga bisa bersenang-senang dengan uangnya, seperti dengan melakukan traveling.

Untuk itu, Anda perlu melihat dunia luar. Jangan cuma di kantor, lalu pulang dan berdiam di rumah. Keluarlah untuk jalan-jalan di akhir pekan. Ambillah cuti atau gunakan hari libur untuk pergi ke tempat wisata.

Baca Juga: 5 Tips Agar Aktivitas Kerja di Hari Jumat Tetap Produktif dan Menyenangkan

8Berolahraga dan Jaga Pola Makan

Olahraga dan pola makan yang baik itu penting untuk menjaga kesehatan. Jika Anda sakit, bisnis Anda juga kena dampaknya. Produktivitas jadi menurun. Anda pun tak bisa melakukan aktivitas bersama orang lain.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

9Lakukan Aktivitas Sosial

gambar: sathora.or.id

Selain itu, Anda perlu peduli terhadap sesama. Lakukan kegiatan sosial dan belajar beramal. Bagikan kebahagiaan dan sebagian uang yang Anda miliki untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan Anda.

Baca Juga: Sebelum Memperolah Kesuksesan, Ini 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis


Nah, itulah cara menjaga work life balance sebagai pebisnis. Pastikan Anda memberikan perhatian yang sama untuk tanggung jawab di kehidupan pekerjaan maupun pribadi. Dengan begitu, kesuksesan dan kebahagiaan akan terasa lebih lengkap di hidup Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here