Saat Harus Bekerja dari Rumah, Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif – Pada zaman modern saat ini, bekerja bisa dari mana saja berkat bantuan teknologi dan internet.
Meski begitu, suasana kerja lebih terasa di kantor sehingga dapat memacu produktivitas. Namun, terkadang Anda mungkin tidak bisa pergi ke kantor karena sedang ada urusan tertentu.
Walau Anda sedang di rumah, bukan berarti Anda cuti atau libur. Anda juga tetap harus bekerja di depan laptop dan terhubung dengan rekan kerja di kantor secara online.
Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Menguntungkan
Nah, bagi yang bekerja dari rumah, coba lakukan tips berikut agar Anda tetap produktif.
Daftar Isi
4 Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah
1Tetap Disiplin dan Profesional
Rasa malas gampang muncul saat Anda bekerja seharian dari rumah. Tidak ada rekan yang menemani, dapat membuat Anda tergoda untuk kompromi dalam melakukan pekerjaan.
Memang waktu kerja menjadi lebih fleksibel, tapi sebaiknya Anda berupaya untuk disiplin. Bangun pagi seperti biasa dan kerjakan apa yang mesti dikerjakan.
Jadi, Anda jangan bersantai. Anda harus mengatur jam kerja dengan baik agar setiap tanggung jawab Anda bisa beres tepat waktu.
Baca Juga: Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan
2Siapkan Ruang Kerja yang Layak
Saat di rumah, Anda memang bebas bekerja di kamar tidur, ruang tamu, balkon, atau di ruangan lainnya. Namun, tidak semua tempat dapat membantu Anda untuk fokus bekerja.
Jika Anda sering bekerja dari rumah, maka Anda perlu menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk bekerja. Setidaknya, Anda punya meja kerja pribadi di dalam rumah Anda.
Lalu, pastikan kerapian meja kerja. Sediakan kursi yang nyaman dan fasilitas kerja lainnya. Siapkan segala hal yang dibutuhkan untuk mendukung produktivitas Anda.
Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang
3Koneksi Internet Harus Lancar
Anda membutuhkan jaringan internet untuk mendukung kelancaran Anda dalam menjalankan pekerjaaan. Anda perlu mengirimkan email, mengunggah konten di media sosial, melakukan video call, dan sebagainya.
Maka dari itu, pastikan rumah Anda sudah dilengkapi koneksi internet yang cepat. Pastikan juga perangkat komputer atau laptop dan smartphone Anda masih bagus, sehingga Anda bisa online dengan lancar.
Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pebisnis
4Harus Cepat Tanggap
Saat bekerja dari rumah, Anda akan mengandalkan berbagai aplikasi pendukung seperti Whatsapp, Gmail, Trello, Skype, dan sebagainya. Semuanya itu digunakan untuk memperlancar komunikasi antara Anda dengan rekan kerja, klien, dan pelanggan.
Namun, berkomunikasi melalui internet dapat menimbulkan kesalahpahaman, apalagi jika pesan yang Anda sampaikan kurang jelas dan Anda lambat meresponsnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu cepat tanggap dengan segala sesuatu.
Baca Juga: Lakukan 7 Kegiatan di Pagi Hari Ini Sebelum Berangkat Kerja
Nah, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda bekerja dari rumah. Terapkan tips tersebut agar produktivitas kerja tetap terjaga.