HomeTeknologiKetahui Cara Buat Akun Google Classroom dan Penggunaannya

Ketahui Cara Buat Akun Google Classroom dan Penggunaannya

Pada dasarnya, cara buat akun Google Classroom sangatlah bermanfaat, terutama untuk proses belajar mengajar secara daring.

Tentu kamu para pelaku usaha yang memiliki anak yang pernah bersekolah di masa pandemi sudah familiar dengan fitur ini.

Selain itu, pemanfaatan teknologi ini membuat institusi pendidikan mengambil langkah praktis dalam proses pembelajaran. 

Oleh karena itu, hal inilah yang membuat metode belajar online ini menjadi sebuah tren baru dalam dunia pendidikan.

Tak cukup sampai disitu saja, fitur-fitur dalam Google Classroom sendiri terbilang sangat lengkap untuk proses belajar mengajar.

Jadi, baik guru dan siswa tak perlu tatap muka langsung untuk aktivitas pendidikan.

Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom adalah sebuah fitur keluaran Google yang memungkinkan sebuah institusi pendidikan melakukan proses belajar mengajar, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Awal mula pemanfaatan fitur Google ini adalah pada masa pandemi Covid-19.

Berangkat dari peraturan pemerintah tentang aktivitas yang harus dirumahkan ini, membuat pemanfaatan Google Classroom semakin menjadi kebutuhan.

Selain itu, fitur-fitur yang terdapat di dalam media pembelajaran daring ini juga terbilang memadai.

Jika kamu memahami cara buat akun Google Classroom, maka kamu bisa mengakses fitur yang berupa Share Document, Face to Face Learning, Break Room, Excel, Word, dan lain sebagainya. 

Bahkan, dengan teknologi pembelajaran daring ini, kamu juga dapat melakukan ujian sekolah online, tanpa perlu aplikasi pihak ketiga, lho.

Manfaat Google Classroom Dalam Dunia Pendidikan

Setelah mengetahui pengertiannya dan sebelum masuk ke pembahasan cara buat akun Google Classroom, berikut ini adalah manfaat dari teknologi pembelajaran daring keluaran Google.

1. Pembelajaran Jadi Lebih Praktis

Tak bisa kita pungkiri, jika saat ini seluruh aktivitas, baik itu pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya dapat terlaksana secara daring. Tak terkecuali dengan penggunaan teknologi Google Classroom ini. 

Dengan menggunakan Google Classroom, maka proses belajar mengajar dapat terlaksana tanpa perlu bertatap muka langsung di sekolah maupun kampus. Hal inilah yang membuat teknologi pembelajaran daring ini menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih praktis dan efisien.

2. Melatih Murid Agar Terbiasa dengan Teknologi

Jika seorang murid telah mengetahui cara buat akun Google Classroom, maka ia telah berhasil menggunakannya dalam proses belajar. Selain itu, hal tersebut akan bermanfaat bagi si murid terutama dalam hal pemanfaatan teknologi. 

Tentu saja ini sangat bermanfaat, terlebih lagi semakin maju nya zaman, perkembangan teknologi telah mencakup ke dalam banyak unsur kehidupan. Tanpa terkecuali di dunia pekerjaan nantinya.

Dengan penggunaan Google Classroom ini, maka sama saja melatih anak didik untuk terbiasa dengan penerapan teknologi di dunia pekerjaan.

3. Mempermudah Guru Dalam Menyiapkan Materi Belajar

Metode pembelajaran tatap muka mengharuskan guru untuk menyiapkan materi belajar dengan cara yang sangat berbelit-belit. Diantaranya, guru harus menyiapkan lembar soal, fotocopy materi, dan berbagai macam keperluan materi belajar di kelas. 

Namun, jika guru tersebut menggunakan Google Classroom, maka hanya perlu menyiapkan materi dan menyimpannya dalam sebuah media penyimpanan di Google Classroom. Jadi, guru tidak perlu repot-repot mengcopy bahan materi belajar dan lembar soal untuk keperluan ujian serta penyampaian ilmu.

4. Menghemat Biaya Operasional Pendidikan

Tak hanya dalam hal pembelajaran dan penyampaian materi saja. Jika kamu mengetahui cara buat akun Google Classroom, maka biaya operasional pendidikan semakin hemat. Pasalnya, proses pembelajaran dilakukan secara daring. Jadi, baik murid maupun guru tidak perlu datang ke sekolah yang pastinya perlu ongkos biaya.

Bahkan, penghematan biaya operasional pendidikan ini juga bisa mencakup ke hal lainnya. Hal tersebut mencakup, penghematan biaya keperluan sekolah, uang saku siswa, dan berbagai biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan saat mengikuti proses belajar mengajar secara tatap muka.

Jadi, biaya untuk keperluan operasional ini bisa kamu alihkan guna pada keperluan lain yang lebih penting.

5. Proses Belajar Jadi Lebih Santai 

Metode pembelajaran online ini juga membuat proses belajar mengajar dan penyampaian materi menjadi lebih santai. Hal ini tentu saja berdampak positif bagi siswa, agar lebih fokus mengikuti pelajaran. Terlebih lagi bagi siswa yang cenderung lebih menyukai proses belajar secara individual daripada berkelompok.

Cara Buat Akun Google Classroom

Nah, itu dia pengertian Google Classroom dan apa saja manfaatnya dalam proses penyampaian materi belajar.

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan akun Google untuk metode belajar daring.

1. Masuk ke Google Classroom

Masuk ke Google Classroom

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat akun Google Classroom adalah dengan masuk ke situs pencarian dan masukan kata kunci Google Classroom

2. Lakukan Sign Up Atau Login

Lakukan Sign Up Atau Login

Setelah kamu berada di halaman utama situs Google Classroom, maka silahkan klik “Login”. Kemudian, akan muncul opsi “Login” dengan Google atau “Sign Up” untuk pembuatan akun baru. 

Biasanya, jika kamu telah memiliki akun Google dan browser kamu telah terhubung di dalamnya, maka secara otomatis kamu bisa membuat akun Google Classroom dengan cara klik “Login Via Google”. Jadi, kamu bisa langsung masuk ke dalam Classroom tersebut tanpa perlu mendaftarkan email atau Sign up akun.

Akan tetapi, jika kamu belum mempunyai akun email Google, maka kamu perlu membuat email Google terlebih dahulu, agar bisa mendaftar. Proses pembuatan email Google ini sangat mudah, kok. Kamu hanya perlu mengisi form dengan ketentuan Nama, Usia, dan memasukan Alamat email yang ingin kamu gunakan.

Jika kamu telah mempunyai akun email Google, maka kamu sudah bisa langsung mengakses Google Classroom secara penuh dengan berbagai fitur yang bermanfaat di dalamnya.

Fitur-fitur Dalam Google Classroom

Setelah mengetahui cara buat akun Google Classroom, berikut ini adalah beberapa fitur utama dari teknologi pembelajaran daring keluaran Google ini.

1. Share Document

Fitur Share Dokumen

Share Document adalah sebuah fitur di Classroom yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan dokumen di layar utama kelas, agar bisa dilihat oleh pengguna lain dalam ruang kelas. Fitur ini biasanya berguna untuk presentasi dan penyampaian materi pembelajaran.

2. Camera 

Fitur Camera

Seperti kebanyakan teknologi pembelajaran daring pada umumnya, akun Google Classroom juga mempunyai fitur Camera. Fitur ini berfungsi agar dalam proses belajar mengajar, baik guru dan siswa dapat melihat muka satu sama lainnya, seolah-olah sedang bertatap muka secara langsung.

3. Online Test

Fitur Online Test

Fitur utama yang paling bermanfaat terakhir dari Google Classroom adalah fitur Online Test. Dengan fitur ini, siswa bisa melakukan ujian secara daring kapan saja dan dimana saja. Selain itu, pembuatan bank soal juga bisa dilakukan langsung oleh guru di aplikasi Google Classroom dengan sangat mudah.

Sudah Paham Cara Buat Akun Google Classroom?

Sekian pembahasan lengkap tentang cara buat akun Google Classroom, pengertiannya, serta manfaatnya bagi dunia pendidikan.

Dengan perkembangan teknologi, kita jadi dapat terbantu untuk menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar teknologi, bisnis dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...