HomeMemulai BisnisCara Buka Usaha Ekspedisi J&T, Mudah Banget!

Cara Buka Usaha Ekspedisi J&T, Mudah Banget!

Maraknya usaha online saat ini juga memberikan dampak positif bagi bisnis lainnya yang juga mendukung perkembangan bisnis serupa. Tidak sedikit bisnis online yang saat ini mulai perlahan menjalin kerjasama dengan usaha ekspedisi sebagai pengembangan layanan dari bisnis online tersebut. Maka dari itu, J&T sebagai salah satu bisnis ekspedisi menjadi pilihan dari sekian banyak pemilik usaha online. Lantas bagaimana cara buka usaha ekspedisi J&T ini?

Sebagai sebuah bisnis ekspedisi newcomer, J&T membuktikan mampu menunjukan eksistensinya dan bersaing dengan bisnis ekspedisi serupa. Popularitas ekspedisi dan citra yang semakin baik di masyarakat juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemilik bisnis untuk memilih membuka franchise ini sebagai bisnis menjanjikan di masa mendatang.

Ekspedisi ini juga memiliki layanan maksimal yang bahkan mampu melayani di hari weekend dan hari libur, oleh karena itu banyak juga pengguna yang memilih ekspedisi ini untuk mempercayakan barang pesanan yang mereka beli di marketplace  untuk mengirimnya sesuai tujuan.

Bagi kamu yang sedang ingin merintis bisnis tanpa perlu memikirkan stok barang, maka salah satu cara paling tepat adalah membuka usaha ekspedisi ini. Namun sebelum mulai membuka bisnis, ada hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Berikut uraian lengkapnya untuk kamu.


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha J&T

Membuka suatu bisnis maka artinya kamu perlu melakukan persiapan yang matang dan berhati-hati dalam memilih strategi. Supaya tidak salah kaprah, maka sebelum menjadi agen ekspedisi ini kamu bisa memperhatikan beberapa hal penting yang menjadi syarat utama yang wajib untuk kamu penuhi terlebih dahulu.

Layaknya bisnis layanan lainnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti persyaratan cara buka usaha ekspedisi J&T dan juga besar cakupannya.

Cakupan Layanan

Kendati merupakan salah satu ekspedisi pendatang baru, namun terbukti sudah mampu mengembangkan bisnisnya dan memiliki cakupan layanan yang luas. Setidaknya ada sekitar 100 pusat gerbang ekspedisi ini di seluruh indonesia dengan 4.000 titik yang tersebar di seluruh kota.

Sebagai bisnis profesional, ekspedisi berlogo merah ini juga terus berusaha memberikan pelayanan sebaik-baiknya dengan memfokuskan layanan dan efisiensi. Maka tidak jarang banyak bisnis logistik yang saat ini terus bekerjasama dengan agennya di seluruh kota.

Persyaratan Menjadi Agen J&T Express

Apabila kamu salah satu yang ingin menjadi agen J&T, maka berikut ini sejumlah persyaratan yang perlu kamu ketahui dan persiapkan terlebih dahulu.

1. Syarat Dokumen

Salah satu cara dan syarat untuk membuka usaha ekspedisi J&T, tentu ada hal-hal yang bersifat administratif yang selalu kamu perlukan. Syarat dokumen ini sangat penting dan wajib untuk kamu lengkapi sebelum mulai membangun bisnis ekspedisi ini.

Untuk menjadi agen maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran agen atau bisa juga melalui aplikasi pengajuan untuk menjadi agen baru. Menggunakan aplikasi juga disarankan supaya kamu dapat melihat riwayat pengajuan.

Menyertakan kartu tanda penduduk (KTP) dan juga kartu nomor pokok waji pajak (NPWP). Untuk permintaan pengajuan juga perlu menyertakan foto 4×6 berwarna sebanyak 3 rangkap. Surat keterangan domisili usaha (SKDU) atau bisa juga menggunakan bukti pembayaran IMB.

Pastikan juga kamu sudah memiliki tempat khusus untuk menjadi calon kantor agen, dengan menyertakan foto outlet tersebut luar dan dalam, serta memberikan denah atau lokasi tempat outlet tersebut.

Memiliki komputer, printer dan juga timbangan digital. Usahakan timbangan tersebut yang setidaknya dapat kamu gunakan untuk menimbang 30kg. Akan tetapi, timbangan ini juga biasanya sudah disediakan pihak J&T. Namun apabila kamu sudah memilikinya akan lebih baik.

Untuk memenuhi dokumen tersebut sebaiknya usahakan menggunakan dokumen paling baru yang sudah di update. Misalnya ktp dan pas foto, sebaiknya menggunakan dokumen yang baru. Harapannya supaya kamu tidak kesulitan apabila di masa mendatang terjadi masalah seperti ketidakcocokan data.

2. Syarat Sumber Daya Manusia

Menjadi agen J&T express juga memiliki sejumlah persyarat lain yakni dari aspek sumber daya manusia. Ini penting untuk mewujudkan keseragaman seluruh ekspedisi J&T dari segala aspek dan detail kecil sekalipun, sebagai bagian dari SOP franchise tersebut.

Dalam membuka bisnis ini sebaiknya kamu mempersiapkan setidaknya 2 karyawan terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mempermudah pembagian jobdesk supaya bisnis dapat berjalan lancar dan mudah.

Usahakan mencari karyawan yang memahami penggunaan komputer, sebab dalam sehari-harinya bisnis ekspedisi ini akan selalu berhubungan dengan komputer untuk input dan mengolah data. 

Selain itu perilaku karyawan yang baik juga perlu kamu perhatikan, supaya dapat menjaga citra ekspedisi yang sudah terkenal baik selama beberapa tahun terakhir ini.

Kedisiplinan juga perlu kamu tanamkan pada seluruh karyawan untuk mempermudah pekerjaan dan agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

3. Sistem Pembayaran

Untuk pembayaran agen pada umumnya menggunakan sistem tunai, namun apabila kamu ingin membayar paket keagenan dapat juga melalui non tunai seperti transfer bank, atau menggunakan internet banking.

4. Syarat Lokasi

Selanjutnya cara untuk buka ekspedisi J&T ini, kamu perlu memenuhi syarat lokasi yakni sebuah outlet ekspedisi baiknya memiliki letak lokasi yang mudah akses untuk kendaraan besar roda 4. 

Hal ini karena saat melakukan pengiriman atau penerimaan barang pada umumnya akan menggunakan truk atau mobil box, sehingga apabila lokasi outlet berada di daerah yang sulit dijangkau, hanya akan menyusahkan proses pengiriman.

Pada lokasi outlet sendiri juga perlu mempersiapkan meja penerimaan dan juga kursi tunggu untuk para customer. Pastikan juga kamu memiliki banner terpasang atau papan nama dengan tiang supaya memudahkan para kurir dan juga customer yang ingin mengirimkan paket.

Sebuah outlet tidak harus besar, selama ada beberapa unsur tersebut dan juga selalu menjaga kebersihan maka tidak akan mencoreng nama baik agent.

Cara Buka Usaha Ekspedisi J&T Express

Setelah mengetahui persyaratannya, maka langkah selanjutnya untuk menjadi agen kamu perlu mendaftarkan atau mengirim pengajuan untuk pembukaan agen. Seperti yang telah tertulis diatas, ada berkas yang perlu kamu isi yakni formulir pengajuan. Selanjutnya kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih Paket Keanggotaan

Dalam menjadi agen, ada beberapa paket yang berbeda yang mampu kamu pilih. Paket ini nantinya memiliki bonafit sendiri yang berbeda sesuai penawarannya. Biasanya untuk menjadi agen, kamu dapat memilih paket dengan kisaran modal mulai dari 10 juta hingga 20 juta rupiah.

Apabila kamu telah memilih paket, kemudian pengajuan permohonan agen kamu telah disetujui oleh pihak pusat, maka kamu bisa membayar paket keagenan melalui transfer bank atau internet banking.

2. Hubungi J&T Express Provinsi

Dalam membuka cabang baru dan menjadi agen, perlu melakukan penyesuaian kebutuhan dalam setiap daerah dan kota. Sehingga untuk itu, kamu perlu menghubungi pihak ekspedisi tingkat provinsi untuk mengecek ketersediaan dan apakah kamu mendapat izin atau tidak.

Sebab, apabila kamu ingin membuka bisnis ekspedisi ini di daerah tinggalmu, dan rupanya sudah ada banyak cabang atau agen serupa maka ada kemungkinan outlet kamu tidak mendapatkan izin. Hal ini perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan pada setiap daerah.

Untuk mencari informasi lebih lanjut tentang agen provinsi kamu juga bisa mencari laman resmi mereka di internet.

3. Memenuhi Syarat Pembukaan Agen

Penting bagi calon agen baru untuk memenuhi syarat mutlak yang telah J&T berikan. Semua syarat perlu kamu persiapkan dengan baik mulai dari dokumen, sumber daya manusia, fasilitas, syarat lokasi outlet dan lainnya.

Sebab, pihak pusat ekspedisi akan langsung melakukan pengecekan outlet dan berkas-berkas lainnya untuk memastikan apakah calon agen sudah sesuai standar yang ada atau belum.

4. Melakukan Pendaftaran Pada Pengelola

Setelah mempersiapkan syarat dokumen maka kamu perlu mendatangi pihak agen terdekat untuk bertemu pengelola J&T yang secara khusus mengurus pendaftaran calon agen baru. Pastikan mempersiapkan semua syaratnya dengan baik supaya kamu mampu lolos menjadi agen.

Setelah pihak pengelola menyatakan bahwa kamu lolos seleksi, maka selanjutnya kamu akan mendapatkan pengarahan dan training tentang sejumlah SOP untuk agen ekspedisi. Pastikan bahwa kamu mengikuti semua prosedurnya dengan baik.

Atau selain itu kamu juga dapat menghubungi atau mencari informasi selengkapnya pada pihak pusat ekspedisi melalui email, nomor hp atau mendatangi lokasinya secara langsung yang berada pada jalan pluit selatan raya, Jakarta utara.


Mengapa Memilih Ekspedisi J&T?

Ada banyak jenis ekspedisi dan layanan pengiriman barang yang saat ini juga tidak kalah ramai, namun mengapa harus memilih ekspedisi J&T ini sebagai bisnis baru kamu?

Sebenarnya ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa kamu perlu memilih ekspedisi ini untuk menjadi ladang cuan jangka panjang. Berikut ini sejumlah keuntungan yang bisa kamu raih dengan membuka usaha J&T ini.

1. Perusahaan Terpercaya

Memilih perusahaan dengan kredibilitas yang baik dan terpercaya membuat bisnis kamu secara otomatis akan mendapatkan citra yang baik juga tanpa perlu memulai branding dari nol. Hal ini juga menjadi poin yang paling sering orang pertimbangkan ketika ingin mulai membuka sebuah franchise.

Kamu tentu tidak ingin membuka bisnis dengan image yang masih samar ataupun kurang baik, oleh karena itu dengan figur perusahaan yang baik dan juga terpercaya, kamu dapat secara otomatis memiliki bisnis yang sudah memenangkan banyak hati konsumen.

Selain itu, J&T juga merupakan bisnis ekspedisi yang termasuk jarang membuka agen baru secara umum dan cepat, sebab mereka akan sangat selektif terhadap agennya. Hal ini juga menjadikan kamu semakin spesial apabila nantinya terpilih dan lolos menjadi agen ekspedisi merah ini.

2. Tidak Perlu Promosi

Salah satu keuntungan lainnya dengan membuka bisnis ekspedisi ialah kamu tidak perlu susah payah melakukan stok dan belanja barang seperti saat kamu berbisnis waralaba. Serta kamu juga tidak memerlukan banyak promosi layaknya bisnis yang masih membutuhkan branding produk.

Sebab pada dasarnya bisnis ekspedisi ini adalah layanan jasa, sehingga kamu tidak perlu melakukan promosi. Terlebih lagi apabila kamu juga turut bekerjasama dengan platform e-commerce atau marketplace akan membuat bisnis otomatis menjadi semakin terkenal.

Ekspedisi ini juga telah terkenal dan tersebar hingga pelosok indonesia, oleh karena itu semakin memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Customer juga cenderung akan mencari bisnismu karena mereka otomatis akan membutuhkan jasa ekspedisi.

3. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ingin bergabung dalam kemitraan ekspedisi ini adalah karena keuntungannya yang cukup besar. Menjalankan bisnis ini artinya kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang akan memperbesar income kamu setiap bulannya. Dengan membuka usaha J&T ini kamu akan mendapatkan keuntungan sekitar 20% dari penghasilan total.

Hal ini tentu merupakan sebuah nilai yang cukup besar, sehingga tidak jarang banyak orang yang memilih bisnis ini sebagai penghasilan utama mereka. Alih-alih pusing memilih jenis bisnis apalagi untuk menambah penghasilan, maka menjadi agen ekspedisi ini akan jauh lebih mudah dan menguntungkan.

4. Harga Khusus

J&T juga bersedia memberikan penawaran yang baik bagi para calon agennya dengan memberikan harga khusus saat kamu telah tergabung dalam keanggotaan. Penawaran tersebut akan semakin memperbesar nilai keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Besar kecilnya pendapatan sebuah agen juga sangat bergantung pada seberapa banyak dan seberapa cepat kamu mampu mengirim dan menampung barang. Maka dari itu, sangat penting untuk dapat melihat peluang daerah kamu apakah membutuhkan agen ekspedisi atau tidak.

Kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan dan kebiasaan orang-orang yang berada di daerah tersebut. Jangan sampai hanya karena suatu daerah belum memiliki cabang atau agen ekspedisi maka kamu langsung membuka cabang disana.

Bisa saja hal tersebut terjadi karena memang orang-orang di sekitar sana tidak sering melakukan pengiriman barang apalagi belanja online. Sehingga hal tersebut akan sangat mempengaruhi pendapatan cabang kamu.

Selain itu untuk menjadi agen J&T ini sebenarnya membutuhkan modal yang tergolong miring. Pasalnya hanya dengan modal sekitar 12 juta kamu sudah bisa mendapatkan paket keanggotaan serta perlengkapan kebutuhan dan logistik utama seperti timbangan, seragam khusus dan lainnya.

Dengan detail lima juta rupiah sebagai deposit dan sisanya tujuh juta rupiah untuk biaya pembayaran administrasi dan juga perlengkapan. Sehingga setidaknya dengan modal sekian, kamu tidak membutuhkan pengeluaran lain lagi untuk kedepannya.


Sudah Tahu Cara Buka Usaha Ekspedisi J&T?

Melihat popularitas ekspedisi ini serta makin banyaknya agen yang bermunculan di setiap kota menunjukkan bahwa semakin berjalannya waktu akan semakin banyak lagi peminatan untuk menjadi agen ini.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam hal layanan juga seimbang dengan meningkatnya kebutuhan belanja mereka dalam kanal online, atau pun bisnis online yang kini juga semakin banyak. 

Oleh karena itu, kita dapat memperkirakan bahwa bisnis ekspedisi ini kedepannya akan terus mengalami peningkatan. Dengan cabang yang juga akan semakin banyak, maka saat ini menjadi kesempatan yang baik untuk ikut andil mengambil peluang dan menjadi agen selanjutnya.

Namun perlu kamu ingat, bahwa tidak sedikit orang yang juga ingin membuka cabang ekspedisi ini. Artinya akan ada kemungkinan munculnya cabang baru di daerah yang potensial. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk para calon agen melihat peluang setiap daerah mereka.

Perhatikan kebutuhans setiap daerah, lokasi mana yang sekiranya membutuhkan sebuah cabang ekspedisi dan lokasi mana yang tidak. Karena tidak semua lokasi yang masih sepi ekspedisi menjadi potensial.

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan persiapan matang sesuai syarat dan juga memperhatikan detail keperluan, untuk meminimalisir kendala yang mungkin akan muncul kedepannya. Dengan begitu apabila sudah menjadi agen kamu hanya perlu bersiap meraup keuntungan sebesar-besarnya. Selamat mencoba!


Temukan berbagai inspirasi ide bisnis dan cara memulai bisnis hanya di Entrepreneurcamp.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Jenis-jenis Kewirausahaan Ini Sebelum Memulainya!

Memiliki bisnis memang impian hampir semua orang. Namun tahukah kamu bahwa ada jenis-jenis kewirausahaan yang penting untuk diketahui? Selain membutuhkan skill, jiwa pantang menyerah, dan...

Pentingkah Membuat Jurnal Penghapusan Piutang dalam Perusahaan?

Dalam menjalankan bisnis, ilmu akuntansi merupakan fundamental yang perlu kamu ketahui bahkan kuasai. Banyak aspek dari ilmu tersebut yang akan membantu kamu menjalankan bisnis...

Pentingnya Tujuan Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing telah menjadi strategi pemasaran yang terkenal di masa kini. Banyak perusahaan memanfaatkan keuntungan yang diberikan dan berlomba-lomba dengan kompetitor untuk menjangkau lebih...

Pengertian Inventaris dan Manfaatnya dalam Mengelola Bisnis

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis, termasuk ketika melakukan pendataan inventaris. Hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Kamu mungkin...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!