Apa itu dropshipper? Mungkin sering kali terdengar bagi kita di era yang serba canggih ini. Seiring dengan perkembangannya, bermunculan pula berbagai macam profesi yang diadaptasi dari dunia bisnis online.

Apalagi melihat potensinya yang terus menguntungkan dari waktu ke waktu, berbisnis secara online semakin meyakinkan untuk dilakukan. Itu sebabnya dropship menjadi salah satu opsi bisnis online yang bisa dilakukan.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee dengan Mudah Tanpa Modal

Pada bisnis ini, pelaku usaha tidak perlu menyimpan barang den menyetoknya. Namun, cukup menjadi pihak yang meneruskan pesanan dari konsumen kepada penjual utamanya.

Jadi, tidak perlu repot-repot melakukan manajemen penyimpanan barang dan juga membeli stoknya.

Menarik bukan? Jika ingin mengenal lebih dekat tentang apa itu drophsipper, kami akan membahasnya di bawah ini. Yuk, simak bersama!

Baca juga: Cara Dropship di Tokopedia & Tips Sukses untuk Pemula


Apa Itu Dropshipper?

Sejatinya, dropshipper berarti adalah sistem bisnis di mana penjual barang menjualkan barang milik pihak lain. Pihak lain di sini adalah penjual utama, sehingga para dropshipper hanya perlu memasarkan saja tanpa harus membeli barang untuk menyetoknya.

Dropshipper sering kali disamakan dengan reseller, padahal sistemnya jauh berbeda. Reseller harus mengeluarkan modal untuk membeli barang dari penjual utama kemudian memasarkannya.

Sedangkan dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok barang dari penjual dan hanya perlu memasarkannya saja.  Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak yang meminati profesi dropshipper.

Baca juga: Dropship Tokopedia ke Shopee? Gampang Banget!


Alasan Dropshipper Diminati

Bisnis Yang Minim Resiko

Selain tidak memerlukan modal, bisnis dropship ini juga minim resiko. Alasannya, sebagai drophsipper kamu tidak perlu takut akan merasakan kerugian saat sudah stok barang namun ternyata harus dikembalikan oleh konsumen karena rusak.

Atau, saat stok barang masih banyak dan tren sudah berubah kamu juga tidak perlu bingung harus bagaimana mengelolanya karena itu sudah menjadi tugas para penjual utama. Melihat alasan tersebut, tentu saja dropship cocok untuk menjadi opsi bagi mereka yang termasuk pemula.

Baca juga: Cara Dropship Aliexpress ke Shopee

Tidak Butuh Banyak Aset

Selain mudah untuk dimulai oleh para pemula, bisnis dropship ini juga digemari karena tidak memerlukan banyak aset. Salah satunya, kamu tidak membutuhkan gudang penyimpanan barang karena sebagai dropshipper memang tidak diharuskan untuk memiliki stok.

Selain itu, kamu juga tidak perlu membentuk tim ahli dan membayar jasanya karena pemasaran dapat dilakukan sendiri. Cukup bermodalkan ketelitian dan kemauan untuk belajar marketing agar update dengan tren terkini, kamu langsung bisa berjalan sendiri dengan bisnis dropshipmu.

Baca juga: Tips Belajar Bisnis Digital, Cocok untuk Pemula

Memiliki Pilihan Produk Yang Luas

Lantaran tidak perlu tempat menyetok barang, kamu bebas menjual apa saja dengan bisnis dropshipmu. Pilihan produknya pun lebih luas dari model bisnis lainnya.

Pada bisnis dropship, kamu bisa menjual berabgai macam hal, mulai dari produk kecantikan, makanan, kebutuhan rumah tangga, hobi seperti olahraga, bahkan hingga aksesoris ibu dan anak.

Tak heran mengapa saat ini banyak yang tertarik dan mencari tahu apa itu dropshipper dan ingin memulai bisnisnya.

Baca juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

Fleksibilitas dan Efisiensi Waktu

Dari segi fleksibilitas dan efisiensi waktu, bisnis dropship sangat bisa menjadi opsi bagi kamu suka berbisnis dari mana saja.

Kamu tidak perlu diam di satu toko untuk menunggu pembeli dari pagi sampai malam, layaknya bisnis online pada umumnya dropship bisa dilakukan kapanpun dan dari manapun.

Sehingga bagi kamu yang memiliki kesibukan lainnya dapat melakukan keduanya secara bersamaan tanpa perlu mengganggu rutinitasmu.

Nah, sekarang sudah tergambar kan mengenai apa itu drophsipper? Apakah kamu sudah semakin yakin untuk memulai? Jika ingin lebih yakin lagi, KoinWorks siap membantumu untuk memulai bisnis dari sisi finansial.

Baca juga: 6 Peluang Bisnis Modal Smartphone yang Bisa Dicoba


Jika membutuhkan modal bisnis, kamu bisa langsung mengakses KoinBisnis untuk menikmati berbagai kemudahannya.

Melalui KoinBisnis kamu dapat melakukan pinjaman usaha online dengan limit hingga Rp 2 miliyar dan bunga cicilan terjangkau dari 0.75% – 1.67% per bulan.

Tidak perlu takut, karena KoinWorks telah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga pinjamannya terjamin keamanannya. Selamat mencoba!


Temukan berbagai informasi bisnis lainnya dan juga ide bisnis hanya di EntrepreneurCamp.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.