7 Cara Membangkitkan Semangat Kerja yang Sedang Menurun – Kehilangan semangat dalam bekerja bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pebisnis.

Semangat yang menurun bisa terjadi akibat kondisi bisnis yang sedang lesu, Anda sedang jenuh di kantor, Anda sedang mengalami stres kerja, atau Anda sedang malas karena baru selesai liburan.

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Hilang Semangat Kerja di Kantor

Apapun penyebabnya, Anda harus segera mengatasinya. Anda tidak boleh membiarkan motivasi hilang dari dalam diri Anda, karena akan membuat bisnis Anda terpuruk dan berantakan.

Untuk itu, berikut cara mengembalikan semangat kerja yang bisa dilakukan agar Anda kembali bergairah dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat


7 Cara Membangkitkan Semangat dalam Bekerja

1Jangan Biarkan Keadaan Menguasai Anda

anda tidak akan sukses jika masih melakukan hal ini
gambar: careerbuilder.com

Mood yang sedang tidak baik dapat membuat Anda kehilangan passion atau gairah untuk melakukan sesuatu. Anda jadi kewalahan dan merasa tidak sanggup lagi menjalankan pekerjaan Anda.

Namun, Anda sendiri yang paling berkuasa atas diri Anda. Anda harus mengontrol mood Anda. Jangan biarkan keadaan yang tidak baik mempengaruhi Anda untuk tidak bersemangat dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Ketakutan dalam Berbisnis yang Harus Dilawan Sebelum Bisnis Dimulai

2Kerjakan Tugas yang Ringan Dulu

ketakutan dalam berbisnis yang harus dilawan sebelum bisnis dimulai
gambar: entrepreneur.com

Ada banyak pekerjaan yang harus dibereskan. Ini membuat Anda semakin tertekan, karena semangat Anda mulai berkurang.

Solusinya, coba kerjakan tugas yang ringan duluan untuk mengumpulkan semangat yang mulai kendor. Kecuali, jika ada tugas berat yang mendesak dan mendekati deadline, maka fokuslah menyelesaikannya terlebih dahulu.

Baru kemudian, mulailah mengerjakan tugas yang ringan. Setelah itu, lanjut ke tugas yang lebih berat. Pilahlah tugas yang berat dan ringan dengan bijaksana.

Baca Juga: Inilah 7 Ciri-ciri Orang yang Gila Kerja, Apakah Anda Termasuk?

3Ingat Lagi Tujuan Anda

tujuan bisnis

Mengingat tujuan dapat menjadi cara membangkitkan semangat yang mulai rapuh. Anda akan termotivasi lagi untuk mengejar kesuksesan yang belum tercapai.

Maka dari itu, ingatlah kembali goals yang ingin dicapai. Apa visi dan misi Anda saat menjalankan bisnis. Ini akan mendorong Anda untuk kembali bergerak maju demi mewujudkan impian Anda.

Baca Juga: 3 Kesalahan Pebisnis yang Bisa Bikin Bisnis Stagnan

4Jangan Memperbesar Masalah

pengembangan bisnis - 2

Ada masalah sepele yang sebaiknya tidak Anda urusi. Hindari memperbesar masalah kecil, karena akan membuat Anda bertambah stres dan akhirnya tidak semangat dalam bekerja.

Ingat, Anda memiliki tim kerja yang bisa diandalkan. Jangan membuat semua masalah seolah menjadi beban Anda. Bagikan juga dengan bawahan Anda agar setiap masalah dapat diselesaikan bersama-sama.

Baca Juga: Stop Mengulangi Kesalahan yang Sama, 6 Kesalahan Ini Jangan Dilakukan Lagi!

5Tetap Berpikir Positif

cara membangun pikiran positif
gambar: smallbiztrends.com

Apapun usaha yang coba dilakukan akan sia-sia jika Anda cenderung berpikiran negatif. Hasil pekerjaan Anda jadi tidak maksimal karena pikiran yang buruk mempengaruhi cara kerja Anda.

Untuk itu, tetaplah berpikir positif apapun kondisi yang dialami. Berhenti menghakimi diri sendiri dan menyalahkan orang lain. Namun, fokuslah memperbaiki hal yang bisa dilakukan berikutnya.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

6Mensyukuri Hal-hal Kecil

tips menjaga work life balance agar anda sukses dan bahagia

Saat Anda sedang down, Anda cenderung mengeluh dan akhirnya membuat semangat menurun. Anda tidak menyadari kebaikan-kebaikan kecil yang terjadi dalam hidup Anda.

Padahal, bersyukur dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Tindakan Anda pun ikut menjadi positif karena Anda tahu akan ada banyak hal baik lainnya yang akan terjadi di kemudian hari.

Baca Juga: Jangan Dilakukan! 5 Kegiatan Saat Weekend yang Tidak Baik Bagi Pebisnis

7Menenangkan Diri Setelah Bekerja

manfaat me time atau waktu untuk diri sendiri setelah bekerja seharian

Tekanan kerja mungkin membuat Anda jadi kewalahan dan tidak bergairah. Setelah bekerja seharian, maka ambillah waktu yang cukup untuk menenangkan diri.

Penting membuat diri menjadi tenang agar Anda bisa lebih rileks menghadapi masalah. Untuk itu, lakukan hal yang membuat Anda nyaman untuk mengumpulkan kekuatan dalam diri Anda.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Karyawan Akan Resign Karena Sudah Tidak Betah Bekerja


Nah, itulah cara-cara membangkitkan semangat kerja yang mulai kendor. Ada kalanya Anda akan mengalaminya. Namun, segeralah mengembalikan motivasi yang hilang tersebut, sehingga bisnis Anda bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.