Berbisnis memang susah-susah gampang, sama halnya dengan cara membuat tagline.
Dalam berbisnis, banyak sekali sudut yang harus diperhatikan, mulai dari produksi, pemasaran, hingga strateginya.
Salah satu strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh para pebisnis untuk membuat produknya lebih dikenal adalah dengan melakukan promosi dan iklan.
Iklan yang dilakukan pun bisa melalui banyak platform dan luas jangkauannya.
Sehingga akan membuat produk lebih mudah dikenal.
Satu hal yang sangat lekat dengan iklan adalah tagline.
Kata-kata yang berupa slogan ini menjadi sebuah identitas akan brand tertentu supaya lebih mudah dikenal.
Biasanya, kata-kata ini mudah diingat dan berupa gagasan utama yang ingin disampaikan oleh suatu brand untuk produk tertentu.
Biasanya tagline tidak panjang dan cukup singkat.
Pastinya, kata-katanya terdengar cathcy dan lebih mudah diingat.
Kamu juga bisa kok membuat tagline sendiri untuk produk bisnismu. Berikut tips cara membuat tagline yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu.
Daftar Isi
Cara Membuat Tagline dengan Kata Yang Sederhana
Ketika ingin membuat tagline, penting bagi kamu untuk memilih kata yang sederhana.
Tujuannya adalah agar tagline yang kamu buat dapat langsung dipahami oleh audiensmu.
Penggunaan kata-kata yang sulit dimengerti hanya akan membuat kalimat tagline-mu menjadi tidak efisien.
Audiensmu akan sulit untuk mengerti dan malah membutuhkan pesan yang ingin disampaikan tidak dapat diterima dengan baik.
Pastikan kamu untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ya!
Buat Tagline Singkat
Selain pilihan katanya sederhana, penting juga untuk membuat tagline yang singkat untuk promosi produkmu.
Tujuannya agar pesan yang ada pada tagline-mu mudah untuk diingat dan dipahami.
Sebagai contoh, Nike dan tagline just do it-nya yang terlihat singkat pada dan jelas.
Tapi sangat lekat dengan identitas brand Nike yang memotivasi penggunanya untuk do whatever it is.
Begitu juga dengan produkmu, buat tagline yang singkat namun tersirat pesan yang dapat dipahami.
Tonjolkan Keunggulan Produkmu
Jika bicara soal promosi, tentu saja berkaitan dengan keunggulan produk yang kamu tawarkan.
Hanya saja cara mengemasnya berbeda-beda, seperti saat membuat tagline. Kamu perlu penyematkan keunggulan produkmu di dalam kata-kata sederhana yang kamu pilih agar tetap bermakna.
Untuk memulainya, kamu bisa me-list down dulu kira-kira apa saja yang menjadi keunggulan produkmu.
Setelah itu, kamu bisa melihat referensi dari kompetitor yang ada bagaimana mereka merepresentasikan kelebihan produknya melalui tagline.
Cara Membuat Tagline dengan Selipkan Humor
Humor adalah salah satu teknik yang paling mudah dan bersahabat untuk pendekatan. Semua orang suka humor, tak terkecuali audiensmu.
Untuk itu, menyelipkan humor ke dalam tagline-mu bukanlah ide yang buruk. Untuk cara membuat tagline dengan humor kamu perlu mencari jokes yang memberikan kesan baik untuk produkmu.
Jangan sampai malah terselip jokes yang memberikan kesan negatif dan malah menjadi bumerang pada produkmu.
Baca juga : Cara Membuat Akun Paypal Dengan Mudah Dan Cepat
Pastikan Tagline Fleksibel Untuk Dibaca dan Didengar
Seperti yang kita ketahui, tagline bisa diletakkan di mana saja.
Misalnya, layaknya iklan di televisi atau radio tagline akan berupa kata yang diucapkan secara verbal.
Jika dicetak ke dalam iklan baliho atau di banner maka tagline akan berbentuk tulisan. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat tagline yang fleksibel dibaca dan didengar.
Sebagai contoh, susu Dancow dengan tagline andalan dan legendarisnya aku dan kau suka Dancow. Dengan rima yang senada, tagline ini menjadi enak didengar dan juga ditulis.
Jadi, itu dia cara untuk membuat tagline yang bisa kamu ikuti sebagai pemula. Tidak sulit, bukan?
Pastikan juga kamu menggunakan Koinworks untuk membantu tumbuh kembang bisnismu.
Kamu bisa menikmati beragam kemudahan lewat aplikasi super financial pertama di Indonesia ini, mulai dari pinjaman modal usaha hingga tabungan emas.
Yang paling menguntungkan lagi, semua dapat kamu lakukan secara onlien langsung dari ponselmu!