Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google memiliki banyak produk dan salah satunya adalah Google Form. Produk ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan sehingga tidak heran banyak orang yang mempelajari cara membuat google form.

Cara membuat Google Form yang mudah membuat netizen bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan, mulai dari melakukan survei, mendukung proses akademis, hingga membuat formulir pendaftaran.


Apa Itu Google Form?

Google Form adalah layanan Google yang memungkinkan para penggunanya membuat survei atau fitur tanya jawab online yang bisa di-custom sesuai kebutuhan.

Kamu bebas mengatur format pertanyaan dan jawaban pada Google Form untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Layanan canggih nan praktis ini tergabung dalam rangkaian aplikasi kantor bersama sejumlah layanan lainnya, yaitu Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Cara membuat Form Google sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang belum pernah mencobanya sama sekali.


Bagaimana Cara Membuat Google Form?

Google form memiliki banyak sekali manfaat, untuk itu sebelum mempelajari cara membuat Google Formulir, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Gmail atau google bisnis dan login terlebih dahulu. Kemudian, proses membuat Google Form bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Masuk ke Halaman Google Form

Google Form
Sumber: Suara

Proses membuka halaman Google Form dapat dilakukan melalui URL Browser atau Google Drive. Jika kamu ingin membukanya melalui URL Browser, ketiklah form.google.com pada adress bar kemudian klik blank atau pilih template.

Sedangkan bila ingin membuka Google Form melalui Google Drive, masuklah ke Google Drive lalu klik New dan pilih opsi lainnya. Arahkan kursor ke kanan lalu klik Blank Form atau From A Template.


Mengubah Judul Form

Sumber: Liputan 6

Jika halaman Google Form sudah terbuka, kamu bisa memulainya dengan mengubah judul form. Klik bagian Untitled Form di kiri atas layar kemudian ketiklah judul baru yang kamu inginkan.


Mengganti Header Google Form

Cara Membuat Google Form
Sumber: Youtube

Agar tampilan Google Form jadi lebih menarik, kamu juga bisa mengganti tema headernya sesuai selera.

Klik icon palette pada halaman Google Form untuk memunculkan opsi Theme Option. Selanjutnya, kamu bisa memilih warna atau gambar yang kamu inginkan untuk menyempurnakan tampilan Google Form.

Kamu bisa membuat gambar sendiri untuk header Google Form dengan ukuran 1600 x 400 pixel. Bila kamu ingin memasukkan gambar pada header Google Form, klik opsi Choose Image lalu klik Upload.

Setelah proses memasukkan gambar header selesai, klik Done. Kamu juga bisa memilih satu dari empat jenis huruf untuk Google Form tersebut, yaitu Basic, Dekoratif, Formal, dan Playful.


Membuat Sejumlah Pertanyaan

Sumber: Kang Andi.net

Kemudian, cara membuat Google Form harus dilanjutkan ke proses inti, yaitu membuat sejumlah pertanyaan.

Ketiklah pertanyaan yang ingin kamu masukkan ke form pada kolom Untitled question yang sudah disediakan.

Kamu bisa memilih satu dari beberapa opsi jawaban, yaitu Multiple Choice (pilihan ganda), Checkboxes (kolom centang), Short Answer dan Paragraph (jawaban singkat dan paragraf), Dropdown, Linear Scale (skala linear), dan Date and Time (tanggal dan waktu).

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan tombol File Upload bila membutuhkan jawaban berupa unggahan foto atau dokumen dari orang yang mengisi Google Form.

Kamu juga bisa menambahkan video atau foto sebagai ilustrasi pelengkap pertanyaan pada Google Form. Caranya, klik icon menu di sisi kanan kemudian pilihlah jenis dokumen yang ingin ditambahkan.

Jangan lupa menambahkan judul dan deskripsi pada foto atau video tersebut. Kalau sudah selesai membuat satu pertanyaan, ulangi langkah-langkah tersebut hingga semua pertanyaan tercantum lengkap di Google Form.


Mengirim atau Membagikan Google Form

Sumber: WP Beginner

Setelah kamu menyelesaikan proses pembuatan formulir, klik tombol Send pada bagian pojok kanan atas halaman Google Form.

Kamu juga bisa mengirimkan Google Form ke email dengan memilih satu dari tiga opsi pengiriman (email, link, dan embed code) kemudian memasukkan subjek serta alamat email.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membagikan Google Form yaitu dengan menyalin link-nya agar link tersebut bisa disebarluaskan di media sosial atau via chat.


Memeriksa Hasil Survei di Google Form

Sumber: Zapier

Selain mempelajari cara membuat Google Form, kamu juga harus memahami cara memeriksa hasil surveinya.

Kamu hanya perlu masuk ke Google Form yang telah kamu buat kemudian klik opsi Response untuk melihat daftar jawaban serta grafiknya.

Kamu juga dapat mengakses spreadsheet Google Sheets yang berisi sebaran jawaban survei dengan cara klik Select Response Destination setelah mengklik opsi Response.

Semua data hasil survei yang telah terkumpul akan masuk ke spreadsheet tersebut secara otomatis.

Jika kamu sudah mengetahui cara membuat Google Formulir, kamu bisa menggunakannya secara mudah untuk mendukung bisnis.

Google Form bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan data peserta giveaway, membuat formulir registrasi, serta mengumpulkan kritik dan saran dari pelanggan.

Untuk mendukung bisnis semakin baik, pastikan untuk menambahkan lokasi usahamu di google maps. 

Hal ini bertujuan agar lokasi bisnismu mudah ditemukan oleh konsumen.

Selain itu, apabila kamu membutuhkan tambahan modal, tak perlu ragu!

Karena terkadang bisnis memang harusmenyiapkan tambahan modal yang memadai supaya bisa melakukan ekspansi bisnis dalam waktu dekat.


Soal urusan modal bisnis yang terbatas, kamu tak perlu khawatir. Sekarang, Koin Works berkomitmen membantu para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin.

KoinBisnis membuatmu lebih leluasa mengembangkan potensi bisnis semaksimal mungkin. Ekspansi bisnis bukanlah hal mustahil bila kamu sudah mengenal dan mengandalkan KoinBisnis.

Baca juga : Cara Membuat Akun Paypal Dengan Mudah Dan Cepat


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.