Ini Cara Mengirim Paket Lewat JNT yang Mudah dan Lengkap!

744
Ini Cara Mengirim Paket Lewat JNT yang Mudah dan Lengkap!

Saat ini, banyak orang mengirim barang melalui jasa J&T Express. Sebab, harganya terjangkau dan pengirimannya yang sering tepat waktu. Namun, bagaimana cara mengirim paket lewat JNT? Sebelum membahasnya, kamu perlu mengetahui syarat apa saja yang harus kamu patuhi untuk menggunakan jasa dari J&T ini.

Syarat Mengirim Barang Lewat JNT

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu patuhi jika akan mengirim paket lewat JNT:

  • Pihak pengirim harus mengemas barang sesuai dengan standar J&T. Tujuannya agar barang tetap aman dan tidak rusak. Pihak J&T tidak akan bertanggung jawab, jika terjadi kerusakan pada barang.
  • Jika pihak pengirim meminta pihak J&T untuk melakukan pengemasan, maka berat yang dihitung adalah barang setelah dikemas ulang.
  • Pihak pengirim harus memberikan data mengenai isi dan nilai barang yang sesuai. Jika barang tidak sesuai dengan data dan terdapat kerusakan, maka pihak pengirim yang harus bertanggung jawab.
  • Jika terdapat kerusakan barang yang disebabkan kurir J&T, maka pihak pengirim dapat mengajukan klaim garansi. Besaran ganti ruginya adalah maksimal 10x ongkir atau seharga barang yang rusak tersebut.
  • Pihak J&T tidak dapat mengganti rugi, jika kerusakan akibat kejadian di luar kendali.
  • Jika tidak ada laporan komplain setelah barang sampai pada alamat tujuan, maka pihak J&T menganggap bahwa proses pengiriman tersebut selesai atau tidak ada masalah.

Baca Juga: Cara Jemput Paket J&T, Tak Perlu Keluar Rumah

Cara Mengirim Paket Lewat JNT

Sebenarnya, cara mengirim paket lewat JNT cukup mudah. Adapun cara atau langkah-langkahnya pengirimannya adalah sebagai berikut:

1. Periksa dan Hitung Ongkos Kirim JNT

Dalam cara mengirim paket lewat JNT, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah memeriksa berapa jumlah ongkos kirim yang harus kamu keluarkan. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menyiapkan ongkos kirim tersebut sesuai dengan tarif yang dikenakan. Ada dua cara yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa ongkos kirim.

Pertama, kamu dapat menggunakan J&T Express yang tersedia di Google Play. Setelah berhasil kamu unduh, buka aplikasi tersebut, kemudian masuk pada menu Harga. Pada menu tersebut, masukkan beberapa informasi, seperti kota asal, tujuan, berat barang, hingga dimensinya. Tap tombol cari, maka ongkir akan muncul.

Kedua, melalui situs web J&T. Caranya adalah kunjungi jet.co.id/index/query/query.html Setelah itu, isikan kota asal, kota tujuan, hingga berat paket. Kamu juga dapat mengasuransikan barang dengan mencentang opsi Asuransi.

Selain itu, jika barang cukup besar, centang opsi Dimensi, kemudian isikan panjang, lebar, dan tinggi barang kamu. Klik Search, maka akan muncul informasi ongkos kirimnya.

2. Lakukan Packing Sesuai Standar dari J&T

Cara mengirim paket lewat JNT selanjutnya adalah melakukan packing barang dengan standar yang telah ditetapkan J&T. Jika kamu ingin mengirimkan barang, kamu harus mengikuti standar J&T di bawah ini.

a. Packing Barang Mudah Pecah dan Cairan

  • Ukuran kardus harus pas dengan barang.
  • Menggunakan lapisan PE foam di setiap sudut kardus untuk meredam benturan.
  • Melapisi barang dengan bubble wrap, agar barang tidak goyang.
  • Menggunakan kardus kuat dan tebal untuk membungkus barang.

b. Packing Barang Besar dan Panjang

  • Lapisi barang dengan plastik dan kardus yang tebal dan aman.
  • Gunakan juga bubble wrap, sebelum melapisinya dengan kemasan paling luar.
  • Memastikan pengemasan benar-benar rapat sampai barang tidak terguncang.

c. Packing Barang Elektronik

  • Wajib menggunakan kemasan ganda (bagian dalam dan luar) dengan bahan kardus atau kayu.
  • Lapisi dengan bubble wrap sebanyak 3 sampai 5 lapis yang direkatkan sesuai dengan ketahanan barang.
  • Berikan juga PE foam di setiap sisi kemasan untuk meredam setiap benturan pada proses pengiriman.
  • Ukuran boks kardus harus fit atau pas dengan ukuran barang.

3. Menuliskan Alamat Pengiriman

Jika telah dikemas dengan standar yang ditetapkan, cara mengirim paket lewat JNT selanjutnya adalah menuliskan alamat atau tujuan pengiriman barang. Berilah label pengiriman, seperti berikut:

  • Tulis alamat pengiriman dan penerima barang yang akan kamu tuju dengan lengkap dan jelas. Berilah detail mengenai tempat tujuan, seperti patokan agar paket lebih cepat sampai.
  • Tempelkan label pengiriman pada permukaan yang rata dan lapisi dengan selotip bening. Tujuannya agar label tidak rusak.
  • Tempelkan label dengan baik dan pastikan agar tidak terlipat atau menggelembung.

Tips cara mengirim paket lewat JNT di atas sebaiknya kamu lakukan agar ketika proses pengiriman, kurir akan lebih mudah untuk menemukan alamat yang kamu tuju. Jika terjadi masalah seperti alamat yang tidak lengkap atau tidak terbaca karena luntur atau buram, maka kurir akan mengembalikan barang ke alamat pengirim.

4. Cari Drop Point J&T Terdekat

Cara mengirim paket lewat JNT berikutnya adalah pergi mencari drop point atau cabang J&T Express yang berada di lokasi terdekatmu. Kamu bisa mencari drop point J&T melalui bantuan dari aplikasi Google Maps. 

Caranya, cukup ketikan J&T terdekat pada kolom pencarian, maka akan muncul beberapa lokasi drop point yang ada di daerahmu.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan situs resmi dari J&T Express untuk mencari lokasi drop point terdekat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi halaman jet.co.id/finddroppoint
  • Ketik nama kota atau kabupaten tempat kamu tinggal di kolom pencarian. Pilih lokasi yang sesuai.
  • Kemudian, klik tombol Search, lalu akan muncul peta dan daftar agen J&T terdekat. Di sana kamu akan menemukan nama agen, alamat, nomor kontak, dan jam operasinya.

5. Pilih Layanan J&T

Memilih layanan J&T yang akan kamu gunakan adalah cara mengirim paket lewat JNT berikutnya. J&T memiliki beberapa layanan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa layanannya.

  • Regular (J&T EZ): Estimasi waktu 2-3 hari dengan cakupan wilayah seluruh Indonesia.
  • Economy (J&T ECO): Estimasi waktu 5-14 hari dengan cakupan wilayah mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.
  • J&T Super:  Estimasi waktu 1-2 hari dengan cakupan wilayah mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Batam.

6. Melacak Pengiriman Barang J&T

Cara mengirim paket lewat JNT yang terakhir adalah melakukan cek resi atau pelacakan paket yang telah kamu kirim. Setelah melakukan proses pembayaran, maka kamu akan mendapatkan nomor resi J&T. Namun, kamu dapat mengeceknya setelah 1 hari pengiriman, karena sebelumnya data akan diinput terlebih dahulu.

Cara melacaknya ada dua, yang pertama adalah dengan aplikasi J&T Express. Caranya, yaitu dengan masuk ke aplikasi tersebut, masuk ke menu Tracking. Lalu, masukkan nomor resi J&T pada kolom pencarian. Kemudian tap Cari.

Kedua, kamu dapat melakukan pelacakan paket lewat website JnT. Caranya, kunjungi halaman jet.co.id/track, masukan nomor resi J&T pada kolom pencarian. Jika lebih dari satu nomor resi, jangan lupa untuk memisahkan beberapa nomor dengan tanda koma (,). Klik Search, selesai.

Baca Juga: Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya

Sudah Mengerti Cara Mengirim Paket Lewat JNT?

Meski terdiri dari beberapa langkah, cara mengirim paket lewat JNT ini dapat kamu lakukan dengan mudah. Selain itu, patuhi syarat dan ketentuan pengiriman J&T, agar paket kamu aman sampai tujuan. Jangan lupa gunakan asuransi untuk memudahkan proses klaim garansi jika terjadi kerusakan!