Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya

1311
Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya

Kamu pasti sudah tidak asing dengan perusahaan satu ini. JNT adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi. Kehadiran J&T tidak lepas dari perkembangan zaman yang kemudian berdampak ke gaya hidup masyarakat. Yuk, cari tahu sejarah, layanan, hingga kelebihannya di sini!

Apa Itu JNT?

JNT adalah perusahaan ekspedisi atau pengiriman cukup populer di Indonesia, di mana perusahaan ini menawarkan jasa pengiriman berbagai barang dengan jaringan yang sangat luas, yaitu untuk seluruh wilayah Indonesia. 

Kamu dapat mengirimkan barang bukan hanya antar kota saja. Bahkan antar provinsi dan pulau sekalipun pun bisa perusahaan ini layani. Selain itu, JNT juga memberikan banyak layanan menarik untuk semakin membantu meringankan kebutuhan para penggunanya, seperti adanya fitur tracking.

Sejarah JNT

J&T adalah perusahaan yang terbentuk melalui proses serta etos kerja yang tinggi sehingga membuatnya menjadi jasa ekspedisi terkenal hingga sekarang. JNT sendiri berdiri pada 20 Agustus 2015. Seseorang yang memiliki peran penting atas berdirinya perusahaan tersebut serta merupakan pemiliknya adalah Jet Lee.

Perusahaan yang mempunyai nama official PT Global Jet Express tersebut beroperasi kurang lebih sebulan sejak berdiri pertama kali, lebih tepatnya pada September 2015. Kantor pusatnya sendiri ada di sekitar Pluit, Jakarta Utara.

Perkembangan JNT yang cukup pesat tidak lepas dari koneksi yang dimiliki Jet Lee yang sebelumnya memang merupakan CEO dari Oppo Indonesia. Bahkan uniknya lagi, Tony Chen yang merupakan founder Oppo malah tidak segan untuk memberikan investasi dengan nominal sangat besar. 

Investasi tersebut bahkan mencapai ratusan miliar rupiah. Oleh karena itu, nama dari J&T sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Jet & Tony. Kemunculan perusahaan ekspedisi ini sendiri disebabkan oleh dunia logistik yang ada di Indonesia yang tertinggal serta belum maksimal pada saat itu.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Ekspedisi J&T, Mudah Banget!

Layanan JNT

Kamu telah memahami sekilas tentang pengertian dan sejarah dari perusahaan ekspedisi PT Global Jet Express. Maka, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa layanannya. Berikut adalah beberapa layanan menarik dari JNT:

1. J&T Super (Cepat)

Layanan ini membuat proses pengiriman barang sangat cepat. Hanya memerlukan waktu antara 1 sampai 3 hari. Karena estimasi waktunya lebih cepat maka biaya ongkirnya cenderung lebih mahal.

Meskipun demikian selisih biaya pengirimannya tidak jauh berbeda dari layanan yang lain. Namun untuk J&T Super (Cepat) ini hanya berlaku di beberapa wilayah saja, seperti:

  • Jawa
  • Bali
  • Kalimantan
  • Sumatera
  • Batam
  • Sulawesi

2. J&T EZ (Reguler)

Berikutnya ada layanan yang menawarkan biaya ongkir standar. Estimasi pengiriman barang berlangsung antara 2 sampai 5 hari. Kelebihan layanan J&T EZ ini, yaitu jangkauannya yang luas mencakup seluruh wilayah Indonesia. 

3. J&T ECO (Ekonomi)

Sesuai namanya, layanan ini termasuk paket ekonomi dengan biaya paling murah. Karena harganya yang murah tidak heran jika proses pengirimannya cukup lama. Estimasi barang yang kamu kirim menggunakan layanan tersebut mulai 5 sampai 14 hari.

Selain itu, J&T ECO tidak tersedia untuk seluruh pulau di Indonesia. Hanya beberapa pulau saja yang mendukung layanan ini, seperti Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen Lion Parcel: Cepat, Gratis dan Mudah!

Kelebihan JNT

Bagaimana dengan kelebihan PT Global Jet Express? Beberapa kelebihan JNT yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Jangkauan Luas Seluruh Indonesia

Mempunyai cakupan di seluruh Indonesia juga menjadi kelebihan J&T. Jasa ekspedisi tersebut hadir mulai Sabang hingga Merauke. Semua barang bisa kamu kirimkan ke daerah-daerah tersebut, sehingga kamu tidak perlu berpikir untuk menggunakan jasa yang lain.

Bahkan kamu yang mungkin ingin mengirimkan barang dari dan ke wilayah pelosok sekalipun, akan tetap bisa perusahaan jangkau. Inilah yang membuat perusahaan ini berkembang pesat dan namanya tidak bergeser meskipun banyak jasa ekspedisi lain bermunculan.

2. Adanya Tracking atau Pelacak Tepat Waktu

Melalui sistem tracking JNT, baik pengirim maupun penerima dapat mengetahui kira-kira di mana lokasi barang atau paket yang mereka kirimkan. Selain itu, mereka juga bisa tahu perkiraan tanggal kapan barang tersebut bisa sampai ke tempat tujuan. 

Tentunya proses tracking tersebut berlangsung secara online. Jadi, setiap orang dapat mengecek barang yang mereka kirimkan atau terima kapan saja. Selain itu, sistem pelacakan milik J&T cenderung lebih detail dari jasa kurir yang lain.

Perusahaan JNT sendiri menyebut sistem andalannya sebagai Real Time Tracking System. Sebuah sistem yang benar-benar sangat membantu sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan JNT dari pada jasa ekspedisi lainnya.

3. Layanan 24 Jam

Layanan berikutnya yang juga menjadi andalan JNT adalah service 24 jam non stop. PT Global Jet Express sendiri selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi siapa pun yang mempercayakan produk atau barangnya lewat jasa mereka.

Bahkan di hari libur, tanggal merah, serta cuti sekalipun aktivitas tetap berlangsung. Kamu tidak perlu khawatir pada saat berbelanja online. Karena J&T akan tetap bekerja melayani dan mengirimkan barang kapanpun sehingga barang dapat sampai secara on time.

3. Ongkir Terjangkau

Kelebihan selanjutnya dapat kamu lihat melalui biaya ongkos kirim alias ongkir. Biasanya ongkir lebih mahal dari harga barang itu sendiri sehingga membuatmu berpikir dua kali sebelum membeli barang secara online

Namun, jika memakai J&T kamu tidak perlu mengeluarkan ongkir terlalu besar. Karena harga yang ditawarkan cenderung terjangkau. 

4. Tersedia Asuransi

JNT adalah perusahaan yang juga menghadirkan layanan asuransi. Kamu bisa mengklaim asuransi tersebut, misalnya ketika barang yang kamu kirim atau beli mengalami kendala selama di perjalanan. Mungkin barangmu tersebut pecah atau bahkan hilang.

Pihak J&T siap memberikan ganti rugi sesuai dengan barang yang kamu beli. Namun, akan ada syarat serta ketentuan berlaku. Maka dari itu, pastikan kamu telah membaca serta memahami cara klaim dan syarat-syaratnya. Sehingga klaim yang kamu ajukan nanti bisa diterima.

5. Memiliki Relasi Terbaik untuk Infrastrukturnya

JNT menggandeng pihak-pihak terpercaya ketika ingin membangun infrastrukturnya. Perusahaan jasa satu ini telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti:

  • Garuda Indonesia Cargo, terkait pengiriman lewat jalur udara.
  • Asperindo, asosiasi perusahaan yang juga bergerak di bidang pengiriman.
  • idEA atau Indonesia E-commerce Association, sebuah asosiasi E-commerce di seluruh Indonesia.
  • Kerja sama dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain sehingga semakin meningkatkan perkembangan dan popularitas perusahaan.
  • Bahkan pada Maret 2018, PT Global Jet Express semakin melebarkan sayapnya dengan hadir di Malaysia dan Vietnam.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen Sicepat, Mudah dan Tanpa Ribet!

Sudah Tahu Apa itu JNT dan Layanannya?

Kesimpulannya, JNT adalah perusahaan ekspedisi terpercaya dengan proses pengiriman cepat. Layanan yang tersedia juga sudah terbukti kualitasnya dan menunjukkan bahwa perusahaan ekspedisi ini bekerja untuk kepuasan pelanggan. Yuk, pilih J&T dan pasti barangmu terjamin sampai ke alamat tujuan!