Memiliki website untuk toko online saja tidak cukup, kamu harus berupaya mencari cara meningkatkan traffic website tersebut agar popularitas toko onlinemu meningkat.

Website merupakan salah satu sarana digital yang penting untuk menunjang bisnis online.

Toko online yang memiliki website akan dianggap lebih kredibel dan profesional.

Jika kamu memiliki toko online di marketplace, maka sebaiknya kamu juga memiliki website untuk menunjang bisnis tersebut.

Cara meningkatkan traffic web sebenarnya tidak sulit jika kamu konsisten mempelajari dunia digital.

Sayangnya, banyak orang tak sabar mengelola website toko online hingga membiarkannya terbengkalai begitu saja.

Kalau kamu sedang mengelola website toko online, sebaiknya kamu menyimak ulasan tentang cara meningkatkan traffic pengunjung berikut ini agar websitemu semakin banyak dikunjungi netizen:


1. Meningkatkan Traffic Website dengan Integrasi Media Sosial

Cara Meningkatkan Website Traffic
Sumber: Help Desk Direct

Cara meningkatkan traffic website pertama yang harus kamu lakukan adalah mengintegrasikan website dengan media sosial.

Sehingga netizen di media sosial bisa mengakses website toko onlinemu secara praktis hanya dengan satu kali klik.

Jangan lupa memasang link website di profil Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

Kamu juga bisa memasang link menuju akun media sosial bisnis pada website sehingga website dan media sosial saling terintegrasi satu sama lain.

Integrasi website dan media sosial mempermudah netizen yang tergugah mencari tahu produk-produk toko online-mu.

Peluang mendapatkan order dari netizen pun akan bertambah besar.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram yang Tepat untuk Konten Bisnismu


2. Membuat Website Yang Nyaman untuk Dikunjungi

Cara Meningkatkan Website Traffic
Sumber: Nuevo App

Website yang user-friendly tentu lebih menarik untuk dikunjungi daripada website yang dibuat seadanya.

Mewujudkan website yang user-friendly merupakan cara meningkatkan trafik web yang efektif.

Beberapa hal yang patut kamu lakukan untuk membuat website user-friendly adalah:

  • Memperbaiki tampilan website agar nyaman diakses melalui smartphone (mobile friendly) karena sekarang mayoritas netizen menggunakan smartphone untuk mengunjungi website secara praktis.
  • Memastikan bahwa website dapat diakses dalam waktu singkat (proses loading tidak lama). Website yang lemot hanya akan membuat netizen memutuskan beralih karena tak sabar menunggu.
  • Menyiapkan user interface yang simpel agar mudah diakses sekaligus tetap menarik. Jangan sampai netizen malas mengakses website hanya karena tampilannya dianggap mengganggu.
  • Menambah berbagai fitur yang berhubungan dengan bisnis online, misalnya fasilitas keranjang belanja, kode promo yang up to date, dan tombol checkout. Fitur-fitur bermanfaat tersebut membuat netizen bisa langsung berbelanja di website tanpa harus mengunjungi marketplace atau melakukan kontak jalur pribadi (japri) terlebih dahulu.

Baca juga: Apa itu GDN (Google Display Network)?


3. Melakukan Update Produk di Website Secara Teratur

Cara Meningkatkan Website Traffic
Sumber: Tokey Club

Kesibukan mengurus bisnis online di media sosial sering membuat seseorang lupa memperbarui informasi di website.

Padahal, melakukan update produk di website adalah salah satu cara meningkatkan traffic pengunjung.

Sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk melakukan update produk sehingga netizen yang singgah ke websitemu jadi lebih tertarik dengan produk yang kamu sediakan.

Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online


4. Mengunggah Konten yang Menarik

Cara Meningkatkan Website Traffic
Sumber: Techno FAQ

Cara meningkatkan traffic website bisnis online juga tak lepas dari konten-konten yang menarik.

Selain mengunggah produk, kamu juga harus kreatif membuat konten yang berhubungan dengan bisnismu.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website melalui konten, yaitu:

  • Memuat konten-konten yang berhubungan dengan bisnis onlinemu, misalnya website yang menjual produk kuliner mengunggah konten seputar tips kuliner, pola makan sehat, dan rekomendasi wisata kuliner.
  • Mengunggah konten baru di website secara teratur agar netizen bisa mendapatkan informasi up to date secara berkala. Kamu tak harus membuat konten baru setiap hari, tetapi setidaknya kamu harus menyiapkan konten secara konsisten (misalnya dua kali seminggu).
  • Menghubungkan konten di media sosial dengan website supaya lebih mudah diakses. Misalnya, kamu memuat konten audio visual di Youtube dan Tiktok sehingga netizen tergugah untuk langsung mencari info produknya di websitemu.
  • Mengikuti tren konten yang sedang viral. Usahakan untuk membuat konten-konten baru yang berhubungan dengan tema viral sehingga netizen tergugah menyaksikannya.
  • Memanfaatkan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar konten website muncul pada posisi teratas di mesin pencarian. Teknik SEO sederhana yang bisa kamu terapkan adalah membuat konten dengan kata kunci yang sering digunakan di mesin pencarian secara konsisten.

5. Mencantumkan Testimoni Positif dari Para Pelanggan

Sumber: NSPL RTC

Tak banyak orang yang menyadari kalau testimoni positif juga menjadi salah satu cara meningkatkan traffic pengunjung website.

Jangan ragu mencantumkan testimoni positif dari para pelanggan tentang bisnismu, terutama testimoni dari publik figur (selebriti, tokoh masyarakat, seleb Tiktok, atau selebgram).

Selain efektif meningkatkan traffic website, cara ini juga bermanfaat untuk menggugah rasa keingintahuan netizen tentang bisnismu.


6. Memasang Iklan di Internet

Sumber: Sempad

Kamu bisa memanfaatkan native advertising sebagai cara meningkatkan traffic website tanpa mengganggu netizen.

Beberapa format native advertising yang cocok untuk meningkatkan popularitas website toko online adalah sebagai berikut:

  • In-ad with Native Elements: Tampilan jenis iklan ini sengaja dibuat menyatu dengan layout website sehingga tidak membuat pengunjung website tidak terganggu.
  • Content Recommendation Engine Widgets: Native ads ini biasanya muncul di bagian bawah website atau di akhir artikel dengan ciri khas tulisan “direkomendasikan untuk Anda”. Konten yang direkomendasikan biasanya masih berkaitan dengan tema artikel utama yang baru dibaca.
  • Paid Search Ads: Salah satu ciri paid search ads adalah label Ads atau Sponsored ketika kamu netizen melakukan pencarian dengan keyword tertentu. Iklan ini akan muncul pada hasil pencarian teratas sehingga tampak sangat mirip dengan konten organik.

Baca juga: Native Advertising: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya


Nah, kini kamu tahu kan kalau cara meningkatkan traffic pengunjung website toko online tidak sulit asalkan kamu melakukannya secara konsisten.

Mulai sekarang, kamu mesti giat mengembangkan website sambil menyiapkan modal bisnis yang memadai agar bisa melakukan ekspansi.

Masalah modal tak akan jadi kendala besar lagi karena kamu bisa memanfaatkan KoinBisnis, fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang sudah mendapatkan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

KoinBisnis memiliki banyak keunggulan yang tidak ditawarkan fasilitas pinjaman sejenis, antara lain nilai pinjaman yang bisa mencapai 2 miliar rupiah, bunga cicilan rendah (0,75%-1,67% per bulan), proses persetujuan instan, dan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan bank atau toko online.

Segala kemudahan yang disiapkan KoinBisnis akan mendukung kelancaran bisnismu.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.