5 Cara Menolak Pendapat Karyawan Tanpa Menyakiti Perasaannya – Sebagai seorang pemimpin, Anda berwenang untuk mengambil keputusan. Tapi tidak semua orang akan setuju dengan Anda.

Saat melangsungkan rapat, mungkin ada karyawan yang memiliki pendapat yang berbeda. Anda tentu akan memberikan kesempatan padanya untuk menyatakan pemikirannya.

Baca Juga: 8 Bentuk Apresiasi kepada Karyawan yang Bisa Anda Tunjukkan

Namun, setelah Anda mendengar opininya, bagaimana cara menyanggah yang baik agar karyawan tidak merasa sakit hati? Anda harus bisa menjaga sikap agar karyawan juga tetap respek dengan opini Anda.

Nah, berikut beberapa cara mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap karyawan yang sebaiknya Anda praktikkan di lingkungan kerja Anda.

Baca Juga: 8 Cara Bijak Menerima Kritik dari Orang Lain


5 Cara Menolak Pendapat Karyawan dengan Baik

1Dengarkan Dulu Sampai Selesai

contoh pemimpin yang memiliki sikap empati di lingkungan kerja

Anda harus senang jika karyawan mau aktif berdiskusi saat rapat, daripada hanya pasif dan menerima semua keputusan tanpa memberikan masukan apapun.

Untuk itu, biarkan karyawan menyampaikan pendapatnya sampai selesai. Jangan memotong pembicaraannya dan hargai keberaniannya dalam menyampaikan isi pikirannya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Karyawan Anda adalah Orang yang Dapat Dipercaya

2Jangan Menyerang Personal

cara menghadapi karyawan nakal dan sulit diatur
gambar: bizjournals.com

Jangan Anda tidak setuju hanya karena ada masalah pribadi dengan karyawan. Apalagi sampai mengucapkan kalimat yang menyinggung perasaan, karena hal tersebut akan menciptakan perselisihan yang panjang.

Jika karyawan sudah sakit hati, mereka akan kehilangan motivasi untuk bekerja. Akibatnya, kinerja akan menurun atau mereka segera berhenti dan pindah kerja ke perusahaan lain.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

3Perhatikan Pemilihan Kata yang Sopan

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Cara menolak pendapat karyawan harus hati-hati. Anda mungkin tidak bermaksud untuk menyakiti karyawan Anda. Namun, jika pemilihan kata kurang tepat, maka karyawan juga dapat tersinggung.

Untuk itu, pikirkan kata-kata yang sopan tapi tegas saat ingin ingin menyanggah pendapatnya. Sehingga tidak ada masalah pribadi dan kesalahpahaman yang timbul setelah rapat.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Introspeksi Diri Sendiri Bagi Pebisnis

4Temukan Hal Positif dalam Pendapatnya

cara mengetahui apakah karyawan anda adalah orang yang dapat dipercaya

Jarang sekali karyawan akan sengaja memberikan pendapat yang buruk. Mereka juga punya ide yang bagus dan ingin perusahaan bisa menerapkan idenya demi kebaikan bersama.

Untuk itu, coba temukan bagian yang Anda sukai dari semua pendapatnya. Kemudian, jelaskan padanya bahwa Anda tidak setuju pada bagian ini, tapi pada bagian yang lain Anda menyetujuinya.

Setelah itu, Anda bisa mengembangkan ide dari karyawan tersebut dan juga menggabungkan ide yang Anda miliki. Diskusi pun akan terasa lebih berbobot.

Baca Juga: 8 Cara Menginspirasi Karyawan Agar Bisa Selalu Kreatif dan Produktif

5Gunakan Fakta dalam Berargumen

selain gaji, ini hal yang mempengaruhi kenyamanan kerja karyawan - Agar Lebih Dihargai Orang Lain di Kantor, Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari
gambar: kenh14cdn.com

Selain itu, gunakan data dan informasi yang terpercaya saat mendiskusikan masalah bisnis. Anda harus fokus pada fakta dalam menyampaikan dan mempertahankan argumen Anda.

Sehingga karyawan dapat menerima penolakan Anda dan memahami apa yang Anda sampaikan. Proses diskusi pun menjadi lebih efektif untuk mencari solusi bersama.

Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja


Nah, itulah cara menolak pendapat karyawan dengan baik tanpa menyakiti perasaannya. Semoga dapat diterapkan oleh Anda saat sedang bertukar pikiran dengan karyawan.

Ingat, ketidaksepakatan tidak bisa dihindari. Namun, akan selalu ada cara untuk menyajikan argumen Anda dan menyanggah pendapat orang lain dengan cara yang efektif, profesional, dan juga sopan.