HomeIde BisnisApa Saja Contoh Wirausaha yang Berprospek Bagus Saat Ini?

Apa Saja Contoh Wirausaha yang Berprospek Bagus Saat Ini?

Contoh wirausaha apa saja yang menjanjikan untuk dicoba?

Saat ini, ada berbagai macam cara untuk mulai menghasilkan uang sendiri. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis kecil-kecilan secara mandiri.

Dengan memiliki bisnis sendiri, kamu bisa menghasilkan uang dan belajar mengelola bisnis sendiri. Untuk itu, simak beberapa contoh wirausaha yang berprospek di bawah ini.

Contoh Wirausaha yang Punya Prospek Bagus Saat Ini

Contoh ide bisnis berikut ini sangatlah menarik dan memiliki prospek yang bagus pada masa kini dan dapat bertahan dalam jangka waktu panjang. Sehingga bisa terus kamu kembangkan dan keuntungannya sendiri akan semakin meningkat. 

Walaupun berawal dari keisengan, tapi bisnis yang kamu mulai ini bisa jadi semakin besar dan menjadi bisnis andalanmu nantinya.

Nah, untuk memulai bisnis wirausaha, hal pertama yang harus kamu tentukan adalah ide atau peluang bisnisnya.

Berikut ini terdapat beberapa ide wirausaha yang bisa kamu coba. 

Yuk, simak bersama!

1. Bisnis Katering Makanan Sehat

Contoh wirausaha pertama yang sampai saat ini masih terus berprospek adalah bisnis katering makanan sehat. Makanan sehat menjadi hal yang paling banyak diminati oleh orang-orang pada saat ini.

Sekarang ini, banyak orang mulai sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Nah, melihat peluang semacam ini, kamu bisa mencoba membuka bisnis katering makanan sehat dengan modal seminimal mungkin.

Kamu bisa menawarkan berbagai varian menu makanan sehat kepada para pelanggan. Sehingga mereka tidak akan merasa bosan dan prospek bisnis milik kamu akan terus membaik dari waktu ke waktu.

2. Jual Minuman Kekinian

Contoh wirausaha yang tidak kalah menarik adalah bisnis minuman kekinian. Bisnis minuman memang tidak akan pernah ada matinya. Apalagi dengan kondisi cuaca di Indonesia yang sangat panas pada saat siang hari membuat orang-orang tidak akan bisa menolak dari yang namanya minuman segar.

Nah, agar bisnis milik kamu ini bisa memiliki prospek yang bagus, kamu bisa membuka bisnis dengan ide minuman kekinian yang pastinya menyasar kalangan anak muda sebagai target pasarnya.

Minuman kekinian ini sangatlah bervariasi seperti milk tea, boba, thai tea, dan lain sebagainya.

3. Wirausaha Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan juga paket data menjadi kebutuhan yang sangat dicari oleh sebagian besar orang pada saat ini. Hal ini karena setiap orang sudah memahami betapa pentingnya untuk terus terhubung dengan orang lain baik melalui internet maupun sms atau telepon.

Untuk itu, contoh wirausaha yang satu ini sangat menarik untuk dijalankan. Prospek kedepannya juga tentu akan sangat bagus mengingat banyaknya orang yang membutuhkan pulsa maupun paket data.

Mulailah dengan modal seadanya terlebih dahulu. Setelah mendapatkan keuntungan, uang tersebut bisa kamu gunakan untuk menambah modal usaha dari bisnis pulsa dan juga paket data milik kamu ini.

4. Dropshipper

Kemudian contoh wirausaha yang berikutnya adalah dropshipper. Dropshipper sendiri lebih ke bagaimana caranya kamu mencari supplier dengan harga terendah untuk kemudian membeli dalam jumlah yang banyak dari supplier tersebut. Lalu, kamu akan menjualnya kembali kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi.

Selisih dari harga beli dan harga jual itulah yang nantinya akan menjadi keuntungan dari usaha dropshipper ini. 

5. Makanan Ringan atau Camilan

Selanjutnya, bisnis yang juga memiliki prospek yang sangat bagus adalah bisnis makanan ringan atau camilan. Makanan ringan atau camilan ini menjadi produk yang sangat laris di berbagai usia baik anak-anak hingga dewasa. Banyak orang mencari camilan ini sebagai teman untuk bersantai atau belajar.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap makanan ringan atau camilan ini, kamu bisa mulai membuka usaha untuk membuat makanan ringan dengan resep mandiri bercita rasa unik. 

Untuk idenya sendiri sangatlah luas. Bisa mulai dari camilan manis untuk anak anak, atau bisa juga camilan dengan rasa pedas yang sangat asik sebagai teman bersantai.

Untuk resepnya, kamu bisa menemukannya dengan mudah di internet. Cukup cari saja resep dari makanan ringan yang akan kamu buat dan akan muncul banyak pilihan resep dari berbagai sumber di internet.

6. Percetakan

Bisnis wirausaha yang juga tidak kalah menarik adalah bisnis percetakan. Wirausaha yang satu ini terbilang cukup berat untuk di awalnya, tapi akan sangat bagus prospeknya apabila sudah mulai berjalan dan berkembang.

Bisa dikatakan berat di awalnya apabila kamu memulainya benar-benar dari nol. Kamu harus mulai dari pengadaan alat untuk percetakannya, seperti printer, mesin fotokopi, kertas, tinta, dan berbagai sarana pendukung percetakan lainnya.

Namun, karena kegiatan percetakan tidak bisa dilakukan secara mandiri oleh setiap orang, jadi layanan percetakan yang kamu tawarkan bisa dikatakan menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin mencetak dokumen tapi tidak memiliki alat percetakannya.

Jadi, kamu tidak perlu takut bisnis percetakanmu akan sepi pelanggan. Pasti akan selalu ada pelanggan yang datang untuk menggunakan layanan percetakan milik kamu ini.

7. Desain Grafis

Desain grafis merupakan bidang yang sangat populer di kalangan remaja pada saat ini. Banyak remaja di usia produktif yang menggeluti bidang yang satu ini. Selain karena memang sudah biasa mengoperasikan software desain di laptop, hasil dari bisnis desain grafis ini juga bisa dikatakan sangat lumayan.

Untuk memulainya sendiri, kamu bisa menggunakan platform desain grafis atau bisa juga menawarkan jasa desain grafismu ke orang sekitar yang membutuhkannya.

Sebagai pemula, janganlah terlalu tinggi dalam menentukan harga. Mulailah menaikkan harga jualmu nanti ketika sudah banyak orang yang memberikan testimoni bagus terhadap layanan kamu ini.

8. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Contoh wirausaha yang berikutnya adalah jasa bimbel atau bimbingan belajar.  Apabila kamu merupakan seorang yang terpelajar dan memiliki kemampuan public speaking yang bagus, jasa bimbingan belajar sangat cocok untuk kamu jalankan.

Kamu bisa membuka bimbingan belajar untuk anak usia TK atau SD. Atau, apabila kamu memang memiliki pengetahuan dan kemampuan mengajar yang lebih, kamu bisa membuka bimbingan belajar untuk anak usia SMP bahkan SMA.

Bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang sangat berprospek karena saat ini sekolah sendiri menjadi kebutuhan yang diwajibkan bagi setiap orang. Agar hasil belajar di sekolah bisa lebih maksimal, tidak jarang orang tua masih memberikan jam belajar tambahan di luar dari jam sekolah.

Nah, peran seorang pengajar bimbingan belajar adalah memastikan materi yang sudah diterima di sekolah benar-benar dipahami dan dimengerti. Selain itu, perlu dipastikan juga siswa sudah mengetahui dan sedikit memahami apa yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya.

9. Wirausaha Penyewaan Alat Fotografi

Kemudian, jenis usaha lain yang berprospek bagus pada masa adalah bisnis penyewaan alat fotografi. Meskipun sudah banyak smartphone yang mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam dan bagus, tapi hasilnya tetap tidak akan sebagus kamera yang digunakan sebagai alat fotografi.

Hal ini membuat orang yang tidak memiliki peralatan foto mumpuni merasa butuh untuk meminjam peralatan fotografi dalam rangka memenuhi kebutuhan pengambilan gambar. 

Nah, jasamu bisa hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Untuk penyewaan kamera fotografi sendiri, biasanya berada di kisaran Rp100 ribu untuk satu harinya. 

Sebelum meminjamkan kamera, pastikan kamu menjelaskan bagaimana cara mengoperasikan kamera tersebut dan apa saja kelengkapannya. Pastikan juga penyewa memberikan jaminan untuk berjaga-jaga nantinya apabila alat tidak dikembalikan tepat waktu.

10. Jasa Tour Guide

Contoh wirausaha terakhir yang juga punya prospek bagus adalah jasa tour guide. Seiring dengan bangkitnya kehidupan dari pandemi, banyak orang yang ingin berlibur ke berbagai destinasi wisata namun tidak tahu tempat mana saja yang harus mereka kunjungi saat berkunjung ke lokasi tersebut.

Nah, sebagai tour guide, kamu bisa memberikan arahan kepada mereka tempat mana yang sekiranya bagus dan wajib untuk dikunjungi. Kamu juga bisa menambahkan biaya transportasi sebagai paket tambahan dalam layanan tour guide milikmu ini.

Contoh Wirausaha Mana yang Paling Cocok untuk Kamu?

Dari contoh wirausaha di atas, manakah yang menurut kamu sangat cocok dengan dirimu? Apakah bisnis makanan? Percetakan? Atau malah jenis bisnis lain di luar daftar di atas?

Yang manapun bisnisnya, pastikan kamu merasa nyaman dengan bisnis yang kamu jalankan. Dengan merasa nyaman, kamu bisa betah menjalankan bisnis dengan totalitas sehingga bisa terus kamu jalankan dan terus kamu kembangkan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar ide bisnis, memulai bisnis dan tips lainnya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...