HomeIde BisnisCara Kirim Paket Tanpa Keluar Rumah, Cepat dan Aman!

Cara Kirim Paket Tanpa Keluar Rumah, Cepat dan Aman!

Sebelum menjamurnya marketplace dan jasa antar paket online, pihak ekspedisi hanya melayani pelanggan yang datang ke kantor agen saja. Sekarang, hampir semua ekspedisi memberikan layanan pick up, sehingga pelanggan bisa memilih cara kirim paket tanpa keluar rumah. Layanan ini sangat membantu kamu yang sangat sibuk.

Selain menggunakan jasa ekspedisi pengiriman paket, kamu juga bisa menggunakan jasa kurir atau antar barang dari aplikasi transportasi online. Ketiganya memiliki kelebihan masing-masing, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Kirim Paket dari Rumah Dalam Kota

Berikut cara mengirim paket yang bisa kamu pilih berdasarkan wilayah tujuannya di dalam kota tempat usaha kamu.

1. Jasa Kurir

Keberadan jasa kurir saat ini mulai menjamur, karena masyarakat banyak yang membuka usaha online. Jasa kurir ini melayani berbagai macam pengantaran barang, baik makanan, minuman, dokumen, atau paket lainnya.

Nah, jika kamu ingin mengirim barang di wilayah yang sama dan sampai di hari itu juga, bisa menggunakan layanan kurir ini. Umumnya, kurir hanya melayani pengiriman barang dalam satu wilayah saja.

Cara kirim paket tanpa keluar rumah dengan jasa kurir, yaitu melakukan reservasi terlebih dahulu. Biasanya, proses reservasi dilakukan satu hari sebelumnya. Dengan demikian, kurir akan menyusun rute jalan sekaligus untuk pick up dan antar.

Kelebihan mengirim barang menggunakan jasa kurir, yaitu bisa sampai dihari yang sama dan kamu hanya perlu menunggunya di rumah. Selain itu, proses reservasi jasa kurir sangat mudah dan sederhana.

Namun demikian, layanan kurir juga memiliki kekurangan, yaitu harus melakukan reservasi di hari sebelumnya terlebih dahulu. Jangkauan pengiriman juga terbatas, hanya dalam satu wilayah saja. 

2. Aplikasi Transportasi Online

Masyarakat Indonesia kini dimudahkan dalam memiliki transportasi online. Ada banyak perusahaan yang bersaing dan memberikan promo-promo menarik. Masing-masing aplikasi transportasi online tersebut memiliki fitur pengiriman barang. Secara sederhana, cara kerjanya mirip dengan jasa kurir.

Cara kirim paket tanpa keluar rumah dengan aplikasi transportasi online tergolong lebih praktis, karena kamu bisa langsung memesannya kapanpun kamu butuh. Untuk menggunakan layanan tersebut, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi transportasi online tersebut.

Jika kamu belum pernah menggunakannya, silakan unduh di Play Store atau App Store. Selanjutnya, buat akun dengan memasukkan nomor HP dan juga alamat email. Apabila proses registrasi sudah selesai, maka kamu bisa mulai menggunakannya.

Buka aplikasi dan pilih menu antar barang atau antar paket. Masukkan alamat tujuan dan nomor HP penerima paket. Selanjutnya, masukkan alamat tempat tinggalmu atau tempat driver mengambil paket tersebut. Isikan keterangan paket yang akan kamu kirim, misal makanan, dokumen, dan lain-lain. Tekan request pick up untuk memproses.

Hanya dalam hitungan beberapa detik, aplikasi akan mencari driver yang berada di lokasi terdekat tempat pengambilan barang. Kamu hanya perlu menunggu driver tersebut sampai, sambil memantaunya pada peta di aplikasi.

Jika driver sudah tiba di alamat penjemputan, maka segera berikan paket yang akan diantarkan. Proses mengantar paket ke alamat tujuan biasanya tidak sampai lebih dari satu jam. Namun demikian, kondisi jalan yang macet bisa mempengaruhi kecepatan pengiriman.

Cara kirim paket tanpa keluar rumah dengan aplikasi transportasi online ini jauh lebih cepat dan praktis. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika driver sudah menyelesaikan tugasnya. Menariknya, kamu juga bisa memanfaatkan promo yang ada, sehingga bisa lebih hemat.

Cara Kirim Paket dari Rumah ke Luar Kota atau Luar Negeri

Untuk kamu yang akan mengirim barang keluar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri. Akan jauh lebih mudah jika menggunakan layanan ekspedisi. Pihak ekspedisi kini juga menawarkan beberapa cara pengambilan, sehingga lebih memudahkan konsumen dan bisa menjangkau lebih luas. Simak beberapa cara di bawah ini!

1. Menghubungi Kantor Agen Terdekat

Jika di daerah sekitar tempat tinggalmu terdapat kantor agen ekspedisi, maka bisa menghubunginya secara langsung. Pihak agen biasanya menyediakan nomor layanan servis, baik melalui chat atau telepon.

Cara kirim paket tanpa keluar rumah ini juga perlu menuliskan informasi alamat pick up yang jelas dan lengkap, sehingga kurir ekspedisi bisa menemukannya dengan mudah. Kamu juga bisa memberikan informasi ukuran dimensi dan berat paket, sehingga memudahkan proses menginput data.

Jika kurir ekspedisi sudah tiba, serahkan paket dan bayar sesuai tagihan yang tertera. Jangan lupa untuk meminta resi, supaya kamu tetap bisa melacak proses pengiriman hingga paket sampai tujuan! 

2. Penjemputan Terintegrasi Marketplace

Kamu yang masih baru mulai jualan di marketplace, pasti merasa bingung cara mengirimkan paket menggunakan ekspedisi yang tertera pada permintaan pelanggan. Tidak perlu panik, karena hampir semua ekspedisi kini sudah terintegrasi dengan marketplace yang ada di Indonesia.

Saat sibuk melayani konsumen, kamu bisa memilih cara kirim paket tanpa keluar rumah dengan langsung tekan request pick up pada marketplace-mu. Kamu hanya perlu menunggu, karena kurir yang bertugas akan mengambilnya. Selain itu, resi pengiriman akan terinput secara otomatis pada akun marketplace.

Setelah menekan opsi request pick up, kurir memang tidak langsung datang. Namun, mereka akan tetap mengambil paket di hari yang sama. Sambil menunggu kurir datang, kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi Ekspedisi

Perusahaan ekspedisi juga tidak ingin ketinggalan zaman, sehingga mereka juga meluncurkan aplikasi sendiri. Kamu bisa memanfaatkan untuk request pick up, jika ingin mengirim barang tanpa repot. Agar bisa menggunakan aplikasi tersebut, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Untuk membuat akun baru, lengkapi semua informasi yang diperlukan. Jika proses registrasi selesai, aplikasi siap kamu gunakan. Cara kirim paket tanpa keluar rumah dengan aplikasi milik ekspedisi, yaitu klik menu “Order”. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi lengkap penerima.

Informasi penerima, antara lain alamat lengkap, nomor HP, dan sertakan keterangan barang yang kamu kirimkan. Supaya barang sampai tempat tujuan dengan cepat, pastikan kamu menuliskan alamat yang benar. Karena, salah menulis nomor rumah, RT/RW, kecamatan, dan lain-lain akan menghambat proses pengiriman.

Selain menjadi cara kirim paket tanpa keluar rumah, aplikasi ekspedisi juga bisa kamu manfaatkan untuk memantau proses pengiriman barang. Kamu juga bisa dengan cek ongkir menggunakan aplikasi tersebut sebelum mengirim barang, sehingga bisa memperkirakan biaya yang perlu kamu siapkan.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pick Up Paket

Berikut keunggulan menggunakan layanan pick up paket ke rumah, agar kamu tidak repot lagi mencari kantor ekspedisi terdekat.

1. Hemat Waktu

Memilih layanan pick up paket ke rumah tentu bisa lebih menghemat waktu. Kamu tidak perlu mendatangi kantor agen dan mengantri untuk mengirim paket. Selain itu, kamu juga tidak khawatir terjebak dengan kemacetan yang padat.

2. Bebas Request Pick Up

Cara kirim paket tanpa keluar rumah juga memiliki kelebihan, seperti bebas menentukan kapan request pick up. Sehingga, kamu hanya perlu mengemas barang dengan rapi. Jika semua sudah siap, tinggal menghubungi kurir untuk melakukan penjemputan. 

Apabila kamu berada di kantor seharian, maka kamu bisa menggunakan alamat kantor untuk pengambilan paket. Nah, jadi bisa tetap fokus kerja sambil menunggu kurir datang, kan?

3. Hemat Biaya 

Keunggulan lain yang bisa kamu nikmati, yaitu lebih hemat biaya transport. Jika kamu pergi sendiri ke kantor agen, tentu mengeluarkan biaya untuk transport dan juga parkir. Pengeluaran biaya transport akan lebih mahal jika kamu menggunakan transportasi umum, karena harus membayar perjalanan pergi dan pulang.

4. Tidak Capek

Kamu yang memiliki segudang kegiatan sangat cocok menggunakan layanan pick up ke rumah, karena tidak harus mondar-mandir lagi. Saat menunggu kurir, kamu bisa sambil istirahat santai nonton TV, membaca, atau mengontrol media sosial bisnis.

Sudah Tahu Cara Kirim Paket Tanpa Keluar Rumah?

Itulah beberapa cara kirim paket tanpa harus keluar rumah atau datang ke kantor agen. Setiap jenis cara pengiriman, memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan sendiri cara yang tepat untuk jenis paket yang akan kamu kirim.

Jika kamu mengirimkan makanan, sebaiknya menggunakan layanan aplikasi transportasi online, karena lebih cepat. Namun, jika kamu mengirim paket berupa dokumen atau bukan makanan dalam satu wilayah, bisa memilih jasa kurir.


Temukan inspirasi lainnya seputar teknologi, ide bisnis dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...