HomeManajemen BisnisKepemimpinanCustomer Relations Adalah: Berikut Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Customer Relations Adalah: Berikut Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Menjaga relasi dengan konsumen, klien, adalah sebuah hal yang sangat wajib dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang kamu jalankan akan semakin berkembang karena adanya para konsumen, customer, atau klien. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami apa itu customer relations.

Setiap pebisnis harus bisa dan selalu membangun relasi yang baik. Kamu juga harus melakukan interaksi dengan mereka. Cara ini mampu mengikat konsumen sehingga mereka mau melakukan pembelian produk atau jasa. 

Apa itu Customer Relations?

Dalam bisnis, inovasi dan kreativitas memang menjadi salah satu hal yang penting. Namun jangan hanya fokus pada produk. Kamu juga harus mampu menjaga hubungan baik dengan para customer sehingga bisnismu akan tetap bertahan dan bahkan semakin terkenal.

Customer relations adalah strategi marketing terbaik untuk mempertahankan konsumen, klien, atau pelanggan yang sudah ada. Caranya dengan berusaha membuat mereka membeli produkmu lagi sehingga mereka tidak lari ke produk kompetitor. 

Dalam menerapkan customer relations adalah bisa melalui penyediaan fasilitas secara lengkap. Melalui cara ini, kamu juga dapat mendengarkan pendapat para konsumen, lalu berusaha memberikan yang terbaik pada mereka.

Selain itu, manajemen konsumen yang sudah masuk dalam daftar pelanggan juga harus dipastikan selalu optimal. Semakin banyak pelanggan, maka semakin bagus untuk perkembangan bisnismu. Hal ini juga menunjukkan bahwa manajemen konsumen dalam bisnis berjalan efisien.

Apalagi sekarang persaingan bisnis semakin ketat. Maka wajar saja jika semua pebisnis berusaha untuk memberikan yang terbaik. Sangat penting menghadirkan produk yang lebih baik dari pesaing sehingga para pelanggan merasa puas. 

Manfaat Menjaga Customer Relations dengan Baik

Mengapa harus menjaga hubungan baik dengan customer? Seberapa besar pengaruh mereka terhadap bisnismu? Beberapa manfaat customer relations antara lain:

1. Meningkatkan Penjualan

Memahami kebutuhan dan apa yang menjadi keinginan pelanggan merupakan tujuan utama bisnismu. Melalui pengelolaan hubungan dengan pelanggan, kamu akan tahu apa yang sebenarnya menjadi keinginan mereka. Apakah mereka puas terhadap produk dan fasilitas yang kamu berikan atau sebaliknya.

Ketika para pelanggan puas, ini akan memberikan dampak yang positif. Pada akhirnya, penjualan produkmu akan perlahan meningkat. Bisa jadi malah melebihi apa yang menjadi target yang telah kamu tentukan.

2. Memperoleh Pembelian Berulang

Ketika hubungan kamu dengan pelanggan dapat terjalin secara baik, hal ini dapat memicu pembelian berulang. Para pelanggan yang sudah menaruh hati terhadap produk atau brand, tanpa sadar mereka juga akan mengunggulkan produkmu dari produk kompetitor.

Meskipun ada orang lain yang membawa produk yang mereka beli dari pesaingmu, pelangganmu tetap tidak akan berpindah ke lain hati. 

Untuk mewujudkannya, pastikan produk yang kamu miliki mampu menjadi solusi atas kebutuhan pelanggan. Kemudian, ketika mereka sudah melakukan pembelian, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena telah membeli produkmu.

3. Meningkatkan Kepuasan Customer

Bukan hanya mampu meningkatkan penjualan, manfaat customer relations adalah mampu meningkatkan kepuasan pembeli. Menurut survei dari Microsoft pada 2017, setidaknya 96% konsumen dunia beranggapan bahwa pelayanan pada pelanggan merupakan faktor penting ketika memilih merek.

Tidak masalah meskipun kamu baru memulai usaha. Akan tetapi, pastikan kamu menjalin relasi yang baik dengan mereka. Dari sini kepuasan pelanggan akan terbentuk. Kemudian akan timbul loyalitas pelanggan karena puas akan pelayanan yang kamu berikan.

4. Memperoleh Keunggulan Kompetitif

Pada akhirnya, ketika hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen sudah kamu bangun, maka peluang produkmu lebih unggul akan terbuka lebar. Solusi dan penawaran yang kamu berikan pada mereka sangat berarti untuk memberikan kesan positif pada produkmu. 

Kemudian ketika mereka memerlukan sesuatu, maka yang ada di benak mereka adalah brand atau produk yang kamu miliki. Contoh sederhana, kamu memiliki produk pasta gigi dengan merek A. Ketika pasta gigi habis, para pelanggan akan langsung tertuju ke brand yang kamu miliki tanpa memikirkan brand lain.

5. Meningkatan Time to Market

Pengusaha yang mampu menerapkan manajemen customer relations dengan baik akan mempunyai tren penjualan terkait produk tertentu. Melalui hal tersebut, akan timbul inovasi untuk bisa mengembangkan produk. 

Selain itu, melalui pengelolaan hubungan yang baik bermanfaat untuk menentukan kapan timing yang tepat serta kapan kamu harus menghadirkan suatu inovasi dan penawaran tertentu.

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Relations?

Melalui penjelasan di atas menunjukkan bahwa customer relations adalah salah satu prioritas dalam bisnis. Memiliki produk yang berkualitas saja belum cukup ketika belum mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Ada beberapa cara efektif untuk membangun customer relations atau hubungan antara penjual dan pembeli. Melalui cara tersebut, kamu bukan hanya akan mempertahankan para pelanggan yang setia melainkan mampu menjaring pelanggan baru. 

1. Meminta Feedback Customer

Para pelanggan cenderung memilih produk atau brand yang memperhatikan masukan atau kritik dari mereka. Kamu juga harus memberikan respons terhadap masukan dan kritik tersebut. Jadi, jangan ragu untuk meminta feedback secara terus-menerus.

Kamu bisa memanfaatkan feedback tersebut sebagai cara dalam meningkatkan pelayanan dan produk agar lebih baik. Dengan begitu, kamu mampu menghasilkan sebuah produk yang benar-benar sesuai keinginan pelanggan. Jadi, mereka tidak akan berpikir untuk pindah ke lain hati.

2. Berikan Reward Pada Pelanggan Setia

Para customer tetap cenderung akan menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan baru saat membeli produk milikmu. Untuk itu, sangat penting  memberikan mereka sebuah penghargaan atas loyalitasnya terhadap produkmu, apalagi ketika banyak produk lain bermunculan, namun mereka tetap setia.

Ketika kamu memberikan reward pada pelanggan, pastinya mereka akan senang. Kondisi ini berpeluang untuk menarik pelanggan baru untuk ikut menjadi pelanggan tetap. Lalu penghargaan seperti apa yang bisa kamu berikan?

Kamu bisa memberikan tawaran menarik dan terbatas. Misalnya voucher discount, mengadakan program makan malam atau gathering bersama pelanggan, dan sebagainya. 

Cara ini akan memberikan kesan bahwa kamu menganggap mereka ada dan dihargai. Langkah ini juga mendorong para pelanggan agar melakukan pembelian ulang secara lebih banyak.

3. Pastikan Selalu Terhubung dengan Customer

Cara meningkatkan customer relations adalah dengan mempertahankan hubungan yang ada. Kamu harus menjaga hubungan dengan pelanggan agar tetap baik. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

Misalnya dengan mengucapkan selamat ulang tahun seperti melalui email. Bisa juga tentang pemberitahuan akan produk terbaru, diskon, dan berbagai penawaran spesial yang lainnya. Ini menunjukkan bahwa kamu selalu menghargai loyalitas serta kepercayaan mereka.

4. Mengatasi Keluhan dengan Baik

Dalam menjalankan bisnis terkadang ada keluhan atau feedback negatif dari konsumen. Namun yang harus kamu lakukan di sini adalah bagaimana cara menanggapi dan mengatasi keluhan dari konsumen atau pelangganmu tersebut. Kamu harus tetap bersikap baik dan mendengarkan apa yang menjadi keluhannya.

Ucapkan terima kasih atas keluhan yang diberikan. Kemudian mulailah melakukan evaluasi sehingga feedback negatif akan berubah menjadi positif. Melakukan hal tersebut memang memerlukan kesabaran, apalagi terhadap pelanggan yang mungkin ‘terlalu bersemangat’ dalam menyampaikan keluhannya.

Namun dengan memberikan pengalaman yang baik dalam menanggapinya, ini menunjukkan bahwa kamu merupakan pengusaha yang profesional. Kemudian keluhan tersebut akan berubah menjadi pujian.

5. Tingkatkan Komunikasi

Komunikasi yang konsisten menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan relasi dengan pelanggan. Lakukan komunikasi secara proaktif sehingga membantu usahamu memperoleh kepercayaan.

Cara membangun komunikasi tersebut bisa kamu lakukan dengan memberikan pertanyaan tentang masalah atau kendala yang mereka hadapi. Kamu juga bisa membagikan informasi tentang produkmu dan penawaran menarik khusus untuk mereka.

Hal ini tentu bisa membantu meningkatkan pengalaman yang positif. Cara tersebut juga dapat menjadi pembeda antara usahamu dengan kompetitor.

Sudah Paham Apa itu Customer Relations?

Sekian penjelasan terkait manajemen hubungan pelanggan. Jadi, customer relations adalah bagaimana kamu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Setiap pengusaha harus mampu membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan bukan sekadar menjual produk kemudian memperoleh keuntungan.

Selain itu, kamu juga jangan hanya fokus untuk memperbaiki kualitas produk. Bangun juga hubungan baik dengan para customer. Mereka merupakan pihak yang berperan penting untuk membuat produkmu bertahan, terkenal, dan berkembang.

Ketika kamu mampu menerapkan manajemen pelanggan dengan baik, sudah pasti penjualan akan meningkat dan profit akan semakin bertambah.

Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya seputar kepemimpinan, manajemen bisnis dan keuangan hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Seperti apa contoh konten interaktif Instagram yang cocok untuk bisnis? Saat ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjang bisnis. Jika kamu adalah salah...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...