HomeManajemen BisnisPeran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online – Pelayanan kepada pelanggan atau customer service mempunyai peran penting dalam kemajuan bisnis.

Customer service atau yang biasa disingkat CS, adalah bantuan dan saran yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli yang menggunakan produk atau layanannya.

Pada bisnis apapun termasuk bisnis online, CS punya fungsi penting dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Peran CS perlu diperhatikan demi membangun kepuasan konsumen baru maupun pelanggan lama.

Apalagi dalam bisnis online, Anda tidak saling bertatap muka dengan konsumen. Komunikasi berjalan secara tidak langsung, baik itu melalui telepon, aplikasi chat, media sosial, email, dan sebagainya.

Tanpa pelayanan yang baik, konsumen bisa dipastikan akan pergi. Sebaliknya, jika peran customer service berjalan secara maksimal, maka Anda bisa merebut hati pelanggan.

Dengan menjaga kepuasan pelangan, bisnis Anda bisa tetap kompetitif di tengah persaingan bisnis online yang kian ketat.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Untuk itu, demi meningkatkan profesionalitas dan kepercayaan pelanggan, berikut perhatikan peran penting seorang customer service dalam bisnis online. 

Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

1. Memberi Informasi

informasi

Seorang CS berperan dalam memberikan informasi tentang produk dan layanan kepada calon pembeli.

Mungkin banyak yang hanya bertanya namun akhirnya malah tidak jadi membeli, namun Anda tetap harus memberikan pelayanan yang baik. Anda harus memberikan kesan yang ramah terhadap setiap orang.

2. Memasarkan Produk

memasarkan produk - marketing - promosi

Seorang CS biasanya juga berperan dalam pemasaran. Selain memberikan informasi sejelas mungkin terkait produk atau jasa, Anda juga harus mampu menggunakan kata-kata promosi yang dapat menggugah pembeli.

3. Memproses Pengiriman

memproses pengiriman barang - packaging

Setelah pembeli melakukan transaksi pembayaran, seorang customer service harus segera memproses pemesanan. Dalam pembelian produk, proses pengemasan dan pengiriman harus segera dilakukan.

Namun, jika ada kendala dan pengiriman tertunda, maka Anda harus langsung memberitahukannya pada konsumen dengan memohon maaf dan pengertiannya.

4. Menerima Keluhan

keluhan pelanggan

Pelanggan yang merasa tidak puas tentu akan kecewa dan mengeluhkannya. Namun Anda jangan defensif terhadap keluhan pelanggan.

Sebaiknya, tetaplah ramah menghadapi setiap pengaduan. Sebab customer service juga berperan dalam menerima pengaduan keluhan dan juga membereskan masalahnya.

5. Mempertahankan Pelanggan

layanan pelanggan - customer care - support

Peran customer service tidak berhenti sampai pada pengiriman barang. Namun, Anda juga harus mampu menjalin hubungan baik dengan setiap pelanggan agar ia mau kembali menggunakan produk Anda di kemudian hari.

Caranya, misalnya dengan mengucapkan terima kasih, meminta kritik dan saran kepada pelanggan, dan menyakinkannya bahwa Anda akan terus meningkatkan pelayanan dan kualitas bisnis Anda.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Launching Produk Lebih Sukses, Terapkan 11 Tips ini!

Launching produk adalah proses penting untuk mengenalkan dan memasarkan sebuah produk secara sukses. Oleh karena itu, proses peluncuran produk ini harus benar-benar kamu siapkan sedemikian...

Cara Cetak Resi Shopee dengan Mudah di HP dan PC

Shopee merupakan salah satu platform belanja online paling terkenal di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Pengguna Shopee yang mencapai puluhan juta membuat banyak orang...

9 Jenis Pemasaran Online yang Efektif untuk Bisnismu

Di era digital seperti sekarang ini, jenis-jenis pemasaran online semakin canggih dan beragam. Mulai dari memanfaatkan website, media sosial, hingga optimasi Search Engine Optimization (SEO). Selain...

Apa Itu Mitra Shopee dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Era digital memudahkan siapa pun yang ingin membuka usaha dengan modal ringan. Nah, kamu bisa menggunakan platform Mitra Shopee untuk menjual produk non fisik...

Pentingnya Paham Market Insight untuk Perkembangan Bisnis

Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang target pasar atau market insight merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam strategi pemasaran. Lalu, apa itu market insight? Bagaimana cara mengetahui...