HomeIde BisnisIde bisnis Rumahan di Desa, Wajib Untuk Dicoba!

Ide bisnis Rumahan di Desa, Wajib Untuk Dicoba!

Ide Bisnis Rumahan di Desa – Bagi sebagian orang meninggalkan hiruk pikuk kota untuk memulai hidup baru adalah sebuah impian. Salah satunya adalah dengan pindah ke desa. Bagaimana tidak? Hari-hari dengan momentum lebih pelan dan santai dipercaya dapat menjernihkan pikiran dan relaksasi lebih jika dijalankan. Bukan hanya itu, kehidupan dan budaya di desa yang lekat dengan alamn dan budaya dapat menjadi pengalaman hidup baru setiap harinya. Tak jarang mereka mempersiapkan hal tersebut matang-matang supaya dapat segera dilakukan saat penghujung karir tiba nanti.

Kini memilih desa sebagai tempat tinggal masa depan bukan hanya dilakukan oleh mereka yang sudah senior. Mereka dengan usia produktif pun mulai mempertimbangkannya. Tak jarang yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan tetap di kota untuk segera banting setir ke desa. Lantas, bagaimana dengan pemasukan nanti? Apakah dapat memenuhi seluruh kebutuhan? Sebenarnya bukan tidak mungkin hidup di desa dengan penghasilan cukup. Salah satu solusinya adalah melakukan bisnis rumahan yang dapat memutar roda perekonomian domestik, terlebih bagi mereka yang sudah resign dari tempat bekerja di kota. Jika kamu tertarik, di bawah ini kami berikan beberapa ide bisnis rumahan di desa untuk kamu yang berencana pindah ke desa supaya tetap produktif. Simak bersama, ya!


5 Ide Bisnis Rumahan di Desa yang Bisa Dicoba

Berikut ide bisnis rumahan di desa yang bisa dilakukan untuk menjadi penghasilan lainnya selama di desa.

Bisnis Kuliner

Jika bicara soal bisnis yang paling fleksibel dan dapat menyesuaikan tren salah satu jawabannya adalah bisnis kuliner. Dalam hal ini tentu saja dapat menjadi ide bisnis rumahan di desa untuk kamu jalankan nanti. Kamu bisa memulai bisnis kuliner dengan menjual masakkan rumahan untuk lauk sehari-hari. Tentu saja tidak dibutuhkan modal yang besar, bukan? Buatlah menu-menu yang mudah dan sudah pasti dicari, seperti tumisan atau gorengan.

Opsi lainnya jika kamu memang memiliki modal lebih dan juga tempat yang layak, kamu bisa memulai bisnis kopi di desa tempat kamu tinggal. Namun, pastikan untuk menyesuaikannya dengan audiens di desa misalnya dengan menjual kopi yang harganya terjangkau.

Bisnis Sayuran dan Buah Segar

Salah satu penghasilan paling identik dengan  desa memang hasil tani. Bagaimana tidak? Kebanyakan masyarakat yang berprofesi sebagai petani ini memanfaatkan lahan hijau yang masih ada di sekitar mereka untuk bercocok tanam. Melihat peluang ini, tentu saja kamu dapat memanfaatkannya sebagai ide bisnis rumahan di desa.

Di sini kamu bisa bekerja sama dengan petani lokal untuk membantu mereka mendistribusikan hasil taninya ke kota. Namun, pastikan untuk membangun jejaring dengan badan usaha lain supaya kamu dapat menawarkan hasil tani mereka. Lewat koneksimu, kamu bisa membangun perekonomian desa tempatmu tinggal dengan mendukung petani lokal melakukan penjualan hasil panen segar.

Bisnis Potong Rambut

Kamu punya kelebihan dan minat dalam bidang hairdressing? Mungkin kamu bisa memulai bisnis potong rambut saat pindah ke desa nanti. Potong rambut pasti merupakan suatu hal yang akan terus dilakukan. Peminatnya pun dari berbagai kalangan, mulai laki-laki hingga perempuan.

Hanya dengan modal gunting dan skill saja kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan ini langsung dari halaman rumahmu dengan sederhana. Lakukan secara konsisten, kamu bisa melihat berbagai tutorial gaya rambut di internet agar semakin lihai. Jika sudah cukup stabil, maka tidak menutup kemungkinan bagimu untuk ikut mempekerjakan penduduk desa agar terus berkembang.

Bisnis Mengajar

Banyaknya anak-anak yang masih bersekolah di desa menjadikan peluang bisnis baru untuk kamu yang ingin memulai hidup di sana. Terlebih jika kamu memang suka dengan anak-anak, maka bimbingan belajar bisa menjadi ide bisnis rumahan di desa yang tepat.

Untuk memulainya, kamu bisa menggunakan ruangan yang ada di rumahmu atau memanfaatkan ruang publik untuk belajar bersama, misalnya balai desa. Jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa mengadakan kelas privat yang hanya melibatkan satu sampai dua orang anak.

Bisnis Jasa Ketik dan Print

Minimnya literasi teknologi di desa juga dapat kamu manfaatkan sebagai kesempatan ide bisnis rumahan di desa. Bermodalkan laptop peninggalan tempurmu saat menjadi pekerja di kota dulu kamu bisa membantu mengetikkan karya ilmiah atau tugas para murid. Jangan lupa untuk menyertakan printer agar kamu bisa memberikan jasa maksimal untuk pengetikkan dan juga print.


Itulah beberapa ide bisnis rumahan di desa yang dapat kamu lakukan suatu hari nanti, inspiratif bukan? Jika kamu tertarik untuk mendapatkan modal, KoinWorks siap mendukungmu penuh.

Lewat KoinBisnis kamu bisa mendapatkan modal usaha secara online hingga Rp 2 miliar. Bunga cicilannya pun rendah, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Yang pasti keamanannya pun sudah terjaga karena KoinWorks terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, wujudkan bisnis imipanmu!


Temukan berbagai inspirasi tips memulai bisnis dan ide bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!