Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

1644
Jenis-Jenis Pembayaran Online

Jenis-jenis Pembayaran Online – Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih menghemat waktu lantaran tidak perlu datang langsung ke tokonya untuk memilih barang. Tentu saja belanja online lebih diminati saat ini karena jauh lebih praktis. Tapi, bagi yang belum pernah berbelanja secara online tentu saja proses ini terasa asing. Bagaimana cara berbelanja dan bertransaksi tanpa bertemu penual dan pembeli? Tidak jarang pertanyaan itu terbit di benak para online shoppers baru.

Karena belum pernah belanja online, sehingga menjadi tidak familiar dengan bagaimana prosesnya. Tapi, sebenarnya proses belanja online jauh lebih mudah, termasuk dari sisi pembayaran. Ada berbagai jenis pembayaran online yang bisa kamu gunakan saat berbelanja. Semuanya memiliki kelebihan tersendiri dan pastinya akan mempermudah proses belanja online-mu. Untuk memperkenalkan, berikut kami kupas beberapa jenis pembayaran online yang bisa kamu gunakan saat berbelanja. Yuk, simak bersama!

Baca juga: Cara Membuat Akun PayPal, Mudah dan Cepat!


Berikut Jenis-Jenis Pembayan Online yang Sering Digunakan

Transfer Bank                     

Transfer bank merupakan Jenis pembayaran online paling populer yang kerap dilakukan. Pasalnya, pembayaran ini cukup fleksibel dan memiliki banyak pilihan. Kamu bisa melakukan pembayaran transfer bank melalui berbagai cara, bisa dengan ATM, mobile banking ataupun internet banking.

Sudah pasti langkah ini lebih familiar bagi banyak orang lantaran bukan hal baru lagi. Selain itu prosesnya juga mudah dan cukup aman untuk dilakukan sehingga lebih menarik bagi para online shopper.

Kartu Kredit

Sudah bukan rahasia lagi jika kartu kredit menjadi bagian yang melengkapi kehidupan para shopaholic. Saat berbelanja secara virtual pun kartu kredit juga dapat digunakan menjadi salah satu jenis pembayaran online.

Kartu kredit dapat mewujudkan segala keinginan berbelanja dengan mudah tanpa harus membayarkan saat itu juga. Selain itu ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Dompet Digital

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengedepankan kemudahan, hadirnya dompet digital pun semakin diakui. Dompet digital pun sering diandalkan sebagai jenis pembayaran online saat berbelanja.

Dompet digital yang umum digunakan biasanya adalah GoPay, OVO dan juga Dana. Di sini kamu bisa melakukan top up sesuai jumlah yang kamu inginkan untuk berbelanja. Kemudian kamu bisa langsung menggunakannya dalam bertransaksi. Biasanya, dengan menggunakan dompet digital juga banyak promo yang bisa kamu dapatkan sehingga menjadi potongan harga.

Cash On Delivery

Jenis pembayaran saat berbelanja online dengan Cash On Deliver (COD) sering dipilih oleh para pengguna baru. Terutama bagi mereka yang kurang familiar dengan pembayaran yang melibatkan teknologi digital terkini.

Selain itu, pembeli juga dapat melihat barang secara fisik terlebih dahulu sehingga lebih yakin lagi saat membeli. Cara ini lebih mirip dengan proses jual beli secara konvensional yang biasa dilakukan secara offline langsung dari toko.

Tunai Retail

Satu lagi jenis pembayaran online yang bisa kamu lakukan jika belum familiar dengan teknologi digital. Kamu bisa memilih pembayaran secara tunai dari gerai minimarket terdekat. Biasanya kamu dapat melakukan pembayaran ini dari Alfamart maupun Indomaret dan merupakan minimarket paling mudah ditemukan. Untuk proses ini kamu cukup menyiapkan sejumlah uang tunai sesuai dengan jumlah pembelian. Setelah itu lakukan transaksi di kasir dengan uang tunai yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Itulah beberapa jenis pembayaran online yang bisa kamu lakukan saat berbelanja secara virtual. Cukup mudah, bukan? Jika ingin merasakan kemudahan lainnya kamu bisa mengandalkan KoinWorks sebagai solusi finansial bisnismu.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Perusahaan untuk Pemula


Melalui KoinBisnis, kamu bisa menikmati mudahnya akses permodalan untuk usaha hingga Rp 2 miliar. Bunga cicilannya pun terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Pastinya, keamnan KoinWorks sudah terjamin karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mulai membangun bisnismu!


Temukan berbagai informasi manajemen keuangan lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga: