HomeManajemen BisnisKeuanganTips Mengatur Keuangan Perusahaan untuk Pemula

Tips Mengatur Keuangan Perusahaan untuk Pemula

Tips Mengatur Keuangan Perusahaan – Memahami manajemen perusahaan memang merupakan hal yang penting. Terlebih jika memulai bisnis sendiri, penanganan keuangan yang tepat akan membantu bisnis yang dijalani tetap stabil.

Melalui penanganan keuangan seorang pelaku bisnis juga dapat mengetahui untung rugi saat menjalankan bisnisnya. Termasuk apa formula paling tepat untuk digunakan selama bisnis berdiri. Dengan pengaturan keuangan ini pelaku bisnis juga dapat mengetahui langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

Lalu, bagai mana cara mengatur keuangan perusahaan? Jika kamu seorang pemula dalam bidang ini, sangat mungkin untuk mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Yang terpenting, kamu bisa memahami bagaimana konsep dasar dari pengaturan keuangan. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengaturan keuangan pribadi, hanya saja skala yang dibutuhkan lebih besar.


Tips Mengatur Keuangan Perusahaan

Berikut kami rangkum tips mengatur keuangan perusahaan untuk pemula yang bisa segera kamu coba.

Buat Perencanaan Keuangan                

Tips pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatur keuangan perusahaan adalah dengan membuat perencanaan. Dalam hal ini kamu perlu menentukan apa target perencanaan untuk keuangan perusahaanmu baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat timeline beserta perkiraan yang akan didapatkan. Lakukan juga analisis agar kamu dan team mendapatkan strategi dan treatment yang tepat untuk mencapai target tersebut. Dengan begitu kamu dan tim akan lebih mudah untuk menentukan arah saat menjalankan bisnis.

Miliki Catatan Cash Flow

Mencatat pengeluaran dan pemasukan merupakan cara selanjutnya untuk mengatur keuangan perusahaan. Memang prosesnya tidak mudah dan dibutuhkan tingkat kedetailan ekstra. Namun, dengan melakukan pencatatan kamu akan tahu kemana dana perusahaan mengalir. Dari sini kamu juga akan mengetahui keuntungan dan kerugian.

Pastikan kamu mencatat setiap transaksi dan membaginya ke setiap pos yang berbeda. Kamu bisa menggunakan buku catatan atau melakukannya dengan software seperti Microsoft Excel untuk mempermudah proses penghitungan. Cara ini juga akan membantu kamu dan tim saat ingin membuat keputusan dengan resiko yang lebih tertakar.

Pisahkan Dengan Rekening Pribadi

Tahap ini adalah yang terpenting dalam menghitung keuangan perusahaan. Bagaimana tidak? Menghitung keuangan pribadi saja terkadang menantang, bayangkan jika rekening tabungan pribadi dan perusahaanmu tercampur. Tentu saja memisahkannya bukan hal yang menyenangkan.

Pastikan kamu memisahkan rekening perusahaan dengan rekening pribadi. Kamu akan lebih mudah mengatur dan menganalisa keduanya secara terpisah. Tentu akan lebih mudah saat melakukan perencanaan kedepannya karena kamu tidak perlu repot memisahkannya satu per satu. Dengan begitu kamu juga akan bisa lebih fokus jika terjadi masalah.

Selalu Disiplin Budget

Memastikan diri selalu disiplin budget rupaya tidak kalah penting saat mengatur keuangan perusahaan. Tujuannya agar tidak ada pengeluaran secara tiba-tiba yang pada akhirnya malah membuat bisnis mengalami kerugian.

Pastikan kamu selalu taat pada perencanaan keuangan yang sebelumnya sudah dibuat. Terlebih jika pengeluaran yang dilakukan bukan hal yang bersifat urgent. Tentu saja hal ini juga akan membuat cash flow-mu menjadi berantakan. Oleh karena itu, pastikan dirimu selalu disiplin pada budget yang sudah ditetapkan.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Untuk mengatur keuangan perusahaan dengan piawai tentu dibutuhkan jam terbang. Terlebih untuk pemula, pasti proses pembelajaran akan terus berlangsung hingga menemukan formula yang tepat untuk bisnis yang dijalankan.

Pastikan kamu selalu memanfaatkan kesempatan untuk belajar, baik itu dengan memanfaatkan teknologi maupun bertanya langsung kepada mereka yang sudah ahli. Dari situ kamu bisa melakukan sharing seputar manajeman bisnis dan bagaimana melakukannya dengan minim resiko.


Agar lebih mudah dalam mengatur keuangan perusahaan, KoinWorks siap untuk kamu andalkan. Dengan beragam solusi finansial dan kemudahan melalui super apps, KoinWorks hadir untuk membantu seputar keuangan bisnismu.

Mulai dari pinjaman modal usaha yang terjangkau hingga peningkatan aset. Yang pasti, semua layanannya juga minim resiko karena terlah terdaftar di OJK. Tunggu apa lagi? Ayo wujudkan bisnis impianmu!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!