Trik Merancang Kantor di Rumah Agar Privasi Keluarga Tetap Terjaga – Pusat perkantoran yang jauh dari rumah, ditambah lagi adanya kemacetan, bisa menjadi masalah bagi pebisnis. Banyak waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang sia-sia karena harus dihabiskan di jalan.
Hal ini membuat sejumlah pebisnis memilih untuk bekerja dari rumah. Selain bisa lebih produktif, berkantor di rumah juga bisa menghemat biaya sewa gedung perkantoran yang kini semakin mahal.
Baca Juga: 7 Kriteria yang Tepat dalam Menentukan Tempat Usaha
Bagi Anda yang ingin menjadikan rumah sebagai kantor, tentu saja Anda harus mengurus izinnya. Namun, satu lagi masalah penting yang harus dibereskan, yaitu merancang ruang kerja yang nyaman, tetapi juga tidak mengganggu privasi keluarga.
Selain itu, pastikan desain rumah kantor bisa menampung sejumlah karyawan dan dapat memfasilitasi segala aktivitas pekerjaan. Ruangan harus dibuat senyaman mungkin untuk semua orang yang bekerja, tetapi juga tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah.
Baca Juga: 5 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga
Nah, bagi Anda yang ingin mendesain ruang kantor di dalam rumah, berikut tips yang bisa Anda terapkan.
Daftar Isi
5 Trik Merancang Kantor di Rumah Tempat Tinggal
1Kosongkan Satu Ruangan untuk Kantor
Pilih salah satu ruangan yang jarang dipakai. Misalnya, kamar tidur yang tidak lagi terpakai bisa diubah menjadi ruang kantor.
Kosongkan ruangannya dan pindahkan segala barang milik Anda sekeluarga ke ruangan lain. Biarkan ruangan itu dikhususkan untuk bekerja dan tidak lagi dipakai untuk aktivitas pribadi.
Lalu, Anda bisa mulai mendesain dan mengatur ruang kantor dengan leluasa. Siapkan segala perlengkapan kerja, mulai dari meja, kursi, lemari, komputer, dan lain-lain.
Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang
2Sekat antara Ruang Kantor dan Ruang Lainnya
Mungkin kamar tidur atau ruang keluarga berada tepat di samping ruang yang Anda sediakan untuk kantor. Jika tidak ada pembatas, pasti Anda atau penghuni rumah lainnya akan merasa tidak memiliki ruang pribadi lagi.
Maka dari itu, Anda perlu menyekat ruangan. Tidak perlu membangun tembok, karena akan menyulitkan saat ingin dibongkar. Namun, cukuplah memakai partisi untuk membagi ruangan.
Partisi ruangan non-permanen bisa dengan memasang rak atau cermin besar. Coba gunakan jasa desainer interior profesional untuk merancangkan partisi yang menarik.
Baca Juga: 7 Tips Membeli Peralatan Kantor Supaya Tetap Hemat
3Area Kantor Berbeda Lantai dengan Area Pribadi
Anda perlu sekat jika ruang kantor dan ruang pribadi berada di lantai yang sama dan berdampingan. Masalahnya, sekat terkadang tidak terlalu efektif untuk menjaga privasi.
Solusinya, Anda bisa memisahkan ruangan berdasarkan lantai. Misalnya, lantai dasar untuk kantor dan lantai atas untuk area tempat tinggal.
Dengan begitu, pemisahan ruangan lebih jelas dan privasi dapat lebih terjaga. Konsentrasi kerja juga bisa lebih baik karena karyawan tidak akan melihat penghuni rumah yang berlalu-lalang.
4Ada Akses Khusus untuk Karyawan Keluar-Masuk
Saat merancang kantor di rumah, Anda perlu membuat dua pintu berbeda. Pintu utama tentu untuk Anda sekeluarga, sedangkan pintu tambahan untuk karyawan keluar-masuk.
Penerapaan akses khusus ini juga bermanfaat saat ada tamu yang datang untuk urusan pekerjaan. Para tamu jadi bisa langsung menuju kantor dengan melalui pintu tersebut.
Dengan cara ini, Anda sekeluarga akan tetap memiliki area privat, meskipun kantor berada di atas lahan atau gedung yang sama dengan rumah tempat tinggal.
Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja
5Buat Peraturan untuk Tidak Memasuki Area Pribadi
Buatlah peraturan bagi karyawan agar tidak memasuki area pibadi, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, dan sebagainya. Karyawan hanya boleh berada di ruang kantor selama jam kerja.
Dengan adanya peraturan, Anda bisa terhindar dari karyawan yang iseng dan masuk ke area pribadi Anda. Karyawan akan tahu diri dan memahami privasi keluarga Anda.
Bila perlu, pasang papang peringatan di area yang tidak boleh dimasuki oleh karyawan atau siapa pun yang tidak berkepentingan, sehingga pemisahan ruangan bisa lebih jelas demi kenyamanan bersama.
Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses
Nah, itulah trik merancang kantor di rumah agar privasi keluarga tetap terjaga. Cobalah Anda terapkan jika Anda ingin menjadikan rumah sebagai kantor perusahaan Anda.