Dengan 5 Hal Ini, Klien Bisnis Akan Selalu Mengingat Anda – Anda bisa membuat klien supaya terus mengingat bisnis Anda. Klien adalah aset berharga yang harus dipertahankan dengan baik. Anda harus berupaya untuk membuat klien selalu mengingat produk atau jasa bisnis Anda.
Klien yang selalu ingat dengan bisnis Anda akan membawa keberuntungan. Suatu hari, mereka akan kembali membeli produk Anda, menghubungi Anda untuk kepentingan kerja sama bisnis, atau menggunakan layanan jasa Anda untuk sebuah proyek bisnis.
Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda
Tentu saja, kepuasan adalah kunci utama untuk membuat klien agar tidak bisa melupakan bisnis Anda. Jika Anda berhasil membuat mereka puas dengan bisnis dan pelayanan Anda, maka kemungkinan besar mereka akan loyal dan tidak berpaling ke lain hati.
Nah, jika Anda merasa bahwa Anda telah memberikan yang terbaik kepada klien bisnis Anda, maka selanjutnya ialah berusaha untuk menjaga hubungan dan membuat mereka tidak melupakan Anda. Berikut lima hal yang bisa Anda lakukan.
Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik dalam Lingkungan Bisnis
Daftar Isi
Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Anda Tidak Dilupakan Klien
1Biarkan Klien Tahu Aktivitas Bisnis Anda
Kini setiap orang bisa terhubung dengan mudah dan cepat. Kapan saja dan di mana saja, setiap orang bisa terhubung berkat adanya teknologi internet. Manfaatkan hal itu untuk memberitahukan klien Anda tentang berbagai aktivitas atau kegiatan bisnis yang Anda jalankan.
Misalnya, dengan mengirimkan email newsletter secara berkala. Bisa juga dengan saling mengikuti akun media sosial klien. Kemudian, Anda rajin membagikan informasi yang penting, seperti produk atau proyek terbaru dan event yang sedang dijalankan. Anda bisa juga memberikan ”like’ pada postingan klien dan menyapa mereka di media sosial.
2Kirimkan Pesan Padanya
Cobalah mengontak klien terlebih dahulu melalui SMS atau WhatsApp. Tentunya, hindari pesan yang sok akrab, seperti menanyakan apa yang sedang dilakukannya sekarang. Sebab mereka mungkin sedang sibuk dan tidak mau diganggu sama sekali.
Sebagai contoh, coba Anda mengirim pesan yang berisi bahwa Anda mengingat klien Anda. Misalnya, ”Hai, apa kabar? Kebetulan saya baru saja melewati kantor Anda, sehingga saya teringat dengan Anda. Senang pernah bekerja sama dengan Anda. Kabarnya, bisnis Anda sekarang makin sukses. Kapan-kapan, mungkin saya akan mampir ke kantor Anda.” Nah, contoh pesan tersebut bisa dikirimkan pada klien Anda. Siapa tahu akan ada proyek kerja sama yang baru.
Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari
3Ingat Momen Spesialnya
Klien Anda akan senang jika Anda mengingat momen spesialnya. Seperti hari ulang tahunnya, hari ulang tahun perusahaannya, dan saat klien sedang merayakan suatu pencapaian. Misalnya, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun atau karangan bunga untuk mengucapkan selamat atas peluncuran bisnis baru klien Anda.
4Berikan Hadiah di Hari Raya
Hari raya dapat menjadi waktu untuk bersilaturahmi. Coba berikan hadiah seperti parsel saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran, saat hari Natal, atau saat tahun baru tiba.
Baca juga: Tips Packing Kue Lebaran Aman Dan Mudah
Meski mungkin hanya setahun sekali Anda mengirimkan hadiah tersebut, klien pasti akan menghargainya dan Anda akan selalu diingat. Bahkan mungkin klien juga akan mengirimkan Anda hadiah sebagai balasan dan rasa terima kasih.
Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen
5Buatlah Janji untuk Bertemu
Tentu saja, hubungan Anda dengan klien akan lebih dekat jika sudah beberapa kali bertemu secara langsung. Cobalah buat janji dengannya untuk bertemu di kantor atau di tempat tertentu. Pertemuan tidak harus selalu berhubungan dengan kepentingan bisnis. Anda bisa mengajak bertemu untuk membicarakan apa saja, seperti sedang mengobrol bersama teman. Upayakan bangun hubungan dengan cara yang menyenangkan.
Baca Juga: 10 Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha
Nah, itulah lima cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga hubungan dengan klien bisnis Anda. Silakan Anda lakukan agar klien Anda selalu mengingat bisnis Anda dan tertarik untuk terus membangun kerja sama bisnis.