7 Hal yang Membuat Komunikasi dalam Bisnis Tidak Efektif – Setiap pebisnis harus mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam menulis, membaca, berbicara, dan mendengar.
Disadari atau tidak, setiap hari kita melakukan aktivitas komunikasi dengan lingkungan kita. Saat berkomunikasi, unsur yang paling penting bukan hanya soal apa yang kita sampaikan, tapi bagaimana cara kita menyampaikan pesan kepada orang lain.
Tak peduli seberapa potensialnya bisnis Anda, tanpa keterampilan komunikasi yang baik, bisnis akan sulit berhasil. Sebab Anda harus melakukan komunikasi yang efektif agar pesan atau informasi dari Anda dapat diterima dengan baik oleh orang lain di lingkungan bisnis.
Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pebisnis
Maka dari itu, hindari hal-hal berikut yang dapat menyebabkan komunikasi tidak efektif.
Daftar Isi
7 Penyebab Komunikasi dalam Bisnis Tidak Efektif
1Lingkungan yang Mengganggu
Komunikasi yang tidak efektif bisa terjadi karena adanya gangguan di lingkungan sekitar tempat Anda berkomunikasi. Misalnya, Anda meeting dengan klien di kafe yang sedang ramai pengunjung, sehingga membuat kalian tidak bisa fokus.
Maka dari itu, jangan memilih tempat yang tidak kondusif. Anda harus selektif dalam menentukan tempat yang tepat untuk membicarakan hal-hal berkaitan dengan bisnis.
Baca Juga: 6 Hal yang Menyebabkan Rapat di Kantor Tidak Efektif
2Tidak Mengenal Audiens
Seperti saat memasarkan produk, Anda tidak bisa asal melakukan promosi tanpa memahami siapa konsumen potensial yang dituju. Anda perlu terlebih dahulu mengenal audiens Anda agar Anda bisa mengomunikasikan pesan secara tepat sasaran.
Misalnya, audiens Anda adalah anak muda, tapi Anda menggunakan gaya bahasa formal dan kaku. Padahal, lebih baik Anda menggunakan gaya bahasa gaul dan santai yang sesuai dengan kepribadian dan kebiasaan anak muda.
Baca Juga: 7 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pelanggan yang Sulit
3Penggunaan Media yang Salah
Anda harus tahu media yang tepat untuk melakukan komunikasi sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin berkomunikasi secara personal, Anda bisa menemui orangnya secara langsung, menghubunginya melalui telepon, atau chat pribadi.
Atau, jika Anda ingin terhubung dengan para profesional, LinkedIn merupakan jejaring sosial yang paling tepat. Jika Anda ingin menjangkau audiens yang sangat luas, Anda bisa menggunakan media massa dan media sosial yang populer.
Baca Juga: 6 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Perlu Diwaspadai
4Pesan yang Tidak Kuat
Saat Anda melakukan komunikasi dalam bisnis, Anda harus memasukkan pesan yang kuat kepada audiens Anda. Misalnya, dalam membuat iklan, pastikan ada pesan yang dapat menyentuh, sehingga lebih berkesan.
Namun jika pesan Anda tidak kuat, informasi akan cepat dilupakan. Anda harus kreatif dalam merangkai kata-kata untuk mengomunikasikan tentang sesuatu hal yang penting.
Baca Juga: 15 Istilah dalam Dunia Startup yang Perlu Diketahui
5Bahasa yang Sulit Dimengerti
Hindari pengunaan bahasa yang sulit dimengerti, karena belum tentu orang lain memahami apa yang Anda pahami. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan bahasa yang sulit dimengerti, pastikan Anda menjelaskan maksudnya.
Misalnya, istilah ‘fintech’, singkatan dari ‘financial‘ dan ‘technology‘. Anda perlu jelaskan artinya, yakni inovasi di bidang jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi. Dengan begitu, orang awam akan mengerti istilah asing tersebut.
Baca Juga: Masih Ragu Investasi di Peer-to-Peer Lending? Baca Ini Dulu!
6Struktur Komunikasi yang Buruk
Berbicara secara runut tentang suatu hal akan lebih mudah dipahami oleh audiens. Contohnya, dimulai dari pembukaan, isi, dan kemudian penutup.
Maka dari itu, perhatikan struktur komunikasi Anda. Hindari membicarakan satu hal dengan alur yang berantakan, karena akan membuat audiens membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses informasi.
Baca Juga: 3 Hal yang Jangan Diucapkan Jika Anda Ingin Sukses Berbisnis
7Kata-kata yang Negatif
Penggunaan kata-kata negatif dapat membuyarkan maksud utama pesan Anda. Misalnya, Anda hendak menjelaskan keunggulan produk Anda, tetapi sambil menjelekkan kelemahan produk pesaing secara gamblang.
Kata-kata negatif mungkin bisa langsung mengena, tapi apa yang Anda sampaikan akan membuat masalah. Pasti akan ada orang yang salah paham dan akhirnya membuat Anda harus menghadapi masalah baru.
Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki Agar Bisa Sukses
Nah, itulah hal-hal yang dapat membuat komunikasi dalam bisnis tidak efektif. Anda harus menghindarinya demi kelancaran proses komunikasi antara Anda dengan orang-orang di lingkungan bisnis Anda.