Supaya Rezeki Lancar, Ini 7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Pebisnis – Ada pepatah yang mengatakan bahwa jangan bangun kesiangan agar rezeki tidak dipatok ayam. Bangun pagi disarankan karena dianggap dapat mempengaruhi kelancaran rezeki.

Pepatah tersebut ada benarnya. Bangun pagi merupakan salah satu tanda bahwa Anda orang yang rajin. Bangun pagi harus menjadi kebiasaan baik bagi pebisnis yang ingin sukses mendapatkan banyak rezeki.

Baca Juga: 24 Jam Sehari Tidak Cukup? Coba Lakukan 7 Tips Manajemen Waktu Ini

Tentu saja ada alasan yang jelas kenapa penting sekali bangun pagi bagi pebisnis. Berikut beberapa manfaat jika Anda selalu bangun pagi setiap hari.

7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Anda yang Ingin Sukses

1. Tidak Terburu-buru Memulai Aktivitas

manfaat bangun pagi tidak terburu-buru dalam beraktivitas

Saat Anda bangun pagi, Anda bisa lebih siap untuk memulai aktivitas. Pada hari kerja, Anda tidak akan terburu-buru datang ke kantor. Anda bisa lebih awal bekerja dan menjalankan rutinitas.

Saat akhir pekan pun, Anda bisa bersiap untuk memulai kegiatan yang sudah direncanakan. Anda bisa melakukan banyak hal dibandingkan jika Anda bangun di siang hari.

Baca Juga: 7 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

2. Bisa Berolahraga di Pagi Hari

manfaat bangun pagi bisa berolahraga

Supaya Anda bisa tetap produktif, Anda harus memiliki tubuh yang sehat. Anda tidak dapat bekerja secara maksimal jika tubuh Anda cepat lelah dan gampang sakit. Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga.

Pagi hari merupakan waktu yang terbaik untuk olahraga. Dengan bangun lebih awal, Anda akan sempat berolahraga sebelum menjalankan aktivitas lainnya. Namun, tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukanlah olahraga ringan di sekitar rumah.

Baca Juga: Mau Sukses? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan dalam Bisnis Ini

3. Mood Anda Jadi Lebih Baik

manfaat bangun pagi pikiran masih segar

Berdasarkan studi yang dilaporkan dalam jurnal Emotion tahun 2012, peneliti dari Universitas Roehampton di Inggris menyimpulkan bahwa bangun pagi dapat membuat mood jadi lebih baik.

Orang yang suka bangun pagi cenderung lebih bahagia dan ceria dibandingkan orang yang suka bangun kesiangan. Tentu saja mood yang baik akan membuat Anda lebih bersemangat untuk mencari rezeki.

Kadang-kadang hanya bisa meluangkan waktu melalui rutinitas pagi adalah apa yang Anda butuhkan secara mental untuk menghadapi banyak tantangan hari itu. Mampu memilih pakaian Anda untuk hari itu, bermain dengan gaya rambut yang berbeda, atau membalik katalog sambil minum kopi tanpa merencanakan langkah Anda selanjutnya adalah semua yang Anda butuhkan untuk merasa seperti Anda memiliki awal yang baru.

Baca Juga: 8 Tempat yang Tepat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis

4. Pikiran Masih Segar

manfaat bangun pagi membuat pikiran lebih segar

Manfaat bangun pagi ialah Anda lebih dapat berpikir dengan baik. Pikiran yang paling segar ialah di pagi hari. Apalagi udara pagi yang masih segar juga akan menambah kesegaran pada pikiran. Diri mereka yang ceria, cerewet, dan terkadang bernyanyi perlu memahami bahwa pagi itu harus menjadi waktu yang tenang – agar Anda benar-benar terbangun. Namun karena orang yang bangun lebih awal sering kali tidur lebih awal, mereka cenderung menerima tujuh hingga sembilan jam tidur yang disarankan untuk tidur malam orang dewasa. Karena tidur dalam jumlah penuh yang dibutuhkan untuk tubuh dan pikiran yang lebih sehat, masuk akal bahwa kepositifan pagi mereka berhubungan langsung dengan istirahat mereka.

Untuk itu, jangan tidur larut malam. Biasakan tidur dengan teratur agar Anda bisa memiliki waktu istirahat yang cukup dan dapat bangun pagi setiap hari.

Baca Juga: 7 Tips Agar Beban Kerja yang Berat Terasa Lebih Ringan

5. Waktu Terbaik untuk Berdoa

manfaat bangun pagi berdoa pada tuhan

Pikiran bawah sadar bekerja sangat baik di pagi hari. Itulah sebabnya Anda diminta untuk mengawali hari dengan berdoa. Anda bisa mengucapkan kata-kata positif untuk mempengaruhi pikiran Anda.

Berdoalah supaya Anda diberikan kelancaran dalam melakukan aktivitas seharian, diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah. Dengan sungguh-sungguh berdoa, Anda akan punya harapan yang positif sepanjang hari.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

6. Tidak Gampang Stres

manfaat bangun pagi juga menghilangkan rasa takut gagal dalam memulai usaha
gambar: universityhealthnews.com

Bangun pagi membuat pikiran Anda lebih segar dan mood lebih baik. Tentu saja, hal ini berpengaruh terhadap kemampuan Anda dalam mengelola stres akibat pekerjaan dan masalah lainnya.

Fungsi otak yang lebih baik, kurangnya ketegangan fisik dan stres, dan tidur restoratif adalah semua komponen dari persamaan yang menghasilkan kemampuan Anda untuk melepaskan kecemasan dan mendekati hari Anda saat datang. Tidak mengherankan, para ahli kesehatan mental mengaitkan manajemen waktu dan pengaturan yang baik dikombinasikan dengan istirahat malam yang nyenyak menjadi pikiran yang lebih sehat. Terlalu banyak tidur dan tidur tidak produktif menyebabkan lebih tingginya insiden depresi dan penyakit psikologis.

Kecenderungan Anda untuk depresi menjadi lebih rendah. Anda lebih kuat menghadapi tekanan. Sehingga dapat dipastikan kinerja Anda juga lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering bangun terlambat.

Baca Juga: 7 Aktivitas di Akhir Pekan yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

7. Menyiapkan Rencana Kerja

manfaat bangun pagi bisa untuk mencatat persiapan kerja

Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan berbagai hal untuk dilakukan saat bangun lebih pagi. Anda belum terganggu oleh aktivitas lain, sehingga Anda bisa memikirkan rencana kerja Anda dengan baik.

Jelas, pikiran yang tenang lebih siap untuk apa yang harus dilakukan hari itu. Karena Anda akan lebih terorganisir dan bersemangat, Anda juga lebih siap untuk menghadapi apa yang dilemparkan hidup kepada Anda. Suasana hati Anda tidak hanya akan lebih siap untuk menangani masalah apa pun yang muncul, tetapi masalah jangka panjang lebih mungkin diselesaikan dengan lebih mudah karena kemampuan otak Anda untuk memecahkan masalah sepanjang malam jika Anda mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Otak Anda yang masih segar membuat Anda lebih cepat berpikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat. Anda pun akan lebih siap menjalani rutinitas pekerjaan harian Anda.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan yang Mampu Menghasilkan Keuntungan Besar


Nah, itulah manfaat bangun pagi setiap hari. Jika Anda ingin sukses, Anda harus mengatur waktu dengan bijaksana dan tidak bermalas-malasan. Jadi, biasakanlah diri Anda untuk selalu bangun pagi agar dapat mengawali aktivitas Anda dengan baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.