5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan – Kerja sama dalam tim (teamwork) terkadang dihindari oleh beberapa orang di lingkungan kerja. Ada yang merasa sanggup bekerja secara independen, sehingga tidak terlalu mengandalkan orang lain.

Padahal, teamwork memberikan sejumlah manfaat bagi diri Anda sendiri dan perusahaan. Anda harus menurunkan ego dan menjaga kekompakan hubungan dalam tim. Hindari sikap yang merasa bisa bekerja sendiri-sendiri.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Nah, berikut beberapa alasan kenapa Anda harus bekerja dalam tim. Setidaknya, ada lima hal penting yang harus Anda sadari tentang manfaat team bagi keberhasilan suatu bisnis.

5 Manfaat Teamwork dan Pentingnya Bekerja Dalam Tim

1Meningkatkan Efisiensi Kerja

pemimpin yang disegani - bekerja

Masing-masing orang dalam tim mungkin memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Namun, setiap orang harus sepakat dalam hubungan kerja. Tim kerja harus memahami target dalam kelompok dan memiliki satu visi yang sama dalam bekerja.

Jika terjalin kerja sama yang baik, efisiensi kerja jadi meningkat. Setiap orang akan menjalankan fungsinya secara bersamaan sesuai tanggung jawab masing-masing, sehingga pekerjaan yang menumpuk dapat cepat dibereskan.

Baca Juga: 6 Rumus Dasar Dalam Bisnis yang Harus Anda Terapkan

2Memiliki Banyak Ide Kreatif

presentasi produk baru

Jika Anda selalu bekerja sendirian, pikiran Anda akan lama berkembang. Saat pikiran Anda buntu, Anda tidak akan bisa menemukan ide yang kreatif dan inovatif. Berbeda jika Anda bekerja dalam tim, Anda dapat saling berkomunikasi untuk bertukar pikiran.

Kreativitas pun akan terbangun karena terdapat diskusi untuk membahas berbagai gagasan yang menarik. Anda bisa mendapatkan ide terbaik dan akhirnya menciptakan solusi yang optimal secara bersama-sama.

Baca Juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

3Beban Kerja Jadi Lebih Ringan

pengembangan bisnis - 2

Banyak hal yang dapat dikerjakan jika dilakukan bersama-sama. Suatu pekerjaan besar akan terasa mudah jika dikerjakan oleh beberapa orang.

Baca Juga: Kode Bank BRI, BCA, dan Bank Indonesia Lainnya: Lengkap!

Meski setiap orang memiliki tugas masing-masing sesuai delegasi yang dibagikan oleh atasan, semuanya akan saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

Enaknya memiliki tim, Anda bisa membagikan beban kerja Anda dan juga memberikan bantuan pada anggota tim lainnya. Semua orang akan saling tolong-menolong dan belajar untuk tidak memperhatikan kepentingan pribadi, tetapi mengutamakan kepentingan bersama.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

4Saling Menguatkan di Masa Sulit

pemimpin yang disegani - membaur

Setiap anggota tim memiliki peran masing-masing. Namun, semuanya saling mendukung dan melengkapi dengan visi yang sama. Terutama pada masa-masa sulit, manfaat teamwork akan sangat terasa karena Anda bisa mengandalkan satu sama lain dan juga saling menguatkan.

Bandingkan jika Anda hanya bekerja sendiri. Anda akan kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda pun akan mengambil keputusan yang salah di saat stres melanda, karena tidak ada orang yang bisa diajak berdiskusi untuk mengatasi masalah.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Jenius yang Wajib Wajib Ditiru Agar Bisa Lebih Sukses

5Memajukan Perusahaan

tips meeting dengan klien - tim baru di kantor

Kolaborasi dalam tim akan berdampak terhadap kemajuan perusahaan. Produktivitas kerja akan meningkat karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pekerjaan, sesuai dengan keterampilan masing-masing.

Pastinya, sebuah proyek yang dikerjakan bersama akan cepat selesai. Proyek lain yang menanti pun bisa siap untuk dikerjakan. Target perusahaan akan cepat tercapai dengan adanya kualitas tim kerja yang saling mendukung.

Baca Juga: 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik Dalam Bisnis dan Kehidupan


Nah, itulah manfaat teamwork bagi diri sendiri dan perusahaan. Namun, manfaat tersebut baru dapat Anda rasakan jika Anda memiliki tim kerja yang kompak dan sehati untuk mencapai tujuan yang sama. Hindari ego masing-masing dan hargai kepentingan bersama. Dengan begitu, semua pekerjaan dapat selesai dengan maksimal dalam waktu yang cepat dan memenuhi target perusahaan sesuai dengan harapan.