Sikap-sikap Baik yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin – Seringkali orang yang baik hati dianggap sebagai orang yang lemah dan tidak tegas.
Sebagai pemimpin, mungkin Anda ragu untuk terlihat baik karena takut kehilangan wibawa. Namun, menjadi pemimpin yang tegas bukan berarti menjadi orang yang tidak ramah.
Baca Juga: Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai Seorang Pengusaha
Maka dari itu, perhatikan tutur kata dan perilaku yang baik saat berada di kantor. Sikap yang baik akan membuat orang lain semakin hormat kepada Anda.
Nah, berikut cara-cara bersikap baik yang bisa Anda tunjukkan kepada karyawan di kantor.
Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Perusahaan
Daftar Isi
5 Sikap Baik Pemimpin yang Perlu Anda Miliki
1Memberikan Solusi yang Baik
Pasti akan ada masalah dalam pekerjaan. Karyawan yang kesulitan menanganinya biasanya akan stres dan takut melakukan kesalahan yang fatal.
Namun, cobalah sudut pandang orang lain dalam melihat masalah agar Anda tidak mudah menghakimi mereka. Dengarkan masalah mereka dengan penuh perhatian.
Dengan begitu, Anda akan lebih memahami masalah karyawan. Sehingga Anda akan datang dengan solusi yang baik, bukan malah membuat mereka semakin tertekan.
Baca Juga: 5 Cara Pemimpin untuk Menjadi Pendengar yang Baik
2Memberikan Kritik yang Konstruktif
Bersikap baik bukan berarti Anda enggan memberikan kritik. Dalam sebuah hubungan kerja yang profesional, Anda perlu memberikan umpan balik kepada tim Anda.
Dengan menyampaikan kritik yang konstruktif Anda tidak akan terlihat sebagai pemimpin yang buruk. Namun, tim Anda akan menghargai masukan Anda karena pesan yang disampaikan bersifat membangun dan bukan menjatuhkan.
Maka dari itu, perhatikan pemilihan kata-kata yang positif saat mengkritik. Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan membantu karyawan Anda menjadi lebih baik dalam bekerja.
Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja
3Sabar dan Menahan Amarah yang Berlebihan
Pemimpin yang baik dapat bersikap sabar dan mengontrol amarah. Anda pasti sebal jika ada karyawan yang melakukan pelanggaran dan kesalahan. Namun, tidak semua hal harus dihadapi dengan emosi.
Jika kesalahan yang dilakukan masih sepele, cukup peringatkan dan berikan kritik yang membangun. Tidak perlu marah-marah dengan nada tinggi hingga mengucapkan kalimat negatif.
4Izinkan Karyawan Melakukan Negosiasi
Biarkan karyawan mengutarakan keinginannya dan berdiskusi dengan Anda. Ada kalanya, karyawan ingin melakukan negosiasi terkait hak-haknya.
Misalnya, karyawan ingin mengajukan izin cuti kerja untuk jangka waktu yang panjang. Anda perlu menunjukkan sikap baik dan keramahan saat karyawan menyampaikan permohonannya itu.
Pahami keinginannya dan sesuaikan dengan kebijakan kantor. Jika memang memungkinkan, jangan tahan hak karyawan itu. Buatlah kesepakatan yang bijaksana dan adil agar karyawan merasa dihargai.
Baca Juga: 7 Tips Menjalin Relasi dengan Orang Lain di Lingkungan Bisnis
5Mau Meminta Masukan dari Orang Lain
Sebagai pemimpin Anda harus dapat mengambil keputusan. Namun, jangan hanya mengikuti pikiran sendiri. Anda perlu memikirkan baik-baik keputusan Anda dari berbagai perspektif.
Cobalah berdiskusi dengan tim Anda. Ucapkan terima kasih atas setiap masukan dari mereka yang menjadi bahan pertimbangan Anda.
Walau pada akhirnya tidak semua orang akan setuju dengan keputusan final yang diambil, Anda telah punya iktikad yang baik karena secara terbuka membahasnya bersama dengan tim Anda.
Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses
Nah, itulah sikap-sikap baik yang diperlukan oleh seorang pemimpin. Ingat, kualitas kepemimpinan juga dinilai dari kebaikan yang Anda tunjukkan.
Oleh sebab itu, jadilah pemimpin yang baik yang selalu bijaksana dalam memperhatikan setiap perkataan dan perbuatannya.