Siapa yang tidak suka dengan giveaway? Ibarat sebuah kue, giveaway lah yang menjadi icing di atasnya bagi brand dalam bersosial media.

Bukan hanya itu, menjalankan giveaway menjadi salah satu siasat untuk membuat awareness menjadi semakin tinggi.

Alhasil followers terus bertambah dan interaksi dengan audiens di social media pun semakin baik.

Giveaway sendiri merupakan bentuk program memberikan hadiah yang mengikutsertakan audiens untuk berpartisipasi.

Karena biasanya hadiah yang diberikan menarik dan secara cuma-cuma, momen giveaway ini menjadi selalu ditunggu.

Selain itu para audiens yang ikut serta secara umum berkompetisi satu sama lain, tidak jarang ada kesan seru pada setiap moemn giveaway yang ditunggu.

Tapi, memberikan hadiah untuk giveaway sebaiknya tidak sesuka hati.

Ada beberapa hal dan cara yang perlu dipertimbangkan agar giveaway yang dijalankan membuahkan hasil maksimal.

Lalu, bagaimana agar giveaway yang kamu buat dapat sukses dan efektif?

Di bawah kami rangkum beberapa tips membuat giveaway supaya berhasil untuk kamu coba.


Tentukan Jenis Giveaway

Tips membuat giveaway pertama yang bisa kamu coba agar sukses dan efektif adalah dengan menentukan jenisnya.

Tujuannya agar kamu bisa lebih terfokus dan menyesuaikan dengan karakteristik audiensmu.

Ada beberapa jenis giveaway yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui undian dan kompetisi. Kamu pun bisa mengkombinasikan keduanya, semua tergantung pada tujuan apa yang ingin kamu dan brand capai.

Sebagai contoh, jika ingin meningkatkan penjualan kamu bisa mencoba kompetisi sebagai bentuk giveaway.

Misalnya dengan mengadakan photo contest audiens yang menggunakan produkmu.

Sedangkan jika ingin meningkatkan followers kamu bisa mencoba undian dengan engagement post yang melibatkan audiensmu untuk mengisi kolom komentar dan tag beberapa orang lainnya.


Pilih Giveaway Yang Tepat

Selanjutnya tips membuat giveaway yang bisa kamu lakukan adalah memilih apa hadiah yang tepat.

Memilih giveaway apa yang tepat termasuk sebuah pertimbangan penting.

Alasannya, jika pemenang mengikuti kompetisi yang dinilai persaingannya cukup besar setidaknya mereka layak mendapatkan giveaway yang cukup besar.

Sementara bagi mereka yang ikut undian, rasanya masih layak untuk dapat hadiah yang lebih kecil. Untuk meningkatkan awareness sebaiknya kamu juga memberikan mereka hadiah yang berhubungan dengan brand-mu.

Jangan memberikan hadiah yang tidak ada hubungannya dengan brand-mu karena akan tidak efektif untuk pertumbuhan followers maupun awareness.


Adakan Giveaway Di Timing Yang Pas

Terpikir untuk melakukan giveaway setiap hari? Nyatanya itu tidak efektif dan malah akan merugikan kamu dan bisnismu.

Memilih timing yang pas untuk mengadakan giveaway juga cukup penting.

Tips membuat giveaway yang satu ini dapat membantu pengeluaran brand agar lebih efektif lagi.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan momen sebelum lebaran dengan memberikan giveaway baju lebaran couple untuk Idul Fitri bersama keluarga.

Atau, jika punya bisnis kue kering kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan hampers giveaway.

Dengan memilih timing yang pas kamu juga dapat menghindari pengeluaran berlebihan karena frekuensi giveaway yang terlalu sering.


Pilih Pemenang Dengan Adil

Setelah kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang dan terancang, kini tiba saatnya untuk memilih pemenang giveaway yang sudah kamu adakan.

Ada banyak sekali peserta yang ikut, tandanya sudah bagus karena antusiasmenya yang tinggi.

Namun, jangan sampai kamu memilih pemenang secara tidak adil.

Misalnya, dengan memenangkan partisipan yang kamu kenal, padahal jawabannya salah ketika ikut quiz atau photo contest yang tidak sesuai syarat.

Tips membuat giveaway ini dinilai penting, karena apabila tidak adil dan ada audiens yang sadar malah akan menimbulkan masalah baru.

Alhasil kamu akan kehilangan kepercayaan audiens.

Followers pun berkurang dan akan mempengaruhi image brand-mu. Jadi, harus lebih hati-hati dalam memilih pemenang karena semua orang berhak untuk mendapat kesempatan.


Itulah beberapa tips membuat giveaway yang bisa kamu lakukan, baik untuk meningkatkan awareness, engagement maupun followers.

Pastikan kamu untuk mengikuti semuanya ya, agar giveaway yang kamu lakukan bisa lebih sukses dan efektif. Jika ingin sukses dan efektif juga dalam menjalankan bisnis, kamu bisa mengandalkan KoinWorks sebagai solusi finansialmu.

Salah satunya adalah dengan KoinBisnis yang dapat membantumu dengan pinjaman modal usaha. Dengan limit hingga Rp2 miliar, kamu bisa menikmati pinjaman dengan cicilan bunga yang terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan.

Kamu juga tidak perlu takut, karena keamanannya sudah terjaga dan terdaftar di OJK. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat bisnismu semakin maju!