HomeMarketingMedia SosialBerapa Pixel Ukuran Konten Feed Instagram yang Ideal?

Berapa Pixel Ukuran Konten Feed Instagram yang Ideal?

Berapa pixel ukuran feed Instagram yang Ideal?

Sebelum kamu membagikan unggahan foto dan video di akunmu, pelajari dulu ukuran feed Instagram yang ideal di sini.

Yuk, ketahui selengkapnya!

Apa itu Feed Instagram?

Layar feed pada aplikasi Instagram ialah daftar yang berisi segala konten yang telah kamu bagikan kepada pengguna Instagram lain. Konten tersebut bisa berupa foto asli, foto editan, album koleksi foto, maupun video singkat.  

Fungsi Feed pada Aplikasi Instagram

Rata-rata konten yang ada dalam Instagram ialah berupa foto dan video, sehingga memiliki fungsi yang berbeda ketimbang aplikasi medsos lainnya. Selama kamu tidak menghapus konten yang kamu bagikan, feed pada aplikasi Instagram tidak akan hilang. Oleh sebab itu, fungsi paling penting dari feed adalah sebagai berikut:

  • Memperkenalkan akun kamu kepada para pengguna lain yang menandai atau mengomentari postingan kamu.
  • Mempromosikan brand produk yang kamu jual, jika kamu mengiklankan bisnis lewat Instagram.
  • Membantu kamu mengikuti trend apapun yang sedang populer di internet via postingan di Instagram.
  • Melihat siapa saja pengguna yang tertarik dengan konten yang kamu bagikan.
  • Membagikan dan mendapatkan informasi bermanfaat kepada pengguna Instagram lainnya.
  • Melatih skill membuat konten kreatif sesuai kebutuhan pasar digital.
  • Membagikan testimoni pelanggan kepada target pasar bisnis.
  • Mencari inspirasi konten digital marketing untuk promosi bisnis secara spesifik dari akun kompetitor.
  • Tools untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Instagram.

Tentunya, aktivitas yang kamu lakukan di aplikasi ini membutuhkan beberapa perencanaan penting. Salah satu bentuk perencanaan itu adalah mengatur ukuran feed Instagram pada foto dan video kamu. Tujuannya, supaya file foto atau video yang kamu bagikan tidak pecah, buram, atau terpotong sebagian.

Jenis-jenis Ukuran Feed Instagram

Pada bagian ini, kamu akan mempelajari tentang berbagai jenis ukuran Instagram feed yang dapat kamu terapkan. Jika ada konten, baik foto, video, atau reels yang rasio atau pixelnya tidak sesuai ketentuan, maka akan terpotong dan buram. Berikut ini jenis ukuran pixel feed yang perlu kamu tahu:

1. Foto

Inilah konten yang paling banyak orang bagikan di aplikasi ini, meskipun rata-rata foto di Instagram cenderung banyak editannya. Jika ada pengguna lain yang menandai akun kamu pada postingan foto mereka, maka akan muncul notifikasi di feed kamu. 

Di bawah ini ialah pengaturan rasio beserta resolusi yang cocok untuk ukuran feed Instagram foto:

  • Persegi/Square: rasio (1:1), resolusi 1080×1080 pixel

photos 1080 x 1080

  • Vertikal/Portrait rasio (4:5), resolusi 1080×1350 pixel

photos 1080 x 1350

  • Horizontal/Landscape: rasio (1:91:1), resolusi 1080×608 pixel

photos 1080 x 680

Demi menjaga kerapihan foto-foto yang hendak kamu unggah, sebaiknya kamu selaraskan saja ukuran pixel foto kamu. Contohnya, jika foto favorit kamu memiliki rasio (4:5) dengan resolusi 1080×1350 pixel, maka foto-foto yang lain sebaiknya juga menggunakan pengaturan tersebut.

2. Video

Kendati ada beberapa aplikasi lain yang lebih mampu membagikan video, Instagram tetap menawarkan opsi pembuatan dan pembagian video untuk kamu. Pengaturan ukuran feed Instagram untuk video kurang lebih sama saja dengan pengaturan untuk foto, dengan sedikit perbedaan berikut ini:

  • Persegi/Square: rasio (1:1), resolusi 1080×1080 pixel
  • Vertikal/Portrait: rasio (4:5), resolusi 1080×1350 pixel
  • Horizontal/Landscape: rasio (16:9), resolusi 1080×608 pixel

Ukuran pixel yang terbaik untuk video kamu adalah Portrait dengan rasio (4:5) atau Landscape dengan rasio (16:9). Tujuannya adalah untuk mencegah video terpotong saat kamu unggah ke aplikasi ini.

3. Reels

Konten Reels merupakan fitur terbaru pada aplikasi Instagram, yaitu menu pembuatan video pendek yang mirip TikTok. Jenis konten ini membutuhkan ukuran feed Instagram yang berbeda ketimbang foto dan video biasa.

Perhatikan pengaturan feed untuk Reels berikut ini:

  • Rasio konten: (9:16)
  • Resolusi konten: 1080×1920 atau 1080×1350 pixel

reels 1080 x 1920

reels 1080 x 1350

Meskipun kamu bisa memilih opsi kedua untuk Reels dan Stories, kamu sebaiknya memilih opsi pertama, yaitu 1080×1920 pixel. Tujuannya untuk memberikan tampilan yang pas dan jernih saat tayang di layar smartphone  Kamu juga dianjurkan untuk menaati batas aman pengeditan saat memasukkan stiker atau emoji ke foto.

4. Carousel

Mungkin kamu yang baru pertama kali menggunakan Instagram akan bertanya-tanya, apa fitur Carousel? Ini merupakan sebuah opsi untuk mengunggah dan membagikan lebih dari satu konten dalam sekali unggah. Batas konten paling banyak yang bisa kamu bagikan via Carousel, yaitu 10 foto.

Ukuran rasio dan resolusi konten pada opsi Carousel ini akan mengikuti konten pertama yang kamu masukkan ke Carousel. Misalnya, kamu unggah foto pertama yang rasionya (1:1) dengan resolusi 1080×1080 pixel. Foto kedua, ketiga, dan seterusnya akan ikut menyesuaikan ukurannya dengan pengaturan tersebut.

Cara Mengatur Ukuran Feed Instagram

Setelah kamu membaca tentang jenis ukuran Instagram feed di bagian sebelumnya, kini waktunya kamu membaca cara mengatur pixel pada layar tersebut. Untungnya, ada beberapa contoh aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengubah ukuran pada foto atau video kamu, seperti berikut ini:

  • Pertama, unduh aplikasi untuk mengedit gambar dan video, misalnya Adobe Photoshop, Instasize, atau Snapseed.
  • Kemudian, kamu buka aplikasi itu dan pilih opsi untuk mengunggah foto atau video kamu untuk memulai pengaturan pixelnya.
  • Begitu fotonya masuk ke dalam aplikasi, atur supaya rasio dan resolusi fotonya sesuai dengan aturan ukuran feed Instagram.
  • Bila kamu menggunakan fitur-fitur lain untuk menghias foto tersebut, pastikan agar hiasan itu tak terpotong oleh pengaturan pixel foto.
  • Kalau sudah selesai, simpan foto yang telah kamu edit dengan mengklik opsi “Save/Simpan”.
  • Silahkan unggah foto atau video tersebut di akun Instagram kamu.

Ingatlah tentang perbandingan rasio dan resolusi yang cocok untuk setiap konten kamu, supaya tidak salah klik. Bagi yang belum paham tentang pengertian rasio dan resolusi, bacalah sedikit informasi di bawah ini:

  • Rasio foto adalah sebuah pengaturan penanda tinggi dan lebar suatu foto, baik dalam mode vertikal maupun horizontal. Rasio menggunakan perbandingan ukuran dalam bentuk (X:Y) untuk mewakili angka. Simbol X melambangkan lebar sebuah foto, sedangkan simbol Y melambangkan tinggi foto tersebut.
  • Sedangkan resolusi foto adalah jumlah pixel yang terdapat pada sebuah foto atau video. Tinggi atau rendahnya resolusi pixel pada foto atau video berpengaruh besar terhadap kualitas konten. Sebagaimana rasio foto yang menggunakan simbol (X:Y), resolusi juga menggunakan perbandingan itu.

Sudah Paham Cara Mengatur Ukuran Feed Instagram?

Dan itulah pembahasan mendetail tentang apa itu feed pada aplikasi Instagram ini, beserta cara mengatur ukuran feed Instagram.

Karena tidak semua foto dan gambar dapat menggunakan ukuran pixel yang sama, kamu sebaiknya pandai-pandai mengelola pengaturan pada aplikasi tersebut.


Temukan inspirasi lainnya seputar teknologi, media sosial dan marketing hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...