Apa itu Perusahaan FMCG? Ini Pengertian dan Ciri-ciri Lengkapnya

1450
apa itu perusahaan fmcg

Perusahaan FMCG – Sebagai pelaku bisnis memperkaya ilmu mengenai pengetahuan dalam bisnis perlu untuk terus dilakukan. Tujuannya agar dapat belajar lebih banyak dan menemukan inspirasi untuk kemudian diadaptasikan kepada bisnis yang sedang dijalankan. Salah satu hal penting yang perlu untuk dipahami adalah tipe-tipe bisnis dari perusahaan besar dan sudah mempunyai nama. Lantas, seperti apakah perusahaan FMCG itu? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Pengertian FMCG

Fast-moving consumer goods (FMCG), juga dikenal sebagai barang kemasan konsumen (CPG), adalah produk yang dijual dengan cepat dan dengan biaya yang relatif rendah. Contohnya termasuk barang-barang rumah tangga yang tidak tahan lama seperti makanan kemasan, minuman, perlengkapan mandi, permen, kosmetik, obat bebas, barang kering, dan bahan habis pakai lainnya.

Sebagai contoh, perusahaan FMCG atau fast moving consumer goods yang namanya sudah familiar di telinga banyak orang. Sebut saja Unilever, Indofood, Nestle dan Johnson & Johnson, pasti semua orang sudah pernah mendengarnya.

Seperti Apa Perusahaan FMCG Itu?

Berikut adalah ciri-ciri perusahaan FMCG:

Memproduksi Barang Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Perusahaan FMCG biasanya memproduksi kebutuhan sehari-hari. Produknya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu perawatan pribadi, perlengkapan rumah tangga, juga makanan dan minuman. Produk perawatan pribadi biasanya meliputi perlatan mandi, seperti sabun, shampo, pasta gigi dan lain sebagaianya.

Contoh perusahaan FMCG yang mengeluarkan produk tersebut adalah Unilever dengan Love Beauty and Planet atau Dove. Sementara perlengkapan rumah tangga meliputi deterjen, pembersih kamar mandi, sabun cuci piring, hingga obat nyamuk. Molto merupakan salah satu contoh perusahaan FMCG yang kerap mengeluarkan produk cuci untuk pakaian.

Baca Juga: Kelebihan Perusahaan Perorangan yang Perlu Kamu Tahu

Sedangkan produk makanan dan minuman biasanya dikemas dalam packaging tertenu agar lebih awet dan mudah didistribusikan, seperti teh, kopi, snack dan lain sebagainya. Misalnya Wings Food yang memproduksi minuman ringan Floridina rasa jeruk.

Permintaan Konsumen Yang Tinggi

Hal lain yang menjadi ciri khas perusahaan FMCG ini adalah permintaannya yang tinggi. Alasannya, dikarenakan perusahaan FMCG ini memproduksi barang untuk kebutuhan sehari-hari, biasanya permintaan konsumennya juga tinggi.

Selain itu, biasanya produk-produk tersebut juga mudah habis dan memiliki waktu penyimpanan yang terbatas. Dengan begitu, daya konsumsi juga akan lebih cepat sehingga menimbulkan permintaan yang lebih tinggi pula.

Walaupun ada produknya tidak tahan lama, tetapi karena selalu dibutuhkan maka permintaanya cenderung tinggi.

Harga Barang Yang Terjangkau

Harga barang yang terjangkau juga dapat mejadi ciri dari perusahaan FMCG. Mengapa demikian? Barang-barang FMCG ini biasanya selalu dikonsumsi dan dicari oleh para konsumen.

Itu sebabnya harga barang yang terjangkau menjadi salah satu strategi paling tepat jika ingin terus dipilih oleh para konsumen. Meskipun konsumen membutuhkan barang tersebut setiap harinya, jika ada harga di pasaran yang lebih murah mereka pun akan beralih kepada brand FMCG tersebut.

Itu sebabnya mempertahankan harga barang supaya tetap terjangkau menjadi hal penting untuk perusahaan FMCG.

Dijual Dalam Jumlah Besar

Barang-barang dalam perusahaan FMCG juga biasanya dijual dalam jumlah besar. Tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan permintaan yang besar pula. Alasan ini tidak lepas dari fungsi barang FMCG yang memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mudah habis.

Pastinya agar bisa memenuhi pasokan permintaan konsumen perusahaan harus memproduksi barangnya dengan jumlah yang banyak. Sebagai contoh, jika kamu pergi ke supermarket pasti terdapat banyak sekali berbagai pilihan sabun mandi dengan merek yang sama pada rak-rak yang ada. Jika tidak dijual dalam jumlah besar, maka bisa terjadi kelangkaan dan membuat konsumen kesulitan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjelaskan perusahaan FMCG untuk memperkaya pengetahuan bisnismu. Jika baru saja ingin memulai bisnis, KoinWorks adalah solusi tepat untuk masalah finansialmu. Kamu bisa menggunakan KoinBisnis dan melakukan pinjaman modal usaha secara online. Bahkan, limitnya hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan yang rendah, yaitu sekitar 0.75% – 1.67% per bulan.

Untuk mencobanya, cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu dan daftarkan bisnismu. Kamu akan terintegrasi secara otomatis tanpa harus sulit-sulit mendaftarkan ke bank. Keamanannya juda sudah terjamin, karena KoinWorks telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai bisnis bersama!

Baca juga: