HomeMemulai BisnisApa itu Perusahaan FMCG? Ini Pengertian dan Ciri-ciri Lengkapnya

Apa itu Perusahaan FMCG? Ini Pengertian dan Ciri-ciri Lengkapnya

Perusahaan FMCG – Sebagai pelaku bisnis memperkaya ilmu mengenai pengetahuan dalam bisnis perlu untuk terus dilakukan. Tujuannya agar dapat belajar lebih banyak dan menemukan inspirasi untuk kemudian diadaptasikan kepada bisnis yang sedang dijalankan. Salah satu hal penting yang perlu untuk dipahami adalah tipe-tipe bisnis dari perusahaan besar dan sudah mempunyai nama. Lantas, seperti apakah perusahaan FMCG itu? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Pengertian FMCG

Fast-moving consumer goods (FMCG), juga dikenal sebagai barang kemasan konsumen (CPG), adalah produk yang dijual dengan cepat dan dengan biaya yang relatif rendah. Contohnya termasuk barang-barang rumah tangga yang tidak tahan lama seperti makanan kemasan, minuman, perlengkapan mandi, permen, kosmetik, obat bebas, barang kering, dan bahan habis pakai lainnya.

Sebagai contoh, perusahaan FMCG atau fast moving consumer goods yang namanya sudah familiar di telinga banyak orang. Sebut saja Unilever, Indofood, Nestle dan Johnson & Johnson, pasti semua orang sudah pernah mendengarnya.

Seperti Apa Perusahaan FMCG Itu?

Berikut adalah ciri-ciri perusahaan FMCG:

Memproduksi Barang Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Perusahaan FMCG biasanya memproduksi kebutuhan sehari-hari. Produknya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu perawatan pribadi, perlengkapan rumah tangga, juga makanan dan minuman. Produk perawatan pribadi biasanya meliputi perlatan mandi, seperti sabun, shampo, pasta gigi dan lain sebagaianya.

Contoh perusahaan FMCG yang mengeluarkan produk tersebut adalah Unilever dengan Love Beauty and Planet atau Dove. Sementara perlengkapan rumah tangga meliputi deterjen, pembersih kamar mandi, sabun cuci piring, hingga obat nyamuk. Molto merupakan salah satu contoh perusahaan FMCG yang kerap mengeluarkan produk cuci untuk pakaian.

Baca Juga: Kelebihan Perusahaan Perorangan yang Perlu Kamu Tahu

Sedangkan produk makanan dan minuman biasanya dikemas dalam packaging tertenu agar lebih awet dan mudah didistribusikan, seperti teh, kopi, snack dan lain sebagainya. Misalnya Wings Food yang memproduksi minuman ringan Floridina rasa jeruk.

Permintaan Konsumen Yang Tinggi

Hal lain yang menjadi ciri khas perusahaan FMCG ini adalah permintaannya yang tinggi. Alasannya, dikarenakan perusahaan FMCG ini memproduksi barang untuk kebutuhan sehari-hari, biasanya permintaan konsumennya juga tinggi.

Selain itu, biasanya produk-produk tersebut juga mudah habis dan memiliki waktu penyimpanan yang terbatas. Dengan begitu, daya konsumsi juga akan lebih cepat sehingga menimbulkan permintaan yang lebih tinggi pula.

Walaupun ada produknya tidak tahan lama, tetapi karena selalu dibutuhkan maka permintaanya cenderung tinggi.

Harga Barang Yang Terjangkau

Harga barang yang terjangkau juga dapat mejadi ciri dari perusahaan FMCG. Mengapa demikian? Barang-barang FMCG ini biasanya selalu dikonsumsi dan dicari oleh para konsumen.

Itu sebabnya harga barang yang terjangkau menjadi salah satu strategi paling tepat jika ingin terus dipilih oleh para konsumen. Meskipun konsumen membutuhkan barang tersebut setiap harinya, jika ada harga di pasaran yang lebih murah mereka pun akan beralih kepada brand FMCG tersebut.

Itu sebabnya mempertahankan harga barang supaya tetap terjangkau menjadi hal penting untuk perusahaan FMCG.

Dijual Dalam Jumlah Besar

Barang-barang dalam perusahaan FMCG juga biasanya dijual dalam jumlah besar. Tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan permintaan yang besar pula. Alasan ini tidak lepas dari fungsi barang FMCG yang memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mudah habis.

Pastinya agar bisa memenuhi pasokan permintaan konsumen perusahaan harus memproduksi barangnya dengan jumlah yang banyak. Sebagai contoh, jika kamu pergi ke supermarket pasti terdapat banyak sekali berbagai pilihan sabun mandi dengan merek yang sama pada rak-rak yang ada. Jika tidak dijual dalam jumlah besar, maka bisa terjadi kelangkaan dan membuat konsumen kesulitan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjelaskan perusahaan FMCG untuk memperkaya pengetahuan bisnismu. Jika baru saja ingin memulai bisnis, KoinWorks adalah solusi tepat untuk masalah finansialmu. Kamu bisa menggunakan KoinBisnis dan melakukan pinjaman modal usaha secara online. Bahkan, limitnya hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan yang rendah, yaitu sekitar 0.75% – 1.67% per bulan.

Untuk mencobanya, cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu dan daftarkan bisnismu. Kamu akan terintegrasi secara otomatis tanpa harus sulit-sulit mendaftarkan ke bank. Keamanannya juda sudah terjamin, karena KoinWorks telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai bisnis bersama!

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...

Strategi, Proses, dan Contoh Pengembangan Produk Baru

Ada banyak strategi bisnis yang dapat kamu lakukan dalam memaksimalkan keuntungan, salah satunya adalah melakukan pengembangan produk baru. Produk baru ini dapat kamu ibaratkan...

Contoh Deskripsi Toko Online, Auto Menyihir Pelangganmu!

Membuat deskripsi toko online memang terdengar mudah. Namun, deskripsi tersebut tidak bisa berisi informasi asal-asalan, sebab berkaitan dengan kepercayaan pelanggan. Jika deskripsi yang kamu buat...

Mengenal Flywheel Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Flywheel marketing adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis, khususnya dalam hal pemasaran. Hal ini karena jenis marketing yang satu ini...