Agar Dagangan Laris, Inilah yang Harus Dilakukan Penjual – Bukan hal yang mudah untuk membujuk calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Alasannya, konsumen sekarang lebih selektif dan memiliki banyak pilihan. Mereka akan menimbang-nimbang sebelum melakukan pembelian.

Maka dari itu, Anda harus pandai mengambil hati calon konsumen. Anda harus bisa mempengaruhi mereka agar lebih tertarik menggunakan produk yang Anda jual.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

Nah, berikut hal-hal yang bisa coba Anda lakukan sebagai penjual untuk membuat dagangan Anda bisa laris manis.


Agar Dagangan Laris, Lakukanlah 6 Hal Ini

1Kenali Perilaku Setiap Konsumen

bisnis sukses merebut hati konsumen
gambar: ipleaders.in

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda. Ada konsumen yang suka bertanya-tanya, ada juga yang tidak banyak basa-basi ketika berbelanja.

Anda harus belajar mengenali perilaku konsumen yang datang, sehingga Anda bisa menyesuaikan diri dengan setiap tipe konsumen yang ada. Dengan begitu, pelayanan Anda bisa menjadi lebih efektif.

Misalnya, Anda mesti lebih sabar mendengarkan konsumen yang cerewet, tapi Anda mesti lebih agresif menghadapi konsumen yang pendiam. Kenali mereka dengan baik agar Anda tahu cara yang tepat untuk mendekati dan membuat mereka membeli produk Anda.

Baca Juga: Ciri-Ciri Calon Konsumen Potensial yang Harus Anda Perhatikan

2Jelaskan Produk Anda Secara Detail

Konsumen pasti akan mencari tahu apa saja kegunaan dan keunggulan produk yang akan dibelinya. Mereka biasanya akan mendatangi beberapa toko untuk memilih yang terbaik.

Itulah sebabnya, penting sekali untuk memberikan informasi yang detail kepada calon konsumen. Anda jangan malas menjelaskan, tetapi harus memastikan mereka mengetahui secara jelas mengapa produk Anda cocok untuk mereka.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai

3Berikan Sampel kepada Calon Konsumen

Agar dagangan laris, berikan sampel produk kepada calon konsumen yang datang ke toko Anda atau yang hanya sekadar lewat. Biarkan mereka mencobanya sebelum membeli.

Cara ini dapat membuat mereka berubah pikiran, dari yang tadinya tidak tertarik menjadi ingin membeli. Karena setelah mencobanya, mereka jadi tahu kualitas produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 6 Manfaat yang Diperoleh Jika UKM Melek Digital

4Bangun Hubungan dengan Konsumen di Media Sosial

tips untuk memuaskan pelanggan bisnis anda

Walaupun Anda menjalankan bisnis offline, Anda perlu membangun hubungan online dengan konsumen. Setidaknya, miliki akun media sosial untuk meng-update aktivitas usaha Anda dan berinteraksi dengan mereka.

Melalui media sosial, konsumen lama bisa terus tahu kabar bisnis Anda dan konsumen baru pun bisa Anda jangkau. Upaya promosi bisa semakin luas dan cepat, karena media sosial tidak terbatas oleh jarak dan waktu.

Baca Juga: Langkah-Langkah yang Tepat Mengatasi Keluhan Konsumen

5Atasi Ulasan Buruk yang Ada di Internet

bisnis anda dapat ulasan negatif di internet, ini tips mengatasinya

Jika ada konsumen yang menyampaikan keluhan di dunia maya, Anda harus segera mengatasinya. Jangan biarkan konsumen kecewa, karena pengalaman buruk konsumen tersebut dapat mempengaruhi calon konsumen lainnya.

Maka dari itu, Anda harus langsung merespons komplain konsumen dan berikan solusi yang terbaik. Sehingga ulasan positif yang akan lebih banyak Anda terima daripada ulasan yang buruk.

Baca Juga: 7 Tips Agar Konsumen Baru Mau Menjadi Pelanggan Setia

6Jaga Kualitas Produk dan Pelayanan

kualitas - kualitas terbaik - fokus membangun kualitas

Persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Jumlah pesaing Anda akan bertambah banyak, sehingga Anda mesti lebih waspada dan serius dalam berbisnis.

Oleh sebab itu, jaga selalu kualitas produk dan pelayanan. Jika bisa, tingkatkan kualitasnya agar bisnis Anda bisa terus lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis


Nah, itulah tips agar dagangan laris. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dalam menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan setiap hari.

Salam sukses!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.