Ide-Ide Bisnis Makanan untuk Anda yang Mau Berbisnis Kuliner – Bagi Anda yang doyan makan dan suka masak-memasak, Anda sangat cocok untuk berbisnis makanan.

Tidak perlu mencoba usaha di bidang lain, karena usaha di bidang kuliner sudah pas untuk Anda jalankan. Tinggal sekarang Anda mencari ide usaha yang tepat untuk dikembangkan.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Ini Cocok untuk Anda Si Pecinta Kuliner

Dalam berbisnis makanan, Anda bisa menjual segala sesuatu yang bisa dimakan, entah itu penganan, kue, roti, atau lauk-pauk. Pilih yang Anda suka dan bisa lakukan, serta memiliki peluang yang menguntungkan.

Lalu, Anda bisa menjual produk makanan Anda secara online. Atau, bisa juga dengan membuka katering rumahan, kafe, restoran, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Makanan

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis kuliner, berikut ada beberapa ide usaha makanan yang bisa menjadi inspirasi Anda.


5 Ide Bisnis Makanan yang Cocok Dikembangkan

1Makanan Tradisional

Indonesia memiliki beragam makanan khas Nusantara dari berbagai daerah. Lidah orang-orang Indonesia pasti sudah sangat familiar, sehingga berbisnis makanan tradisional itu memiliki potensi yang bagus.

Anda bisa membuka restoran masakan Manado, rumah makan nasi Padang, warteg yang menyajikan makanan sehari-hari orang Indonesia, dan lain-lain. Anda banyak lauk-pauk khas Indonesia yang bisa dijual.

Atau, jika Anda lebih suka membuat kue, Anda bisa menjual kue-kue tradisional. Seperti klepon, onde-onde, serabi, bika Ambon, lemper, dan lain-lain. Pilih jenis kue tradisional yang banyak peminatnya di kota Anda.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

2Makanan Luar Negeri

Jika setiap hari hanya makan makanan khas Indonesia, orang-orang bisa merasa bosan. Mereka juga mau menyantap makanan luar negeri yang lezat.

Makanya, banyak restoran masakan Jepang, China, Korea, Thailand, Amerika Serikat, Italia, dan negara-negara lainnya di Indonesia. Beberapa makanan asing yang sudah sering kita temui, yaitu pizza, pasta, hamburger, sushi, mie ramen, dan lain-lain.

Walaupun memang pecinta makanan luar negeri tidak sebanyak makanan dalam negeri, tapi berbisnis makanan asing juga menjanjikan. Asalkan, Anda pandai memperkenalkannya kepada masyarakat, sehingga mereka mau mencobanya.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha untuk Ibu Hamil yang Boleh Dicoba

3Makanan Unik

gambar: tribunnews.com

Ide bisnis makanan unik sangat menjanjikan. Semakin terlihat aneh, orang malah penasaran untuk mencobanya. Bahkan mereka rela antri, walaupun sebenarnya tidak ada yang spesial dengan rasanya.

Contohnya, bakso raksasa di mana di dalamnya terdapat bakso-bakso kecil. Padahal, bakso adalah makanan biasa, tapi jika disajikan dengan cara yang tidak biasa, maka dapat menarik perhatian.

Apapun makanannya, cobalah buat menjadi aneh. Kue yang dibentuk menyerupai binatang yang lucu, makanan disajikan dalam wadah yang unik, atau buat makanan baru yang belum pernah dibuat oleh orang lain.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Didapatkan Saat Berjualan Online

4Makanan Sehat

Masyarakat di kota-kota besar sudah banyak yang menjalani gaya hidup sehat. Salah satu yang dilakukan mereka ialah mengonsumsi makanan-makanan sehat demi menjaga kesehatan.

Dalam menu makanan sehat biasanya terdapat nasi merah, buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum, kacang almond, dan lain-lain. Makanan yang dipilih biasanya bersifat organik, higienis, dan harus mengandung gizi yang seimbang.

Jadi, bagi Anda yang ingin menjual makanan sehat, Anda bisa menyasar konsumen yang suka olahraga, fitnes, yoga, dan tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Mereka pasti akan tertarik, walaupun harganya cenderung lebih mahal.

Baca Juga: 4 Usaha di Musim Hujan yang Bakal Kebanjiran Rezeki

5Makanan Pedas

gambar: youtube/Ria SW

Bagi banyak orang, makan tanpa sambal itu tidak terasa greget. Banyak yang suka makanan pedas, walaupun akan membuat mereka keringatan dan lidah terbakar.

Maka dari itu, banyak pebisnis kuliner yang sengaja menjual makanan pedas untuk mengincar para pecinta pedas. Seperti seblak, mie pedas, dan ayam geprek pedas.

Anda bisa membuat level pedas pada makanan Anda. Lalu, biarkan konsumen menentukan sendiri mau berapa banyak jumlah cabe yang diinginkan atau tingkat kepedasan makanannya.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis yang Menarik untuk Pasangan Suami-Istri


Nah, itulah ide-ide bisnis makanan yang bisa dicoba dan menjanjikan. Silakan Anda mengembangkan salah satu ide tersebut untuk usaha kuliner Anda.

Selamat berbisnis!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.